TUGAS I
RESUME
PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOSIAL MEDIA
DISUSUN OLEH:
NAMA :
FIRMANSYAH
NIM :
105060101016
NO. URUT ABSEN :
10
PROGRAM PASCA
SARJANA
MAGISTER
PENDIDIKAN DASAR
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2017
KATA PENGANTAR
Assalamu
Alaikum Warahmatullah Wabarakatuh. Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah
SWT karna berkat limpahan rahmat dan karunia –Nya sehingga kami dapat
menyelesaikan resume ini sesuai dengan
batas waktu yang ditentukan
Taklupa
kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
kami, dalam menyelesaikan tugas ini terutama kepada Bapak selaku dosen pembina
dan pembimbing yang memberikan bimbingan dan arahan demi pencapaian yang hasil
maksimal.
Kami
menyadari, dalam penulisan ini belum sepenuhnya sempurna . maka dari itu dengan
segala kerendahan hati , kami mengucapkan pada para pembaca untuk memberikan
kritik maupun saran yang bersifat konstruktif demi perbaikan selanjutnya.
Akhir
kata, kami mengharapkan semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca.
“Wassalamu
Alaikum Wr. Wb.”
Penyusun,
Firmansyah
PEMBELAJARAN
INTERAKTIF BERBASIS SOSIAL MEDIA
Belajar dapat dilakukan dari berbagai
cara baik disekoah maupun diluar sekolah. salah satunya adalah pembelajaran
interaktif berbasis sosial media aplikasi (Tweet) yang merupakan media yang berguna untuk pendidikan
murid di dalam sekolah. Sosial media
adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara
online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang
dan waktu. Sedangkan Media sosial adalah sebuah media daring, dengan
para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi
meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan
dunia virtual.
Para murid diberikan hp untuk digunakan untuk
berkomunikasi baik sesama gurunya maupun sesama muridnya di dalam sekolah. hal
ini diterapkan oleh salah satu guru yang ada di Amerika. Dalam kelas sang guru
ini menggunakan aplikasi tweet dengan kicauan orang disitus tweet untuk
memperkaya diskusi–diskusi mereka. diskusi ini dimemfasilitasi sekelompok orang
untuk melakukan obrolan dan diskusi
seperti google talk, yahoo mail, skype, phorum, tweet dll.
Akan tetapi sistem pembelajaran seperti
ini sangat dikhawatirkan oleh orang tua jangan sampai ada dampak bagi masa
depan. Adapun kelebihan pembelajaran berbasis media sosial adalah:
• Media
Sosial mendorong siswa untuk berinteraksi antara satu dengan yang lainnya.
• Media
sosial membantu dalam membangun hubungan
yang real
• Hubungan
yang di buat di media Sosial dapat ditingkatkan pada tingkatan komunitas juga.
• Media
sosial dan Internet melatih otak kita untuk memperoleh informasi dengan cara
cepat
• Media
sosial meningkatkan komunikasi antara guru dan siswa.
• Media
Sosial membantu mempersiapkan siswa untuk kerja yang sukses
Sedangkan kekurangan pembelajaran
berbasis media sosial sbb:
• Media Sosial merampas dan merebut perhatian kita
sehingga menjadi tidak fokus pada apa yang penting
• Media sosial dapat menjatuhkan berfikir tingkat
tinggi dan pengembangan Intelektual (Laderer, 2012)
• Beberapa peneliti mengaitkan antara pengguna
internet/ media sosial yang aktif dengan perilaku impulsive, kurang sabar,
kurang kemampuan dan kemampuan berfikir kritis yang lemah (Connelly, 2011)
• Penggunaan Internet/media sosial yang berkepanjangan
akan menyebabkan perubahan yang permanen dari struktur dan fungsi otak dan
merusak keterampilan berfikir mereka (Connelly, 2011)
• Penggunaan Internet/media sosial dapat mengurangi
kemampuan konsentrasi seseorang.
Kelas pembelajaran interaktif seperti ini bekerjasama dengan program
stasiun TV di san Franssisco. Metode guru ini sudah digunakan lebih 120 guru
lain di Amerika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar