BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama
mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi
peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal,
pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. (Undang-undang Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005 Pasal 1 ayat 1). Peranan guru sangat penting dalam dunia pendidikan karena selain
berperan mentransfer ilmu pengetahuan ke peserta didik, guru juga
dituntut memberikan pendidikan karakter dan menjadi contoh karakter yang baik
bagi anak didiknya.
Saya dibesarkan dari keluarga guru. Ibu saya seorang guru, sehingga
pembetukan karakter yang dimiliki sudah mengarah pada jati diri seorang guru.
Ketika masih kecil saya selalu dibawa ke sekolah. Sampai beranjak umur 12 tahun
saya dan Ibu selalu bersama pergi ke
sekolah. pada waktu itu saya di masukkan di sekolah tempat mengajar Ibu. Ketika melihat orang mengajar saya pun beranggapan
“kapan yah bisa seperti beliau”. Yang bisa mendidik dan membimbing anak
muridnya dengan hati yang iklas dan kesabaran menjadi manusia yang memiliki
akhlak, karakter, dan budaya yang baik. Guru merupakan pekerjaan yang mulia.
Panggilan hati yang terdalam. Bukan karena sesuatu hal /paksaan yang membuat
seseorang masuk menjadi guru. Akan tetapi panggilan jiwa yang ada dalam hati
seseorang.
Menjadi guru itu
tentunya haruslah menguasai kompetensi-kompetensi untuk menjadi guru yang
profesional. Berdasarkan Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Pasal 10 yaitu Kompetensi paedagogik merupakan “kemampuan mengelola pembelajaran peserta
didik”. Kompetensi ini dapat dilihat dari kemampuan merencanakan program
belajar mengajar, kemampuan melaksanakan interaksi atau mengelola proses
belajar mengajar, dan kemampuan melakukan penilaian.
Kemampuan
Pribadi. Guru sebagai tenaga pendidik yang tugas utamanya mengajar, memiliki
karakteristik kepribadian yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan
pengembangan sumber daya manusia. Kemampuan Sosial. Guru yang efektif
adalah guru yang mampu membawa siswanya dengan berhasil mencapai tujuan
pengajaran. Mengajar di depan kelas merupakan perwujudan interaksi dalam proses
komunikasi. Kompetensi profesional meliputi kepakaran
atau keahlian dalam bidangnya yaitu penguasaan bahan yang harus diajarkannya
beserta metodenya, rasa tanggung jawab akan tugasnya dan rasa kebersamaan
dengan sejawat guru lainnya.
B. Motivasi
Saya Mengikuti Pemilhan Guru berprestasi
Berawal ketika melihat teman ada yang bisa sampai ketingkat provinsi maka
didalam hati kecil saya pun ingin bisa seperti beliau. Ketika ada kesempatan
yang diberikan oleh Bapak Pengawas kepada saya pada tahun 2015, motivasi di
dalam diri muncul. Mengikuti tes seleksi mulai ke kecamatan dan sampai ke
kabupaten pun terhenti. Tidak berhenti sampai disitu saya pun giat mencari
kesempatan lomba di internet dan saya mendapat beberapa lomba seperti lomba
inobel, LKG, dan hasil karya tulis ilmiah. Saya pun mencoba mengikuti lomba
karya tulis ilmiah dan alhamdulillah saya terpanggil ke istora senayan jakarta.
Setahun kemudian motivasi itu muncul lagi karna didalam diri ini merasakan
ada panggilan hati untuk mau berusaha menjadi lebih baik. Apalagi ditahun
kemarin banyaknya kegiatan-kegiatan sehingga berkas/dokumen terkumpul menjadi
satu bagian berbentuk portopolio.
Atas
dorongan, do’a, semangat dan dukungan Bapak Pengawas, rekan-rekan guru, inilah yang mendasari saya untuk mengikuti
pemilihan guru berprestasi tingkat Kabupaten. Pengumpulan portofolio sebagai
syarat dalam pemilihan guru berprestasi mulai saya susun,
B.
Visi dan Misi
Menjadi guru merupakan
seni dan kepuasan batin tersendiri apabila para siswa memahami apa yang
disampaikan oleh guru dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupannya. Sebagai
guru saya memiliki prinsip bahwa segala ide, kreatifitas, dan cipta karya harus memiliki nilai manfaat, baik untuk diri
sendiri, siswa, teman sejwat, sekolah maupun negara, walaupun sangat kecil.
Dengan bekal kemanfaatan yang kecil dan
jumlah banyak, semoga menjadi manfaat yang besar. Adapun visi saya sebagai guru
adalah “Santun dalam Berbudaya, Unggul dalam Prestasi dan
Imtaq”.
Visi adalah suatu impian
yang merupakan cita-cita yang akan dicapai. Untuk mewujudkan suatu cita-cita
maka harus melakukan ide-ide kecil yang terimplementasi, evaluasi, tindak
lanjut dan pengembangan dalam bentuk indicator-indikator pencapaian.
Misi saya
untuk mencapai visi itu adalah
- Menciptakan budaya tertib, disiplin, santun dalam ucapan sopan dalam perilaku terhadap sesama berlandaskan iman dan taqwa.
- Membina
siswa memiliki kemampuan akademik, kreatif, berpikir kritis, pemberani,
tanggung jawab, dan mandiri
- Melaksanakan
pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
- Membimbing
siswa memiliki dasar-dasar akhlak mulia dan budi pekerti luhur
- Menumbuh kembangkan semangat berprestasi pada seluruh warna sekolah
- BAB I I
PRESTASIKU
Prestasi adalah segalan bagi saya.
Setiap menerima tugas, mengerjakan tugas dan melaporkan kegiatan harus memiliki
prestasi yang unik, cepat dan tepat. Bekerja yang nikmat adalah pekerjaan yang dicintai sehingga dengan
pekerjaan tersebut maka akan tumbuh kembang kepribadian dan kemandirian. Prestasi
kerja merupakan idaman bagi setiap orang dengan meniti karier tahap demi tahap
tentunya untuk mencapai prestasi kerja yang diimpikan. Bagaimana seorang guru
memiliki prestasi kerja yang baik, apabila mengimplementasikan 4 kompetensi
guru dalam kehidupan bekerja dan bermasyarakat.
Kondisi ideal menjadi guru
berdasarkan Permendiknas No. 16 tahun 2007 sbb
1.
Kompetensi Padegogik
a.
Menguasai karakteristik peserta didik dari
aspek fisik, moral, sosial,cultural, emosional, dan intelektual
b.
Menguasai teori belajar dan prinsip
pembelajaran yang mendidik
c.
Mengembangkan kurikulum yang terkait mata
pelajaran yang diampu.
d.
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
e.
Memanfaatkan TIK untuk kepentingan pembelajaran
f.
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta
didik
g.
Berkomunikasi efektif, empatik, dan santun ke
peserta didik
h.
Menyelenggarakan penilaian evaluasi proses dan
hasil belajar
2.
Kompentensi Kepribadian
a.
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum,
social dan budaya bangsa
b.
Penampilan yang jujur, berakhlak mulia, teladan
bagi peserta didik dan masyarakat
c.
Menampilkan dirisebagai pribadi yang mantap,
stabil, dewasa, arif dan berwibawa
d. Menunjukkan
etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa
percaya diri
e.
Menjunjjung tinggi kode etik profesi guru
1.
Kompentensi Sosial
a.
Bersikap inkulif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif karena
pertimbangan jenis kelamin, agama, ras,kondisi fisik, latar belakang keluarga,
dan status sosial keluarga
b.
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan
santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat
c.
Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh
wilayah RI yang memiliki keragaman social budaya
d. Berkomunikasi
dengan lisan maupun tulisan
2.
Kompentensi Profesional
a. Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pelajaran yang
dimampu
b. Mengusai standar kompentensi dan
kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang dimampu
c. Mengembangkan
materi pembelajaran yang dimampu secara kreatif
d. Mengembangkan
keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
e. Memanfaatkan
TIK untuk berkomunikasi dan mengembangakan diri.
Kondisi saat ini selama menjadi guru 9 tahun sebagai berikut :
1.
Pendidikan dan Pelatihan
Pendidikan
dan pelatihan yang telah di ikuti sebagai peningkatan profesionliseme guru
dalam pengembangan pelajaran, pemanfaatn TIK serta pengembangan diri adalah
sebagai berikut :
|
NO.
|
NAMA / JENIS DIKLAT
|
TEMPAT
|
WAKTU PELAKSANAAN
(...... jam)
|
PENYELENGGARA
|
|
a.
|
Pelatihan IDL
|
Makassar
|
27-28 April 2016
|
Telkom
|
|
b.
|
Workshop National
“Computational Thinking For Educator”
|
Makassar
|
. 30 Januari – 7
Februari 2016 (32 Jam)
|
Ikatan Guru Indonesia
(IGI)
|
|
c.
|
Pelatihan dan
Peningkatan Mutu Melalui MKKG (Musyawarah Kelompok Kerja Guru )
|
SDN. 120 Berru
|
Semester I T.A 2015-2016/
100 jam
|
KKG Gugus 24 Wil. V
Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
|
|
d.
|
Pelatihan dan
Peningkatan Mutu Melalui MKKG (Musyawarah Kelompok Kerja Guru )
|
SDN. 120 Berru
|
Semester II T.A.
2014-2015/ 100 jam
|
KKG Gugus 24 Wil. V
Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
|
|
e.
|
Pelatihan
Pengembangan KTSP dan Silabus
|
SDN. 120 Berru
|
13 s/d 15 April 2015
/ 3 hari
|
Tim Pengembang Kurikulum(TPK)
Pengawas
Ketua Komite
Kepala Sekolah SDN.120 Berru
|
|
f.
|
Pelatihan dan
Peningkatan Mutu Melalui MKKG (Musyawarah Kelompok Kerja Guru )
|
SDN. 120 Berru
|
Semester I T.A.
2014-2015/ 100 jam
|
KKG Gugus 24 Wil. V
Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
|
|
g.
|
Desiminasi Pelatihan
Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) jenjang SD/MI
|
SDN. 120 Berru
|
22 – 24 Desember
2014/ 32 jam
|
USAID PRIORITAS
|
|
h.
|
Pelatihan Diklat
Kurikulum 2013
|
SMPN. 3 Watan soppeng
|
18-22 Juni 2014 / 52
jam
|
LPMP Prov. Sulsel
|
|
i.
|
Pelatihan
Pengembangan KTSP dan Silabus
|
SDN. 120 Berru
|
13 s/d 15 April 2014/
3 hari
|
Tim Pengembang Kurikulum(TPK)
pengawas
Ketua Komite
Kepsek
|
|
j.
|
Pelatihan dan
Peningkatan Mutu Melalui MKKG (Musyawarah Kelompok Kerja Guru )
|
SDN. 120 Berru
|
Semester II T.A.
2013-2014 / 100 Jam
|
KKG Gugus 24 Wil. V
Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
|
|
k.
|
Pelatihan dan
Peningkatan Mutu Melalui MKKG (Musyawarah Kelompok Kerja Guru )
|
SDN. 120 Berru
|
Semester I T.A.
2013-2014 / 100 Jam
|
KKG Gugus 24 Wil. V
Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
|
|
l.
|
Pelatihan Metode
Pengajaran Cara Cepat Belajar Membaca
|
SDN. 100 Dare
Bunga-Bungae
|
21-24 Oktober 2013/32
Jam
|
Lembaga Pendidikan
Dan Kursus “SMART”
|
|
m.
|
Peningkatan Mutu
Pendidikan KKG
|
SDN. 168 Kessing
|
Semester II T.A
2012-2013/32 Jam
|
KKG Gugus 29 Wil. III
|
|
n.
|
Menyelami Arah
Kebijakan Kurikulum 2013 Serta Pendidik Dalam Pembentukan Karakter Bangsa
|
Ruang Rapat DPRD Kab.
Soppeng
|
7 April 2013
|
Ikatan Mahasiswa
Pelajar Soppeng Koordinator Perguruan Tinggi UNM
|
|
o.
|
Peningkatan Mutu
Pendidikan KKG
|
SDN. 168 Kessing
|
Semester I T.A
2012-2013 / 32 Jam
|
KKG Gugus 29 Wil. III
|
|
p.
|
Peningkatan Mutu
Pendidikan KKG
|
SDN. 168 Kessing
|
Semester II T.A
2011-2012/ 32 Jam
|
KKG Gugus 29 Wil. III
|
|
q.
|
Peningkatan Mutu
Pendidikan KKG
|
SDN. 168 Kessing
|
Semester I T.A
2011-2012/ 32 Jam
|
KKG Gugus 29 Wil. III
|
|
r.
|
Peningkatan Mutu
Pendidikan KKG
|
SDN. 168 Kessing
|
Semester II T.A
2010-2011/ 32 Jam
|
KKG Gugus 29 Wil. III
|
|
s.
|
Pelatihan Peningkatan
Mutu Guru SD se- Wilayah III Gugus 29 Kec. Donri-Donri Kab. Soppeng
|
SDN. 168 Kessing
|
31 Januari-2 Februari
2011 / 30 jam
|
Gugus 29 Kec.
Donri-Donri Kab. Soppeng
|
|
t.
|
Peningkatan Mutu
Pendidikan KKG
|
SDN. 168 Kessing
|
Semester I T.A
2010-2011/ 32 Jam
|
KKG Gugus 29 Wil. III
|
|
u.
|
Penyusunan Komponen
Karya Pengembangan Profesi dalam Portopolio Sertifikasi Guru
|
SMK 4 Makassar
|
29 Maret - 1 April
2009 / 32 jam
|
Forum Komunikasi Kepala Sekolah Dasar/MI
IPGI dan PGRI
|
|
v.
|
Pengaruh Ujian
Nasional Terhadap Peningkatan Kualitas Lulusan
|
SMK 4 Makassar
|
28 Maret 2009
|
Forum Komunikasi Kepala Sekolah Dasar/MI
IPGI dan PGRI
|
|
w.
|
Pemanfaatan
Kompetensi dan Standarisasi Guru Honor
serta Subsidi Fungsional /Sertifikasi
|
Aula Kandepag
Makassar
|
15 Maret 2009
|
DPD IGHI Kota
Makassar
|
|
x.
|
Kursus Pembina
Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan Golongan Penggalang ( KML )
|
Benteng Somba Opu
Kab. Gowa
|
20 – 28 Februari 2009
/ 109 Jampel
|
LEMDIKACAB
|
|
y.
|
Kursus Pembina
Pramuka Mahir Tingkat Dasar ( KMD )
|
Benteng Somba Opu
Kab. Gowa
|
19 – 27 April 2008 /
90 Jampel
|
LEMDIKACAB
|
|
z.
|
Penyusunan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
|
Restaurant Pualam
(Pantai Losari) Makassar
|
7 April 2008 / 8 jam
|
PGRI PROViNSI SUL-SEL
|
|
aa.
|
Pembuatan Media
Pembelajaran
|
Restaurant Pualam
(Pantai Losari) Makassar
|
6 April 2008 / 8 jam
|
PGRI PROViNSI SUL-SEL
|
2.
Keikutsertaan dalam forum ilmiah
|
NO.
|
JENIS KEGIATAN
|
TAHUN
|
PERAN *)
|
TINGKAT
(Inter/Nas/Lokal)
|
|
a.
|
Sebuah Telaah Kritis
Terhadap Asal Muasal Kebudayaan dan Bahasa Pattinjo Di Sulawesi Selatan
|
2007
|
Peserta
|
Nasional
|
|
b.
|
Dialog Pendidikan
antara Guru-Guru SD/SMP dan SMA/SMK se Kecamatan Tallo
|
2008
|
Peserta
|
Lokal
|
|
c.
|
Pemantapan Kompetensi
Guru Honor serta subsisidi
fungsional/sertifikasi
|
2009
|
Peserta
|
Nasional
|
|
d.
|
Pengaruh Ujian
Nasional Terhadap Peningkatan Kualitas Lulusan
|
2009
|
Peserta
|
Nasional
|
|
e.
|
Penyusunan Komponen
Karya Pengembangan Profesi dalam Portopolio Sertifikasi Guru
|
2009
|
Peserta
|
Nasional
|
|
f.
|
Lokomotif Perubahan
Menuju Masayarakat Religius dan Intelektual
|
2012
|
Peserta
|
Nasional
|
|
g.
|
Menyelami Arah
Kebijakan K. 13 Serta Peran Pendidik
dalam Pembentukan Karakter Bangsa
|
2013
|
Peserta
|
Lokal
|
|
h.
|
Seminar Indonesia
Bisa
|
2014
|
Peserta
|
Nasional
|
|
i.
|
Konferensi Pengurus
PGRI
|
2015
|
Peserta
|
Lokal
|
|
j.
|
Optimalisasi Peran
Pemerintah Daerah dalam Bidang Pendidikan, Ekonomi, Sosial dan Budaya
Mewujudkan Generasi Emas 2045
|
2015
|
Peserta
|
Nasional
|
|
k.
|
Simposium Guru Tema “
Guru Mulya Karna Karya”
|
2015
|
Pemakalah
|
Nasional
|
|
l.
|
Best Practise
Simposium Mini
|
2016
|
Pemakalah
|
Nasional
|
|
m.
|
Simposium, Seminar
Pendidikan Nasional , dan Ajang Curhat bersama Anies Baswedan
|
2016
|
Peserta
|
Nasional
|
|
n.
|
Menggangas Model
Pendidikan yang beriorentasi Pengembangan karakter bangsa
|
2012
|
Peserta
|
Nasional
|
3.
Pembimbing siswa
Hasil bimbingan siswa mulai 5
tahun berjalan memperoleh hasil sbb :
|
NO.
|
NAMA KEJUARAAN
|
TINGKAT
|
TEMPAT DAN WAKTU
|
|
a)
|
Lomba olimpiade
Matematika
|
Gugus
|
SDN. 197 Sadae / 2012
|
|
b)
|
Lomba olimpiade IPA
|
Gugus
|
SDN. 197 Sadae / 2012
|
|
c)
|
Lomba Pengucapan Tri
Satya Dasa Dharma dan UUD 1945 Putra
|
Kecamatan
|
Lapangan
Macanre/Agustus 2014
|
|
d)
|
Lomba Pengucapan Tri
Satya Dasa Dharma dan UUD 1945 Putri
|
Kecamatan
|
Lapangan
Macanre/Agustus 2014
|
|
e)
|
Lomba Tali Temali
(Tiang Bendera ) Putra
|
Kecamatan
|
Lapangan Macanre/
Agustus 2014
|
|
f)
|
Lomba formasi Barisan
(LKBB) Putri
|
Kecamatan
|
Lapangan Macanre/
Agustus 2014
|
|
g)
|
Lomba olimpiade
Matematika
|
Gugus
|
SDN. 120 Berru/ Januari
2014
|
|
h)
|
Lomba Menyanyi Lagu
Daerah / solo Putra
|
Kecamatan
|
Lapangan Cabbenge/
Agustus 2014
|
|
i)
|
Lomba Menyanyi Lagu
Daerah /solo Putri
|
Kecamatan
|
Lapangan Cabbenge/
Agustus 2014
|
|
j)
|
Lomba kebersihan
|
Kecamatan
|
SDN. 120
Berru/Agustus 2014
|
|
k)
|
Lomba Gerak Jalan
Putra
|
Kecamatan
|
Macanre/9-17 Agusutus
2014
|
|
l)
|
Lomba Gerak Jalan
Putri
|
Kecamatan
|
Macanre/9-17 Agusutus
2014
|
|
m)
|
Lomba olimpiade
Matematika
|
Gugus
|
SDN. 120 Berru/ 8
Januari 2015
|
|
n)
|
Lomba Lari Athletik
|
Kecamatan
|
Cabbenge/April 2015
|
|
o)
|
Lomba PILDACIL kelas
V
|
Kecamatan
|
SDN. 100 Dare
Bunga-Bungae/18 April 2015
|
|
p)
|
Lomba Menghafal
Surah-surah Pendek putri
|
Kecamatan
|
SDN. 100 Dare
Bunga-Bungae/18 April 2015
|
|
q)
|
Lomba tali temali
(tiang bendera) putra
|
Kecamatan
|
Lapangan Ranjau
Macanre/Agustus 2015
|
|
r)
|
Lomba formasi barisan
putra
|
Kecamatan
|
Lapangan Ranjau
Macanre/Agustus 2015
|
|
s)
|
Lomba yel-yel beregu
pramuka putri
|
Kecamatan
|
Lapangan Ranjau
Macanre/Agustus 2015
|
|
t)
|
Lomba pengucapan UUD
1945, Dasa Dharma, dan Trisatya putra
|
Kecamatan
|
Lapangan Ranjau
Macanre/Agustus 2015
|
|
u)
|
Lomba Olimpiade
Matematika Khusus Kelas V
|
Gugus
|
SDN. 120 Berru gugus
Wil V
|
|
v)
|
Lomba Olimpiade
Matematika Khusus Kelas IV
|
Gugus
|
SDN. 120 Berru gugus
Wil V
|
|
w)
|
Lomba Olimpiade IPA
Khusus Kelas V
|
Gugus
|
SDN. 120 Berru gugus
Wil V
|
|
x)
|
Lomba Olimpiade IPA
Khusus
Kelas IV
|
Gugus
|
SDN. 120 Berru gugus
Wil V
|
3.
Pembimbingan
teman sejawat
4.
|
NO.
|
MATA PELAJARAN/
BIDANG STUDI
|
INSTRUKTUR/GURU INTI/TUTOR /PEMANDU/PAMONG PPL
|
TEMPAT
|
|
1)
|
Bahasa Indonesia
|
Guru Inti
|
Gugus Wil. V Kec.
Lilirilau
|
|
2)
|
Bahasa Indonesia
|
Pemandu Mata Pelajaran
|
Gugus Wil. V Kec.
Lilirilau
|
|
3)
|
Bahasa Indonesia
|
Guru Pamong PPL Mahasiswa UNISMUH Makassar
|
Gugus Wil. V Kec. Lilirilau/SDN. 120 Berru
|
|
4)
|
TIK
|
Instruktur IHT / TIK (Pemanfaatan Tekhnik Informatika
Komputer)
|
SDN. 120 Berru
|
|
5)
|
Tematik Kurikulum 2013
|
Guru Inti Pendamping kurikulum 2013
|
Gugus Wil. V Kec.
Lilirilau
|
|
6)
|
Matematika
|
Guru Pemandu PAKEM
|
Gugus Wil. V Kec. Lilirilau
|
|
7)
|
Tematik K. 13
|
Guru Pemandu PAKEM
|
Gugus Wil. V Kec. Lilirilau
|
5.
Karya pengembangan profesi
Karya pengembangan profesi yang menjadikan karya
monumentasl mengingat program ini telah dan digunakan setiap tahunnya. Adapun
karya tesebut adalah sbb :
|
NO.
|
JUDUL
|
TAHUN
|
SUMBER DANA
|
STATUS (KETUA/ANGGOTA)
|
|
1)
|
Meningkatkan Hasil
Prestasi Belajar SAINS Melalui Metode Inkuiri Pada Kelas IV SDI. Rappo Jawa
Makassar
|
2010
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
2)
|
Meningkatkan hasil
belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD Kelas IV C SD
Pertiwi Makassar
|
2010
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
3)
|
Efektifitas Penilaian
Non Tes Dalam peningkatan Prestasi Belajar Sains Kelas V di SDI. Bert. Rappo
Jawa Makassar
|
2011
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
4)
|
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Penerapan Metode
Quantum Teaching pada Murid Kelas V SDN. 120 Berru Kec. Lilirilau Kab. Soppeng.
|
2014
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
5)
|
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan PAKEM pada Murid Kelas V SDN. 120 Berru
Kec. Lilirilau Kab. Soppeng.
|
2015
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
6)
|
Meningkatkan hasil belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type
STAD Kela s V SDN. 120 Berru Kab.
Soppeng
|
2015
|
Mandiri
|
Ketua
|
6. Sertifikat keahlian/
Ketrampilan
Di samping mengajar matematika, sekolah
memberikan amanat untuk pengembangan diri melalui diklat pengembangan profesi
yang harus di ikuti. Data keahlian yang di ikuti adalah sbb :
|
NO.
|
NAMA SERTIFIKAT/
KEAHLIAN *)
|
WAKTU
|
TINGKAT **)
|
LEMBAGA YANG MENGELUARKAN
|
|
1)
|
KMD (Kursus Mahir Dasar)
|
19 – 27 April 2008 / 90 Jampel
|
Regional
|
LEMDIKACAB
|
|
2)
|
KML (Kursus Mahir Lanjutan)
|
20 – 28 Februari 2009 / 109 Jampel
|
Regional
|
LEMDIKACAB
|
7. Pengalaman menjadi pengurus
organisai di bidang kependidikan dan sosial
Sebagai guru untuk
menambah pergaulan saya ikut organisasi profesi MGMP, RT, RW dan Majlis taklim
Masjid Baitussalam. Data keikutsertaan dalam organisasi adalah sbb :
|
NO.
|
NAMA ORGANISASI
|
TAHUN
|
JABATAN
|
TINGKAT *)
|
|
1)
|
Pengurus
Angg.Organisasi PGRI Desa Kessing Kec. Donri-Donri
|
2010-2013
|
Anggota
|
Kecamatan
|
|
2)
|
KKG Kelas V Gugus 29
Wil. V Kec. Donri-Donri Kab. Soppeng
|
2010-2013
|
Anggota
|
Kecamatan
|
|
3)
|
Pengurus Anggota organisasi PGRI Kel. Ujung Kec. Lilirilau
|
2013- Sekarang
|
Anggota
|
Kecamatan
|
|
4)
|
KORPRI (Korps Pegawai
Republik Indonesia)
|
2010-sekarang
|
Anggota
|
Kecamatan
|
|
5)
|
KKG Kelas V Gugus 24
Wil. V Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
|
2013 - 2015
|
Anggota
|
Kecamatan
|
|
6)
|
KKG Kelas V Gugus 24
Wil. V Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
|
2015 - sekarang
|
Sekretaris
|
Kecamatan
|
|
7)
|
Organisasi Pengurus
Masjid
|
2013-sekarang
|
Seksi humas
|
Kecamatan
|
|
8)
|
Komite Sekolah
|
2010-sekarang
|
Anggota
|
Kecamatan
|
|
9)
|
Futsal Club Lilirilau
|
2015
|
Anggota
|
Kecamatan
|
|
10)
|
Pramuka
|
2008- sekarang
|
Anggota
|
Kecamatan
|
8. Penghargaan dalam bidang
kependidikan
Guru professional yang memiliki kreatifitas tertinggi sebagai visi saya
sehingga saya mendapatkan penghargaan dari sekolah. Data pengharagaan sbb :
|
NO.
|
JENIS PENGHARGAAN
|
PEMBERI PENGHARGAAN
|
TINGKAT *)
|
TAHUN
|
|
1)
|
Lomba Safari Ramadhan
|
PT. Sinar Galesong
Pratama dan Fajar Group
|
Kota
|
2008
|
|
2)
|
Gerak jalan bersama
dengan masyarakat dan guru dalam rangka Ulang Tahun PGRI
|
PGRI Donri-Donri
|
Kecamatan
|
2012
|
|
3)
|
Peserta lomba Mendongeng/Bercerita
Dalam Rangka Ulang Tahun PGRI
|
PGRI Donri-Donri
|
Kecamatan
|
2012
|
|
4)
|
Peserta Seleksi
Pemain Futsal Dalam Rangka Ulang Tahun
PGRI
|
PGRI Donri-Donri
|
Kecamatan
|
2012
|
|
5)
|
Peserta Pemain Bola
Volley Dalam Rangka Ulang Tahun PGRI
|
PGRI Donri-Donri
|
Kecamatan
|
2012
|
|
6)
|
Peserta Membaca Puisi
|
PGRI Donri-Donri
|
Kecamatan
|
2012
|
|
7)
|
Rangkaian Acara
keagamaan bulan suci Ramadhan selama
30 hari sebagai panitia/protokol
|
Ketua Pengurus Masjid
Al-Amin Laburawung
|
Kecamatan
|
2014
|
|
8)
|
Halal bi halal dan
Maghrib Mengaji diselenggaran oleh PKP2A, Pengurus dan Jamaah Masjid Al-Amin
Laburawung
|
Ketua Pengurus Masjid
Al-Amin Laburawung
|
Kecamatan
|
2014
|
|
9)
|
Kegiatan Ujian Akhir
Sekolah sebagai Pengawas
|
Ketua Gugus 24
Wilayah V Kec. Lilirilau
|
Gugus
|
2014
|
|
10)
|
Kegiatan Ujian Akhir
Nasional sebagai Pengawas
|
UPTD Kec. Lilirilau
|
Kecamatan
|
2014
|
|
11)
|
Peserta Lomba Gerak
Jalan
|
Ketua Gugus
|
Kecamatan
|
2014
|
|
12)
|
Peserta Lomba Gerak
Jalan
|
Panitia HUT RI Kec.
Lilirilau
|
Kecamatan
|
2014
|
|
13)
|
Perkemahan Pramuka
dalam Rangka HUT ke-69 Proklamasi kemerdekaan
|
Panpel-K. Pram
Kwartir Lilirilau
|
Kecamatan
|
2014
|
|
14)
|
Guru Pendamping
Kurikulum 2013 Wilayah V Tahun Ajaran 2014-2015
|
Ketua Gugus 24
|
Kecamatan
|
2014
|
|
15)
|
Acara Peringatan
Maulid Nabi Muhammad SAW dan Maghrib Mengaji
|
Ketua Pengurus Masjid
Al-Amin Laburawung
|
Kecamatan
|
2015
|
|
16)
|
Konferensi Ranting
Ujung Kec. Lilirilau
|
PGRI
|
Kelurahan
|
2015
|
|
17)
|
Acara Peringatan Isra
dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW dengan Tema “Mari Kita Wujudkan Kreatifitas Muda
Mudi Islam dan Menanamkan Akhlakul Karimah”
|
Ketua Pengurus Masjid
Nashrul Mu’minin
|
Kecamatan
|
2015
|
|
18)
|
Acara Peringatan Isra
dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Maghrib Mengaji bersama LP2A dan Jamaah
Masjid Al-Amin Laburawung dengan Tema “Shalat Menjadikan Hidup lebih
bermakna”
|
Ketua Pengurus Masjid
Al-Amin Laburawung
|
Kecamatan
|
2015
|
|
19)
|
Guru Berprestasi
Tingkat Kecamatan
|
Camat Lilirilau
|
Kecamatan
|
2015
|
|
20)
|
Guru Berprestasi
Tingkat Kabupaten
|
Bupati Soppeng
|
Kabupaten
|
2015
|
|
21)
|
Rangkaian Kegiatan
Perayaan 17 Agustus 2015
|
Panitia HUT RI Kec.
Lilirilau
|
Kecamatan
|
2015
|
|
22)
|
Perkemahan Pramuka
dalam Rangka HUT ke-70 Proklamasi kemerdekaan
|
Panpel-K. Pram
Kwartir Lilirilau
|
Kecamatan
|
2015
|
|
23)
|
Rangkaian Acara Bulan
Suci Ramadhan dan Idul fithri sebagai Panitia (Protokol/MC)
|
Pengurus Masjid
Al-Amin
|
Kecamatan
|
2015
|
|
24)
|
Rangkaian Acara Idul
Adha sebagai Panitia (Protokol/MC)
|
Pengurus Masjid
Al-Amin
|
Kecamatan
|
2015
|
|
25)
|
Kegiatan Ujian
Sekolah sebagai Pengawas
|
Ketua Gugus 24
Wilayah V Kec. Lilirilau
|
Gugus
|
2015
|
|
26)
|
Kegiatan Ujian
Nasional sebagai Pengawas
|
UPTD Kec. Lilirilau
|
Kecamatan
|
2015
|
|
27)
|
Lomba Gugus Sebagai
Peserta Standar Proses Belajar Mengajar Mewakili Kec. Lilirilau Tingkat
Kabupaten Soppeng
|
Ketua Gugus 24
Wilayah V Kec. Lilirilau
|
Kecamatan
|
2015
|
|
28)
|
Kegiatan Lomba
Olimpiade MIPA
|
Ketua Gugus 24
Wilayah V Kec. Lilirilau
|
Gugus
|
2015
|
|
29)
|
Seleksi Pemain Lomba
futsal Tk. Kecamatan
|
PGRI Lilirilau
|
Kecamatan
|
2015
|
|
30)
|
Seleksi Pemain Lomba
Futsal Tk. Kabupaten
|
PGRI Soppeng
|
Kabupaten
|
2015
|
|
31)
|
Pemenang Simposium
Guru
|
Menteri Pendidikan
Nasional
|
Nasional
|
2015
|
|
32)
|
Mengirimkan hasil
karya
|
Menteri Pendidikan
|
Nasional
|
2015
|
|
33)
|
Simposium Mini
|
IGI, PGRI
|
Nasional
|
2015
|
|
34)
|
Panitia kegiatan
Olimpiade MIPA
|
Ketua Gugus 29 Wil.
III
|
Gugus
|
2011-2012
|
|
35)
|
Panitia kegiatan
Olimpiade MIPA
|
Ketua Gugus 29 Wil.
III
|
Gugus
|
2012-2013
|
|
36)
|
Panitia kegiatan Olimpiade
MIPA
|
Ketua Gugus 24 Wil.V
|
Gugus
|
2013-2014
|
|
37)
|
Panitia kegiatan
Olimpiade MIPA
|
Ketua Gugus 24 Wil.V
|
Gugus
|
2014-2015
|
|
38)
|
Panitia kegiatan
Olimpiade MIPA
|
Ketua Gugus 24 Wil.V
|
Gugus
|
2015-2016
|
|
40)
|
Gupres Tingkat
Kecamatan
|
Kecamatan Lilirilau
|
Kecamatan
|
2016
|
BAB
IV
HARAPAN DAN RENCANA MASA
DATANG
Harapan di masa akan datang yaitu :
1.
untuk
selalu menjadi guru yang rendah hati, menjaga wibawa, tidak sombong, dan selalu
berkomunikasi dengan teman.
2.
Bagaimana
cara kita untuk meningkatkan profesionalisme sebagai guru/cara mengajar di
dalam kelas agar lebih aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan didalam kelas.
3.
Agar
para guru semakin termotivasi dan berpretasi
4.
Memberikan
semangat kepada teman sejawat dalam ajang kompetisi-kompetisi yang ada
5.
Meningkatkan
prestasi siswa menjadi lebih baik
6.
Menjadi
guru yang kreatif, inovasi dan mengembangkan ilmunya
Rencana di masa akan datang yaitu
1.
Berusaha
dan mencoba menjadi guru yang baik
2.
Mendorong
siswa untuk unggul di dalam prestasi
3.
Meningkatkan
keprofeisonalisme sebagai guru
4.
Meningkatkan
kualifikasi akademik menjadi S-2
BAB
V
PENUTUP
Menjadi guru
professional dan kreatif adalah idaman
banyak guru sehingga pengembangan
kompetensi guru wajib dilakukan setiap saat dimana saja dan kapan saja. Guru
yang berkembang dalam bidang ilmu pengetahuan selalu melakukan share baik dengan teman sejawat, siswa
maupun masyarakat sehingga prinsip “RELA BERBAGI IKHLAS MEMBERI”. Proses
merencanakan, mengimplementasikan, evaluasi, tindak lanjut dan pelaporan serta
pengembangan dalam proses kegiatan belajar mengajar selalu dilakukan agar
mendapatkan hasil peserta didik sesuai dengan amanat pemerintah.
Demikian
uraian singkat tentang saya layak jadi guru berprestasi, semoga dengan evaluasi
diri saya dalam bentuk narasi ini dapat memotivasi baik untuk saya sendiri,
teman sejawat maupun para siswa. Semoga narasi ini bermanfaat bagi semua pihak
dan dapat meningkatkan profesionalisme diri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar