Sabtu, 26 Maret 2016

KUMPULAN MEDIA / ALAT PEMBELAJARAN DI DALAM KELAS

KUMPULAN MEDIA / ALAT PEMBELAJARAN DI DALAM KELAS












Firmansyah, S.Pd
Nip. 19861210 201001 1 019


DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
SEKOLAH DASAR NEGERI 120 BERRU
TAHUN AJARAN 2016



KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT semesta alam, pencipta segala sesuatu yang ada dari ketiadaan, tak ada akal yang mampu menjangkau kesempurnaan-Nya dan tak ada mustahil bagi-Nya, Dialah Tuhan pemberi cinta pada hamba-Nya, yang dengan cinta-Nya kita mampu saling mengasihi, dengan limpahan rahmat, hidayah, umur, kesehatan dan nikmat iman dan ilmu sehingga penulis dapat menyelesaikan buku  yang berjudul “Kumpulan Media/Alat Pembelajaran di dalam Kelas”

Salam dan Shalawat kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW, yang darinya kita mampu untuk belajar melihat kesempurnaan dari seorang manusia, teladan yang mampu membawa umatnya merobohkan tembok kokoh kebodohan, menembus dimensi peradaban, sang pembawa ajaran kebenaran. Semoga keluarga, sahabat, dan umatnya tetap limpahan rahmatnya. Amin.

Penulis mengucapkan banyak terimah kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan buku  ini. Terutama kepada kepala sekolah dan teman-teman SDN. 120 Berru yang memberikan arahan dan bimbingan demi pencapaian yang hasil maksimal.

Penulis menyadari, dalam  buku ini belum sepenuhnya sempurna .maka dari itu dengan segala kerendahan hati, penulis mengucapkan pada para pembaca untuk memberikan kritik maupun saran yang bersifat konstruktif (membangun) demi perbaikan selanjutnya.

Akhir kata, penulis mengharapkan semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca.
Berru,       Maret  2016
Penulis







MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN

v  Nama media/alat pembelajaran     : Pengukur kekuatan dan bentuk tali
v  Alat dan Bahan
-          Benang wol
-          Nilon
-          Tasi
-          Tali rumput jepang     
-          Lilin
-          Korek gas

v  Deskripsi
Pengukur kekuatan dan bentuk tali ini dibuat sebagai media/alat pembelajaran didalam kelas. Pembuatannya pun cukup sederhana dengan menggunakan beberapa tali sebagai uji coba dan lilin yang sudah dinyalakan. Media ini berfungsi untuk mengetahui kekuatan tali dan bentuk-bentuk tali setelah dibakar. Alat peraga ini dibuat di dalam kelas.dan mampu meningkatkan prestasi belajar  siswa di kelas terutama pada mata pelajaran IPA.

v  Cara kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
Deskripsi/langkah kerja

Alat dan bahan sudah tersedia.
-          Benang wol
-          Nilon
-          Tasi
-          Tali rumput jepang     
-          Lilin
-          Korek gas
 
Ambillah lilin dan nyalakan dengan menggunakan korek api. Kemudian beberapa tali benang wol, nilon, tasi, tali rumput jepang dibakar satu persatu. Ini untuk bisa mengetahui kekuatan pada tali dan bentuk-bentuk tali setelah dibakar. 
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN

v  Nama media/alat pembelajaran     : Jenis dan sifat bangun datar
v  Alat dan Bahan
-          Tripleks bekas             -  Spidol merah dan hitam
-          Magnet
-          Kardus
-          Kertas pelangi

v  Cara kerja
-          Pertama-tama membentuk triplek ukuran 1 x 1 meter
-          Membuat pola penempatan bangun datar di dalam tripleks.
-          Membuat bangun datar dari kardus bekas. Seperti persegi, belah ketupat, layang-layang dll. Kemudian dbungkus dengan kertas pelangi.
-          Setelah itu menempelkan  bangun datar dari dos menggunakan baut agar tidak jatuh.
Ini juga dapat berfungsi sebagai alat simetri putar.
-          Kemudian ditulislah sifat dan jenis bangun datar kemudian dilem menggunakan magnet.
-          Alhasil, jadilah hasil karya yang sangat memuaskan
v  Deskripsi
Jenis dan sifat bangun datar ini terbuat dari tripleks bekas. Selain media yang unik juga sangat membantu siswa dalam mengetahui jenis dan sifat bangun datar. Alat peraga ini dibuat di dalam kelas.dan mampu meningkatkan prestasi belajar  siswa di kelas
v  Cara kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
Deskripsi/langkah kerja
Alat dan bahan sudah tersedia.
-          Tripleks bekas             -  Spidol merah dan hitam
-          Magnet
-          Kardus
-          Kertas pelangi
-           
 

-          Membuat pola penempatan bangun datar di dalam tripleks.
-          Membuat bangun datar dari kardus bekas. Seperti persegi, belah ketupat, layang-layang dll. Kemudian dbungkus dengan kertas pelangi.

-          Setelah itu menempelkan  bangun datar dari dos menggunakan baut agar tidak jatuh.
Ini juga dapat berfungsi sebagai alat simetri putar.
-          Kemudian ditulislah sifat dan jenis bangun datar kemudian dilem menggunakan magnet.
-           
-          Alhasil, jadilah hasil karya yang sangat memuaskan

v   
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN

v  Nama media/alat pembelajaran     : Pengukur Tekanan Air
v  Alat dan Bahan
-          Botol akua 350 ml      
-          Selang ukuran setengah meter
-          Gelas plastik/kaca
-          Plastisin
v  Deskripsi
Pengukur tekanan air berfungsi mengukur tekanan air. Tekanan air bermanfaat sebagai media dan alat pembelajaran di sekolah. Jika botol yang ditekan air akan naik melalui selang ke tempat yang lain. Alat peraga ini dibuat di dalam kelas.dan mampu meningkatkan prestasi belajar  siswa di kelas
v  Cara kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
Deskripsi/langkah kerja
Alat dan bahan sudah tersedia.
-          Botol akua 350 ml      
-          Selang ukuran setengah meter
-          Gelas plastik/kaca
-          Plastisin




Ambillah plastisin kemudian bentuk sesuai dengan tutup botol yang tersedia. Lubangi plastisin ditengahnya agar selang bisa masuk kedalam botol. Selanjutnya isi terlebih dahulu air kedalam botol kira kira ½ dari isi botol Setelah itu tutuplah botol tersebut menggunakan plastisin.



Setelah ditutup pencetlah atau tekan botol  di bagian tengah agar air bisa keluar. Inilah alat pengukur tekanan air

MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN

v  Nama media/alat pembelajaran     : Poster Laporan Pengamatan
v  Alat dan Bahan
-          Gunting                      
-          Karton manila
-          Spidol
v  Cara kerja Alat
-          Pertama-tama menulis laporan pengamatan di dalam karton manila
-          Laporan pengamatan berdasarkan aktivitas di dalam kelas.
-          Jadilah hasil karyamu
v  Deskripsi
Laporan pengamatan yang dibuat ini berfungsi sebagai media atau alat pembelajaran guru kepada siswanya. Laporan ini berdasarkan aktivitas kegiatan di sekolah.ataupun di dalam kelas pada waktu yang telah ditentukan
Lampiran foto


1

2

3
 









MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN

v  Nama Media/alat Pembelajaran    : Gasing 5 Warna
v  Alat dan Bahan
-          Dos bekas                               
-          Gunting                                   - pensil,
-          Benang / tasi                           - kertas 5 warna. Merah,kuning, hijau, biru, biru muda

v  Cara kerja Alat
-          Pertama-tama  Dos bekas dibuat lingkaran. Ukuran diameter kira-kira 3,5 meter
-          Kertas yang sudah disiapkan digunting 1/5  lingkaran sebanyak 5 warna menjadi satu lingkaran
-          Setelah digunting menjadi beberapa potong ditempelkan/dilem  ke lingkaran dengan 5 warna tersebut
-          Lubangi lah 2 buah di dekat pusat lingkaran. Ini berfungsi sebagai tempat benang/tasi sebagai perpuataran gasing tersebut
-          Jadilah gasing 5 warna .
Deskripsi
Gasing 5 warna berfungsi untuk mengamati warna yang ada. Apabila gasing tersebut berputar dengan kencang maka akan terjadi penguraian warna menjadi satu yaitu berwarna putih. Pembuatan gasing ini cukup sederhana menggunakan dos bekas dan kertas berwarna-warni. Alat peraga ini dibuat di dalam kelas.dan mampu meningkatkan prestasi belajar  siswa di kelas
Lampiran Foto :
Aktivitas gambar
Deskripsi/langkah kerja



Alat dan bahan sudah tersedia




Dos yang sudah dibuat lingkaran.kemudian diberi garis vertikal dan horisontal dengan menggunakan pensil
Kertas berwarna dipotomg masing-masing menjadi 5 bagian atau 1/5 bagian.
Kemudian potongan tersebut di lem/ ditempelkan di lingkaran tadi. Cara penyusunan kertas berwarna diatur berselang seling.

Setelah semuanya dilem timbal balik. Kemudian di lubangi 2 buah di dekat diameter dan di berikan benang/tasi. Ukuran tali/tasi tersebut kira-kira 20 cm.
Jadilah hasil karya gasing 5 warnah. Untuk mengetahu penguraian warna maka kita putar gasing itu sekencang-kencangnya. Hasilnya warna yang dulunya merah,hijau biru dan kunigng berubah menjadi warna putih.




MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN

v  Nama media/alat pembelajaran     : Bangun Ruang (Power Point)
v  Alat dan Bahan
-          Leptop                         - Aplikasi Power Point
-          Referensi Buku
-          LCD

v  Deskripsi
Bangun ruang terbuat aplikasi leptop yang referensi nya dari berbagai buku. Bangun ruang ini bermanfaat bagi anak murid. Diantaranya ,melihat langsung dan melakukan sendiri dengan media ini dibuat di dalam kelas dan mampu meningkatkan prestasi belajar  siswa di kelas terutama pada mata pelajaran Matematika.

v  Cara kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
Deskripsi/langkah kerja



Menyiapkan alat dan bahan sudah tersedia.
-          Leptop                         - Aplikasi Poer Point
-          Referensi Buku
-          LCD





Menulis/mengetik sifat-sifat bangun ruang.
Hasil karya media pembelajaran lewat microsoft office power point sudah jadi dan siap untuk diajarkan oleh anak-anak.
r MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN

v  Nama media/alat pembelajaran     : Unsur-unsur cerita  (Power Point)
v  Alat dan Bahan
-          Leptop                         - Aplikasi Power Point
-          Referensi Buku
-          LCD

v  Deskripsi
Unsur-unsur cerita terbuat aplikasi leptop yang referensi nya dari berbagai buku. media ini bermanfaat bagi anak murid. Diantaranya ,melihat langsung gambarnya seperti tokoh-tokoh,watak,tema, judul dan amanat. Alat  peraga ini dibuat di dalam kelas dan mampu meningkatkan prestasi belajar  siswa di kelas terutama pada mata pelajaran Bhs. Indonesia.

v  Cara kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
Deskripsi/langkah kerja



Menyiapkan alat dan bahan sudah tersedia.
-          Leptop                         - Aplikasi Poer Point
-          Referensi Buku
-          LCD
. Menulis/mengetik sifat-sifat bangun ruang




.Hasil karya media pembelajaran lewat microsoft office power point sudah jadi dan siap untuk diajarkan oleh anak-anak.



r MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN

v  Nama media/alat pembelajaran     : Penggunaan Kata Depan
v  Alat dan Bahan
-          Leptop                         - Aplikasi Poer Point
-          Referensi Buku
-          LCD

v  Deskripsi
Penggunaan kata depan  terbuat aplikasi leptop yang referensi nya dari berbagai buku. media ini bermanfaat bagi anak murid. Diantaranya ,melihat langsung penggunaan kata depan dan  Alat  peraga ini dibuat di dalam kelas dan mampu meningkatkan prestasi belajar  siswa di kelas terutama pada mata pelajaran Bhs. Indonesia.

v  Cara kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
Deskripsi/langkah kerja



Menyiapkan alat dan bahan sudah tersedia.
-          Leptop                         - Aplikasi Poer Point
-          Referensi Buku
-          LCD
. Menulis/mengetik unsur-unsur Penggunaan kata depan (pre Posisi)



.Hasil karya media pembelajaran lewat microsoft office power point sudah jadi dan siap untuk diajarkan oleh anak-anak.


MEDIA / ALAT PEMBELJARAN

v  Nama media/alat pembelajaran     : Kata Tanya Dalam Wawancara
v  Alat dan Bahan
-          Leptop                         - Aplikasi Power Point
-          Referensi Buku
-          LCD

v  Deskripsi
Kata tanya dalam wawancara  terbuat aplikasi leptop yang referensi nya dari berbagai buku. media ini bermanfaat bagi anak murid. Diantaranya ,melihat langsung penggunaan kata tanya dalam wawancara dan  Alat  peraga ini dibuat di dalam kelas dan mampu meningkatkan prestasi belajar  siswa di kelas terutama pada mata pelajaran Bhs. Indonesia.

v  Cara kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
Deskripsi/langkah kerja
Menyiapkan alat dan bahan sudah tersedia.
-          Leptop                         - Aplikasi Poer Point
-          Referensi Buku
-          LCD
. Menulis/mengetik didalam leptop menggunakan aplikasi power point yakni kata tanya dalam wawancara



.Hasil karya media pembelajaran lewat microsoft office power point sudah jadi dan siap untuk diajarkan kepada anak-anak.


MEDIA / ALAT PEMBELAJARAN

v  Nama media/alat pembelajaran     : Membaca Puisi
v  Alat dan Bahan
-          Leptop                         - Aplikasi Power Point
-          Referensi Buku
-          LCD

v  Deskripsi
Membaca puis  terbuat aplikasi leptop yang referensi nya dari berbagai buku. media ini bermanfaat bagi anak murid. Diantaranya ,melihat langsung cara membaca puisi dengan baik. Dan  media ini dibuat di dalam kelas dan mampu meningkatkan prestasi belajar  siswa di kelas terutama pada mata pelajaran Bhs. Indonesia.

v  Cara kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
Deskripsi/langkah kerja
Menyiapkan alat dan bahan sudah tersedia.
-          Leptop                         - Aplikasi Power Point
-          Referensi Buku
-          LCD
. Menulis/mengetik didalam leptop menggunakan aplikasi power point yakni membaca puisi



.Hasil karya media pembelajaran lewat microsoft office power point sudah jadi dan siap untuk diajarkan kepada anak-anak.


MEDIA / ALAT PEMBELJARAN

v  Nama media/alat pembelajaran     : Fungsi huruf kapital
v  Alat dan Bahan
-          Leptop                         - Aplikasi Power Point
-          Referensi Buku
-          LCD

v  Deskripsi
Fungsi huruf kapital  terbuat aplikasi leptop yang referensi nya dari berbagai buku. media ini bermanfaat bagi anak murid. Diantaranya ,melihat langsung penggunaan fungsi huruf kapital. Dan  media ini dibuat di dalam kelas dan mampu meningkatkan prestasi belajar  siswa di kelas terutama pada mata pelajaran Bhs. Indonesia.

v  Cara kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
Deskripsi/langkah kerja
Menyiapkan alat dan bahan sudah tersedia.
-          Leptop                         - Aplikasi Power Point
-          Referensi Buku
-          LCD
. Menulis/mengetik didalam leptop menggunakan aplikasi power point yakni fungsi huruf kapital



.Hasil karya media pembelajaran lewat microsoft office power point sudah jadi dan siap untuk diajarkan kepada anak-anak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar