Jumat, 06 Mei 2016

Mengapa saya Layak Mejadi Guru berprestasi

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. (Undang-undang Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005 Pasal 1 ayat 1). Peranan guru sangat penting dalam dunia pendidikan karena selain berperan mentransfer ilmu pengetahuan ke peserta didik, guru juga dituntut memberikan pendidikan karakter dan menjadi contoh karakter yang baik bagi anak didiknya.
Saya dibesarkan dari keluarga guru. Ibu saya seorang guru, sehingga pembetukan karakter yang dimiliki sudah mengarah pada jati diri seorang guru. Ketika masih kecil saya selalu dibawa ke sekolah. Sampai beranjak umur 12 tahun saya dan Ibu  selalu bersama pergi ke sekolah. pada waktu itu saya di masukkan di sekolah tempat mengajar Ibu. Ketika melihat orang mengajar saya pun beranggapan “kapan yah bisa seperti beliau”. Yang bisa mendidik dan membimbing anak muridnya dengan hati yang iklas dan kesabaran menjadi manusia yang memiliki akhlak, karakter, dan budaya yang baik. Guru merupakan pekerjaan yang mulia. Panggilan hati yang terdalam. Bukan karena sesuatu hal /paksaan yang membuat seseorang masuk menjadi guru. Akan tetapi panggilan jiwa yang ada dalam hati seseorang.
Menjadi guru itu tentunya haruslah menguasai kompetensi-kompetensi untuk menjadi guru yang profesional. Berdasarkan Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Pasal 10 yaitu Kompetensi paedagogik merupakan “kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik”. Kompetensi ini  dapat dilihat dari kemampuan merencanakan program belajar mengajar, kemampuan melaksanakan interaksi atau mengelola proses belajar mengajar, dan kemampuan melakukan penilaian. 
Kemampuan Pribadi. Guru sebagai tenaga pendidik yang tugas utamanya mengajar, memiliki karakteristik kepribadian yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengembangan sumber daya manusia.  Kemampuan Sosial. Guru yang efektif adalah guru yang mampu membawa siswanya dengan berhasil mencapai tujuan pengajaran. Mengajar di depan kelas merupakan perwujudan interaksi dalam proses komunikasi. Kompetensi profesional meliputi kepakaran atau keahlian dalam bidangnya yaitu penguasaan bahan yang harus diajarkannya beserta metodenya, rasa tanggung jawab akan tugasnya dan rasa kebersamaan dengan sejawat guru lainnya.
B.     Motivasi Saya Mengikuti Pemilhan Guru berprestasi
Berawal ketika melihat teman ada yang bisa sampai ketingkat provinsi maka didalam hati kecil saya pun ingin bisa seperti beliau. Ketika ada kesempatan yang diberikan oleh Bapak Pengawas kepada saya pada tahun 2015, motivasi di dalam diri muncul. Mengikuti tes seleksi mulai ke kecamatan dan sampai ke kabupaten pun terhenti. Tidak berhenti sampai disitu saya pun giat mencari kesempatan lomba di internet dan saya mendapat beberapa lomba seperti lomba inobel, LKG, dan hasil karya tulis ilmiah. Saya pun mencoba mengikuti lomba karya tulis ilmiah dan alhamdulillah saya terpanggil ke istora senayan jakarta.
Setahun kemudian motivasi itu muncul lagi karna didalam diri ini merasakan ada panggilan hati untuk mau berusaha menjadi lebih baik. Apalagi ditahun kemarin banyaknya kegiatan-kegiatan sehingga berkas/dokumen terkumpul menjadi satu bagian berbentuk portopolio.
Atas dorongan, do’a, semangat dan dukungan Bapak Pengawas, rekan-rekan guru, inilah yang mendasari saya untuk mengikuti pemilihan guru berprestasi tingkat Kabupaten.  Pengumpulan portofolio sebagai syarat dalam pemilihan guru berprestasi mulai saya susun,
B.     Visi dan Misi
Menjadi guru merupakan seni dan kepuasan batin tersendiri apabila para siswa memahami apa yang disampaikan oleh guru dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupannya. Sebagai guru saya memiliki prinsip bahwa segala ide, kreatifitas, dan cipta karya  harus memiliki nilai manfaat, baik untuk diri sendiri, siswa, teman sejwat, sekolah maupun negara, walaupun sangat kecil. Dengan bekal kemanfaatan yang kecil  dan jumlah banyak, semoga menjadi manfaat yang besar. Adapun visi saya sebagai guru adalah “Santun dalam Berbudaya, Unggul dalam Prestasi dan Imtaq”.
Visi adalah suatu impian yang merupakan cita-cita yang akan dicapai. Untuk mewujudkan suatu cita-cita maka harus melakukan ide-ide kecil yang terimplementasi, evaluasi, tindak lanjut dan pengembangan dalam bentuk indicator-indikator pencapaian.
Misi saya untuk mencapai visi itu adalah
  1. Menciptakan budaya tertib, disiplin, santun dalam ucapan  sopan dalam perilaku terhadap sesama berlandaskan iman dan taqwa.
  2. Membina siswa memiliki kemampuan akademik, kreatif, berpikir kritis, pemberani, tanggung jawab, dan mandiri
  3. Melaksanakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
  4. Membimbing siswa memiliki dasar-dasar akhlak mulia dan budi pekerti luhur
  5. Menumbuh kembangkan semangat berprestasi pada seluruh warna sekolah
  6.                                                                                                                                                                                                                         BAB   I I
PRESTASIKU

            Prestasi adalah segalan bagi saya. Setiap menerima tugas, mengerjakan tugas dan melaporkan kegiatan harus memiliki prestasi yang unik, cepat dan tepat. Bekerja yang nikmat adalah pekerjaan yang dicintai sehingga dengan pekerjaan tersebut maka akan tumbuh kembang kepribadian dan kemandirian. Prestasi kerja merupakan idaman bagi setiap orang dengan meniti karier tahap demi tahap tentunya untuk mencapai prestasi kerja yang diimpikan. Bagaimana seorang guru memiliki prestasi kerja yang baik, apabila mengimplementasikan 4 kompetensi guru dalam kehidupan bekerja dan bermasyarakat.
Kondisi ideal menjadi guru berdasarkan Permendiknas No. 16 tahun 2007 sbb
1.      Kompetensi Padegogik
a.       Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial,cultural, emosional, dan intelektual
b.      Menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik
c.       Mengembangkan kurikulum yang terkait mata pelajaran yang diampu.
d.      Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
e.       Memanfaatkan TIK untuk kepentingan pembelajaran
f.       Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
g.      Berkomunikasi efektif, empatik, dan santun ke peserta didik
h.      Menyelenggarakan penilaian evaluasi proses dan hasil belajar
2.      Kompentensi Kepribadian
a.      Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, social dan budaya bangsa
b.      Penampilan yang jujur, berakhlak mulia, teladan bagi peserta didik dan masyarakat
c.      Menampilkan dirisebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa
d.     Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri
e.      Menjunjjung tinggi kode etik profesi guru
1.      Kompentensi Sosial
a.       Bersikap inkulif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras,kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial keluarga
b.      Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat
c.      Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah RI yang memiliki keragaman social budaya
d.     Berkomunikasi dengan lisan maupun tulisan
2.      Kompentensi Profesional
a.      Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pelajaran yang dimampu
b.       Mengusai standar kompentensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang dimampu
c.      Mengembangkan materi pembelajaran yang dimampu secara kreatif
d.     Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
e.      Memanfaatkan TIK untuk berkomunikasi dan mengembangakan diri.

Kondisi saat ini selama menjadi guru 9 tahun sebagai berikut :
1.      Pendidikan dan Pelatihan
Pendidikan dan pelatihan yang telah di ikuti sebagai peningkatan profesionliseme guru dalam pengembangan pelajaran, pemanfaatn TIK serta pengembangan diri adalah sebagai berikut :
NO.
NAMA / JENIS DIKLAT
TEMPAT
WAKTU PELAKSANAAN
(...... jam)
PENYELENG­GARA
a.      
Pelatihan IDL
Makassar
27-28 April 2016
Telkom
b.      


Workshop National “Computational Thinking For Educator”
Makassar

. 30 Januari – 7 Februari 2016 (32 Jam)
Ikatan Guru Indonesia (IGI)
c.      
Pelatihan dan Peningkatan Mutu Melalui MKKG (Musyawarah Kelompok Kerja Guru )
SDN. 120 Berru

Semester I T.A 2015-2016/ 100 jam
KKG Gugus 24 Wil. V Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
d.      
Pelatihan dan Peningkatan Mutu Melalui MKKG (Musyawarah Kelompok Kerja Guru )
SDN. 120 Berru
Semester II T.A. 2014-2015/ 100 jam
KKG Gugus 24 Wil. V Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
e.      
Pelatihan Pengembangan KTSP dan Silabus
SDN. 120 Berru
13 s/d 15 April 2015 / 3 hari
Tim Pengembang Kurikulum(TPK)
Pengawas
Ketua Komite
Kepala Sekolah SDN.120 Berru
f.       
Pelatihan dan Peningkatan Mutu Melalui MKKG (Musyawarah Kelompok Kerja Guru )
SDN. 120 Berru
Semester I T.A. 2014-2015/ 100 jam
KKG Gugus 24 Wil. V Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
g.      
Desiminasi Pelatihan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) jenjang SD/MI
SDN. 120 Berru
22 – 24 Desember 2014/ 32 jam
USAID PRIORITAS
h.      
Pelatihan Diklat Kurikulum 2013
SMPN. 3 Watan soppeng
18-22 Juni 2014 / 52 jam
LPMP Prov. Sulsel
i.       
Pelatihan Pengembangan KTSP dan Silabus
SDN. 120 Berru
13 s/d 15 April 2014/ 3 hari
Tim Pengembang Kurikulum(TPK)
pengawas
Ketua Komite
Kepsek
j.       
Pelatihan dan Peningkatan Mutu Melalui MKKG (Musyawarah Kelompok Kerja Guru )
SDN. 120 Berru
Semester II T.A. 2013-2014 / 100 Jam
KKG Gugus 24 Wil. V Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
k.      
Pelatihan dan Peningkatan Mutu Melalui MKKG (Musyawarah Kelompok Kerja Guru )
SDN. 120 Berru
Semester I T.A. 2013-2014 / 100 Jam
KKG Gugus 24 Wil. V Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
l.       
Pelatihan Metode Pengajaran Cara Cepat Belajar Membaca
SDN. 100 Dare Bunga-Bungae
21-24 Oktober 2013/32 Jam
Lembaga Pendidikan Dan Kursus “SMART”
m.    
Peningkatan Mutu Pendidikan KKG
SDN. 168 Kessing
Semester II T.A 2012-2013/32 Jam
KKG Gugus 29 Wil. III
n.      
Menyelami Arah Kebijakan Kurikulum 2013 Serta Pendidik Dalam Pembentukan Karakter Bangsa
Ruang Rapat DPRD Kab. Soppeng
7 April 2013
Ikatan Mahasiswa Pelajar Soppeng Koordinator Perguruan Tinggi UNM

o.      
Peningkatan Mutu Pendidikan KKG
SDN. 168 Kessing
Semester I T.A 2012-2013 / 32 Jam
KKG Gugus 29 Wil. III
p.      
Peningkatan Mutu Pendidikan KKG
SDN. 168 Kessing
Semester II T.A 2011-2012/ 32 Jam
KKG Gugus 29 Wil. III
q.      
Peningkatan Mutu Pendidikan KKG
SDN. 168 Kessing
Semester I T.A 2011-2012/ 32 Jam
KKG Gugus 29 Wil. III
r.      
Peningkatan Mutu Pendidikan KKG
SDN. 168 Kessing
Semester II T.A 2010-2011/ 32 Jam
KKG Gugus 29 Wil. III
s.      
Pelatihan Peningkatan Mutu Guru SD se- Wilayah III Gugus 29 Kec. Donri-Donri Kab. Soppeng
SDN. 168 Kessing
31 Januari-2 Februari 2011 / 30 jam
Gugus 29 Kec. Donri-Donri Kab. Soppeng
t.       
Peningkatan Mutu Pendidikan KKG


SDN. 168 Kessing
Semester I T.A 2010-2011/ 32 Jam
KKG Gugus 29 Wil. III
u.      
Penyusunan Komponen Karya Pengembangan Profesi dalam Portopolio Sertifikasi Guru
SMK 4 Makassar
29 Maret - 1 April 2009 / 32 jam
Forum Komunikasi Kepala Sekolah Dasar/MI
IPGI dan PGRI
v.      
Pengaruh Ujian Nasional Terhadap Peningkatan Kualitas Lulusan
SMK 4 Makassar
28 Maret 2009
Forum Komunikasi Kepala Sekolah Dasar/MI
IPGI dan PGRI
w.     
Pemanfaatan Kompetensi dan Standarisasi Guru Honor  serta Subsidi Fungsional /Sertifikasi
Aula Kandepag Makassar
15 Maret 2009
DPD IGHI Kota Makassar
x.      
Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan Golongan Penggalang ( KML )
Benteng Somba Opu Kab. Gowa
20 – 28 Februari 2009 / 109 Jampel
LEMDIKACAB
y.      
Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar ( KMD )
Benteng Somba Opu Kab. Gowa
19 – 27 April 2008 / 90 Jampel
LEMDIKACAB
z.      
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Restaurant Pualam (Pantai Losari) Makassar
7 April 2008 / 8 jam
PGRI PROViNSI SUL-SEL
aa.
Pembuatan Media Pembelajaran
Restaurant Pualam (Pantai Losari) Makassar
6 April 2008 / 8 jam
PGRI PROViNSI SUL-SEL

2.      Keikutsertaan dalam forum ilmiah

NO.
JENIS KEGIATAN
TAHUN
PERAN *) 
TINGKAT
(Inter/Nas/Lokal)
a.     
Sebuah Telaah Kritis Terhadap Asal Muasal Kebudayaan dan Bahasa Pattinjo Di Sulawesi Selatan
2007
Peserta
Nasional
b.    
Dialog Pendidikan antara Guru-Guru SD/SMP dan SMA/SMK se Kecamatan Tallo
2008
Peserta
Lokal
c.     
Pemantapan Kompetensi Guru Honor  serta subsisidi fungsional/sertifikasi
2009
Peserta
Nasional
d.     
Pengaruh Ujian Nasional Terhadap Peningkatan Kualitas Lulusan
2009
Peserta
Nasional
e.     
Penyusunan Komponen Karya Pengembangan Profesi dalam Portopolio Sertifikasi Guru
2009
Peserta
Nasional
f.      
Lokomotif Perubahan Menuju Masayarakat Religius dan Intelektual
2012
Peserta
Nasional
g.     
Menyelami Arah Kebijakan  K. 13 Serta Peran Pendidik dalam Pembentukan Karakter Bangsa
2013
Peserta
Lokal
h.     
Seminar Indonesia Bisa
2014
Peserta
Nasional
i.      
Konferensi Pengurus PGRI
2015
Peserta
Lokal
j.      
Optimalisasi Peran Pemerintah Daerah dalam Bidang Pendidikan, Ekonomi, Sosial dan Budaya Mewujudkan Generasi Emas 2045
2015
Peserta
Nasional
k.     
Simposium Guru Tema “ Guru Mulya Karna Karya”
2015
Pemakalah
Nasional
l.      
Best Practise Simposium Mini
2016
Pemakalah
Nasional
m.   
Simposium, Seminar Pendidikan Nasional , dan Ajang Curhat bersama Anies Baswedan
2016
Peserta
Nasional
n.
Menggangas Model Pendidikan yang beriorentasi Pengembangan karakter bangsa
2012
Peserta
Nasional


3.      Pembimbing siswa

 Hasil bimbingan siswa mulai 5 tahun berjalan memperoleh hasil sbb :
NO.
NAMA KEJUARAAN
TINGKAT
TEMPAT DAN WAKTU
a)
Lomba olimpiade Matematika
Gugus
SDN. 197 Sadae / 2012
b)
Lomba olimpiade IPA
Gugus
SDN. 197 Sadae / 2012
c)
Lomba Pengucapan Tri Satya Dasa Dharma dan UUD 1945 Putra
Kecamatan
Lapangan Macanre/Agustus 2014
d)
Lomba Pengucapan Tri Satya Dasa Dharma dan UUD 1945 Putri
Kecamatan
Lapangan Macanre/Agustus 2014
e)
Lomba Tali Temali (Tiang Bendera ) Putra
Kecamatan
Lapangan Macanre/ Agustus 2014
f)
Lomba formasi Barisan (LKBB) Putri
Kecamatan
Lapangan Macanre/ Agustus 2014
g)
Lomba olimpiade Matematika
Gugus
SDN. 120 Berru/ Januari 2014
h)
Lomba Menyanyi Lagu Daerah / solo Putra
Kecamatan
Lapangan Cabbenge/ Agustus 2014
i)
Lomba Menyanyi Lagu Daerah /solo Putri
Kecamatan
Lapangan Cabbenge/ Agustus 2014
j)
Lomba kebersihan
Kecamatan
SDN. 120 Berru/Agustus 2014
k)
Lomba Gerak Jalan Putra
Kecamatan
Macanre/9-17 Agusutus 2014
l)
Lomba Gerak Jalan Putri
Kecamatan
Macanre/9-17 Agusutus 2014
m)
Lomba olimpiade Matematika
Gugus
SDN. 120 Berru/ 8 Januari 2015
n)
Lomba Lari Athletik
Kecamatan
Cabbenge/April 2015
o)
Lomba PILDACIL kelas V
Kecamatan
SDN. 100 Dare Bunga-Bungae/18 April 2015
p)
Lomba Menghafal Surah-surah Pendek putri
Kecamatan
SDN. 100 Dare Bunga-Bungae/18 April 2015
q)
Lomba tali temali (tiang bendera) putra
Kecamatan
Lapangan Ranjau Macanre/Agustus 2015
r)
Lomba formasi barisan putra
Kecamatan
Lapangan Ranjau Macanre/Agustus 2015
s)
Lomba yel-yel beregu pramuka putri
Kecamatan
Lapangan Ranjau Macanre/Agustus 2015
t)
Lomba pengucapan UUD 1945, Dasa Dharma, dan Trisatya putra
Kecamatan
Lapangan Ranjau Macanre/Agustus 2015
u)
Lomba Olimpiade Matematika Khusus Kelas V
Gugus
SDN. 120 Berru gugus Wil V
v)
Lomba Olimpiade Matematika Khusus Kelas IV
Gugus
SDN. 120 Berru gugus Wil V
w)
Lomba Olimpiade IPA Khusus Kelas V
Gugus
SDN. 120 Berru gugus Wil V
x)
Lomba Olimpiade IPA Khusus
Kelas IV
Gugus
SDN. 120 Berru gugus Wil V

3.      Pembimbingan teman sejawat
4.       
NO.
MATA PELAJARAN/
BIDANG STUDI
INSTRUKTUR/GURU INTI/TUTOR /PEMANDU/PAMONG PPL
TEMPAT
1)
Bahasa  Indonesia
Guru Inti
Gugus Wil. V Kec. Lilirilau
2)
Bahasa Indonesia
Pemandu Mata Pelajaran
Gugus Wil. V Kec. Lilirilau
3)
Bahasa Indonesia
Guru Pamong PPL Mahasiswa UNISMUH Makassar
Gugus Wil. V Kec. Lilirilau/SDN. 120 Berru
4)
TIK
Instruktur IHT / TIK (Pemanfaatan Tekhnik Informatika Komputer)
SDN. 120 Berru
5)
Tematik Kurikulum 2013
Guru Inti Pendamping kurikulum 2013
Gugus Wil. V Kec. Lilirilau

6)
Matematika
Guru Pemandu PAKEM
Gugus Wil. V Kec. Lilirilau
7)
Tematik K. 13
Guru Pemandu PAKEM
Gugus Wil. V Kec. Lilirilau

5.      Karya pengembangan profesi

Karya pengembangan profesi yang menjadikan karya monumentasl mengingat program ini telah dan digunakan setiap tahunnya. Adapun karya tesebut adalah sbb :
NO.
JUDUL
TAHUN
SUMBER DANA
STATUS (KETUA/ANGGOTA)
1)
Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar SAINS Melalui Metode Inkuiri Pada Kelas IV SDI. Rappo Jawa Makassar
2010
Mandiri
Ketua
2)
Meningkatkan hasil belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD Kelas IV C SD Pertiwi Makassar
2010
Mandiri
Ketua
3)
Efektifitas Penilaian Non Tes Dalam peningkatan Prestasi Belajar Sains Kelas V di SDI. Bert. Rappo Jawa Makassar
2011
Mandiri
Ketua
4)
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Quantum Teaching pada Murid Kelas V SDN. 120 Berru Kec. Lilirilau Kab. Soppeng.
2014
Mandiri
Ketua
5)
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan PAKEM pada Murid Kelas V SDN. 120 Berru Kec. Lilirilau Kab. Soppeng.
2015
Mandiri
Ketua
6)
Meningkatkan hasil belajar Matematika  Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD Kela s V SDN. 120 Berru Kab. Soppeng
2015
Mandiri
Ketua


6.      Sertifikat keahlian/ Ketrampilan
Di samping mengajar matematika, sekolah memberikan amanat untuk pengembangan diri melalui diklat pengembangan profesi yang harus di ikuti. Data keahlian yang di ikuti adalah sbb :
NO.
NAMA SERTIFIKAT/
KEAHLIAN *)
WAKTU
TINGKAT **)
LEMBAGA YANG MENGELUARKAN
1)
KMD (Kursus Mahir Dasar)
19 – 27 April 2008 / 90 Jampel
Regional
LEMDIKACAB
2)
KML (Kursus Mahir Lanjutan)
20 – 28 Februari 2009 / 109 Jampel
Regional
LEMDIKACAB


7.      Pengalaman menjadi pengurus organisai di bidang kependidikan dan sosial
Sebagai guru untuk menambah pergaulan saya ikut organisasi profesi MGMP, RT, RW dan Majlis taklim Masjid Baitussalam. Data keikutsertaan dalam organisasi adalah sbb :
NO.
NAMA ORGANISASI
TAHUN
JABATAN
TINGKAT *)
1)
Pengurus Angg.Organisasi PGRI Desa Kessing Kec. Donri-Donri
2010-2013
Anggota
Kecamatan
2)
KKG Kelas V Gugus 29 Wil. V Kec. Donri-Donri Kab. Soppeng
2010-2013
Anggota
Kecamatan
3)
Pengurus Anggota  organisasi PGRI Kel. Ujung Kec. Lilirilau

2013- Sekarang
Anggota
Kecamatan
4)
KORPRI (Korps Pegawai Republik Indonesia)
2010-sekarang
Anggota
Kecamatan
5)
KKG Kelas V Gugus 24 Wil. V Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
2013 - 2015
Anggota
Kecamatan
6)
KKG Kelas V Gugus 24 Wil. V Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
2015 - sekarang
Sekretaris
Kecamatan
7)
Organisasi Pengurus Masjid
2013-sekarang
Seksi humas
Kecamatan
8)
Komite Sekolah
2010-sekarang
Anggota
Kecamatan
9)
Futsal Club Lilirilau
2015
Anggota
Kecamatan
10)
Pramuka
2008- sekarang
Anggota
Kecamatan


8.      Penghargaan dalam bidang kependidikan
Guru professional yang memiliki kreatifitas tertinggi sebagai visi saya sehingga saya mendapatkan penghargaan dari sekolah. Data pengharagaan sbb :
NO.
JENIS PENGHARGAAN
PEMBERI PENGHARGAAN
TINGKAT *)
TAHUN
1)
Lomba Safari Ramadhan
PT. Sinar Galesong Pratama dan Fajar Group
Kota
2008
2)
Gerak jalan bersama dengan masyarakat dan guru dalam rangka Ulang Tahun PGRI
PGRI Donri-Donri
Kecamatan
2012
3)
Peserta lomba Mendongeng/Bercerita Dalam Rangka Ulang Tahun PGRI
PGRI Donri-Donri
Kecamatan
2012
4)
Peserta Seleksi Pemain  Futsal Dalam Rangka Ulang Tahun PGRI
PGRI Donri-Donri
Kecamatan
2012
5)
Peserta Pemain Bola Volley Dalam Rangka Ulang Tahun PGRI
PGRI Donri-Donri
Kecamatan
2012
6)
Peserta Membaca Puisi
PGRI Donri-Donri
Kecamatan
2012
7)
Rangkaian Acara keagamaan bulan suci Ramadhan  selama 30 hari sebagai panitia/protokol
Ketua Pengurus Masjid Al-Amin Laburawung
Kecamatan
2014
8)
Halal bi halal dan Maghrib Mengaji diselenggaran oleh PKP2A, Pengurus dan Jamaah Masjid Al-Amin Laburawung
Ketua Pengurus Masjid Al-Amin Laburawung
Kecamatan
2014
9)
Kegiatan Ujian Akhir Sekolah sebagai Pengawas
Ketua Gugus 24 Wilayah V Kec. Lilirilau
Gugus
2014
10)
Kegiatan Ujian Akhir Nasional sebagai Pengawas
UPTD Kec. Lilirilau
Kecamatan
2014
11)
Peserta Lomba Gerak Jalan
Ketua Gugus
Kecamatan
2014
12)
Peserta Lomba Gerak Jalan
Panitia HUT RI Kec. Lilirilau
Kecamatan
2014
13)
Perkemahan Pramuka dalam Rangka HUT ke-69 Proklamasi kemerdekaan
Panpel-K. Pram Kwartir Lilirilau
Kecamatan
2014
14)
Guru Pendamping Kurikulum 2013 Wilayah V Tahun Ajaran 2014-2015
Ketua Gugus 24
Kecamatan
2014
15)
Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Maghrib Mengaji
Ketua Pengurus Masjid Al-Amin Laburawung
Kecamatan
2015
16)
Konferensi Ranting Ujung Kec. Lilirilau
PGRI
Kelurahan
2015
17)
Acara Peringatan Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW dengan Tema “Mari Kita Wujudkan Kreatifitas Muda Mudi Islam dan Menanamkan Akhlakul Karimah”
Ketua Pengurus Masjid Nashrul Mu’minin
Kecamatan
2015
18)
Acara Peringatan Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Maghrib Mengaji bersama LP2A dan Jamaah Masjid Al-Amin Laburawung dengan Tema “Shalat Menjadikan Hidup lebih bermakna”
Ketua Pengurus Masjid Al-Amin Laburawung
Kecamatan
2015
19)
Guru Berprestasi Tingkat Kecamatan
Camat Lilirilau
Kecamatan
2015
20)
Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten
Bupati Soppeng
Kabupaten
2015
21)
Rangkaian Kegiatan Perayaan 17 Agustus 2015
Panitia HUT RI Kec. Lilirilau
Kecamatan
2015
22)
Perkemahan Pramuka dalam Rangka HUT ke-70 Proklamasi kemerdekaan
Panpel-K. Pram Kwartir Lilirilau
Kecamatan
2015
23)
Rangkaian Acara Bulan Suci Ramadhan dan Idul fithri sebagai Panitia (Protokol/MC)
Pengurus Masjid Al-Amin
Kecamatan
2015
24)
Rangkaian Acara Idul Adha sebagai Panitia (Protokol/MC)
Pengurus Masjid Al-Amin
Kecamatan
2015
25)
Kegiatan Ujian Sekolah sebagai Pengawas
Ketua Gugus 24 Wilayah V Kec. Lilirilau
Gugus
2015
26)
Kegiatan Ujian Nasional sebagai Pengawas
UPTD Kec. Lilirilau
Kecamatan
2015
27)
Lomba Gugus Sebagai Peserta Standar Proses Belajar Mengajar Mewakili Kec. Lilirilau Tingkat Kabupaten Soppeng
Ketua Gugus 24 Wilayah V Kec. Lilirilau
Kecamatan
2015
28)
Kegiatan Lomba Olimpiade MIPA
Ketua Gugus 24 Wilayah V Kec. Lilirilau
Gugus
2015
29)
Seleksi Pemain Lomba futsal Tk. Kecamatan
PGRI Lilirilau
Kecamatan
2015
30)
Seleksi Pemain Lomba Futsal Tk. Kabupaten
PGRI Soppeng
Kabupaten
2015
31)
Pemenang Simposium Guru
Menteri Pendidikan Nasional
Nasional
2015
32)
Mengirimkan hasil karya
Menteri Pendidikan
Nasional
2015
33)
Simposium Mini
IGI, PGRI
Nasional
2015
34)
Panitia kegiatan Olimpiade MIPA
Ketua Gugus 29 Wil. III
Gugus
2011-2012
35)
Panitia kegiatan Olimpiade MIPA
Ketua Gugus 29 Wil. III
Gugus
2012-2013
36)
Panitia kegiatan Olimpiade MIPA
Ketua Gugus 24 Wil.V
Gugus
2013-2014
37)
Panitia kegiatan Olimpiade MIPA
Ketua Gugus 24 Wil.V
Gugus
2014-2015
38)
Panitia kegiatan Olimpiade  MIPA
Ketua Gugus 24 Wil.V
Gugus
2015-2016
40)
Gupres Tingkat Kecamatan
Kecamatan Lilirilau
Kecamatan
2016
  
BAB  IV
HARAPAN DAN  RENCANA MASA DATANG

Harapan di masa akan datang yaitu :
1.      untuk selalu menjadi guru yang rendah hati, menjaga wibawa, tidak sombong, dan selalu berkomunikasi dengan teman.
2.      Bagaimana cara kita untuk meningkatkan profesionalisme sebagai guru/cara mengajar di dalam kelas agar lebih aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan didalam kelas.
3.      Agar para guru semakin termotivasi dan berpretasi
4.      Memberikan semangat kepada teman sejawat dalam ajang kompetisi-kompetisi yang ada
5.      Meningkatkan prestasi siswa menjadi lebih baik
6.      Menjadi guru yang kreatif, inovasi dan mengembangkan ilmunya

Rencana di masa akan datang yaitu
1.      Berusaha dan mencoba menjadi guru yang baik
2.      Mendorong siswa untuk unggul di dalam prestasi
3.      Meningkatkan keprofeisonalisme sebagai guru
4.      Meningkatkan kualifikasi akademik menjadi S-2
  
BAB  V
PENUTUP

Menjadi guru professional dan kreatif  adalah idaman banyak guru sehingga  pengembangan kompetensi guru wajib dilakukan setiap saat dimana saja dan kapan saja. Guru yang berkembang dalam bidang ilmu pengetahuan selalu melakukan share baik dengan teman sejawat, siswa maupun masyarakat sehingga prinsip “RELA BERBAGI IKHLAS MEMBERI”. Proses merencanakan, mengimplementasikan, evaluasi, tindak lanjut dan pelaporan serta pengembangan dalam proses kegiatan belajar mengajar selalu dilakukan agar mendapatkan hasil peserta didik sesuai dengan amanat pemerintah.
Demikian uraian singkat tentang saya layak jadi guru berprestasi, semoga dengan evaluasi diri saya dalam bentuk narasi ini dapat memotivasi baik untuk saya sendiri, teman sejawat maupun para siswa. Semoga narasi ini bermanfaat bagi semua pihak dan dapat meningkatkan profesionalisme diri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar