Selasa, 23 Januari 2018

TUGAS I RESUME PEMBELAJARAN INTERAKSI BERBASIS SOSIAL MEDIA

TUGAS I
RESUME

PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOSIAL MEDIA



DISUSUN OLEH:

NAMA                          : FIRMANSYAH      
NIM                              : 105060101016
NO. URUT ABSEN   : 10




PROGRAM PASCA SARJANA
MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2017



                                     KATA PENGANTAR

Assalamu Alaikum Warahmatullah Wabarakatuh. Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karna berkat limpahan rahmat dan karunia –Nya sehingga kami dapat menyelesaikan resume  ini sesuai dengan batas waktu yang ditentukan
Taklupa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami, dalam menyelesaikan tugas ini terutama kepada Bapak selaku dosen pembina dan pembimbing yang memberikan bimbingan dan arahan demi pencapaian yang hasil maksimal.
Kami menyadari, dalam penulisan ini belum sepenuhnya sempurna . maka dari itu dengan segala kerendahan hati , kami mengucapkan pada para pembaca untuk memberikan kritik maupun saran yang bersifat konstruktif demi perbaikan selanjutnya.
Akhir kata, kami mengharapkan semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca.
“Wassalamu Alaikum Wr. Wb.”

                                                                                                               Penyusun,

                                                                                                                                                                                                                Firmansyah


PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOSIAL MEDIA
Belajar dapat dilakukan dari berbagai cara baik disekoah maupun diluar sekolah. salah satunya adalah pembelajaran interaktif berbasis sosial media aplikasi (Tweet) yang  merupakan media yang berguna untuk pendidikan murid di dalam sekolah. Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Sedangkan Media sosial adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
Para murid diberikan hp untuk digunakan untuk berkomunikasi baik sesama gurunya maupun sesama muridnya di dalam sekolah. hal ini diterapkan oleh salah satu guru yang ada di Amerika. Dalam kelas sang guru ini menggunakan aplikasi tweet dengan kicauan orang disitus tweet untuk memperkaya diskusi–diskusi mereka. diskusi ini dimemfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan  obrolan dan diskusi seperti google talk, yahoo mail, skype, phorum, tweet dll.
Akan tetapi sistem pembelajaran seperti ini sangat dikhawatirkan oleh orang tua jangan sampai ada dampak bagi masa depan. Adapun kelebihan pembelajaran berbasis media sosial adalah:
      Media Sosial mendorong siswa untuk berinteraksi antara satu dengan yang lainnya.
      Media sosial  membantu dalam membangun hubungan yang real
      Hubungan yang di buat di media Sosial dapat ditingkatkan pada tingkatan komunitas juga.
      Media sosial dan Internet melatih otak kita untuk memperoleh informasi dengan cara cepat
      Media sosial meningkatkan komunikasi antara guru dan siswa.
      Media Sosial membantu mempersiapkan siswa untuk kerja yang sukses
Sedangkan kekurangan pembelajaran berbasis media sosial sbb:
      Media Sosial merampas dan merebut perhatian kita sehingga menjadi tidak fokus pada apa yang penting
      Media sosial dapat menjatuhkan berfikir tingkat tinggi dan pengembangan Intelektual (Laderer, 2012)
      Beberapa peneliti mengaitkan antara pengguna internet/ media sosial yang aktif dengan perilaku impulsive, kurang sabar, kurang kemampuan dan kemampuan berfikir kritis yang lemah (Connelly, 2011)
      Penggunaan Internet/media sosial yang berkepanjangan akan menyebabkan perubahan yang permanen dari struktur dan fungsi otak dan merusak keterampilan berfikir mereka (Connelly, 2011)
      Penggunaan Internet/media sosial dapat mengurangi kemampuan konsentrasi seseorang.

Kelas pembelajaran interaktif  seperti ini bekerjasama dengan program stasiun TV di san Franssisco. Metode guru ini sudah digunakan lebih 120 guru lain di Amerika 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar