KUMPULAN MEDIA / ALAT PEMBELAJARAN
DI DALAM KELAS
Firmansyah,
S.Pd
Nip.
19861210 201001 1 019
DINAS
PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
SEKOLAH
DASAR NEGERI 120 BERRU
TAHUN
AJARAN 2016
KATA PENGANTAR
Segala puji
bagi Allah SWT semesta alam, pencipta segala sesuatu yang ada dari ketiadaan,
tak ada akal yang mampu menjangkau kesempurnaan-Nya dan tak ada mustahil
bagi-Nya, Dialah Tuhan pemberi cinta pada hamba-Nya, yang dengan cinta-Nya kita
mampu saling mengasihi, dengan limpahan rahmat, hidayah, umur, kesehatan dan
nikmat iman dan ilmu sehingga penulis dapat menyelesaikan buku yang berjudul “Kumpulan Media/Alat Pembelajaran di dalam Kelas”
Salam dan
Shalawat kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW, yang darinya kita mampu untuk
belajar melihat kesempurnaan dari seorang manusia, teladan yang mampu membawa
umatnya merobohkan tembok kokoh kebodohan, menembus dimensi peradaban, sang
pembawa ajaran kebenaran. Semoga keluarga, sahabat, dan umatnya tetap limpahan
rahmatnya. Amin.
Penulis mengucapkan banyak terimah kasih kepada semua pihak yang
telah membantu dalam menyelesaikan buku ini. Terutama kepada kepala sekolah dan
teman-teman SDN. 120 Berru yang memberikan arahan dan bimbingan demi pencapaian
yang hasil maksimal.
Penulis menyadari, dalam buku
ini belum sepenuhnya sempurna .maka dari itu dengan segala kerendahan hati,
penulis mengucapkan pada para pembaca untuk memberikan kritik maupun saran yang
bersifat konstruktif (membangun) demi perbaikan selanjutnya.
Akhir kata, penulis mengharapkan semoga buku ini bermanfaat bagi
pembaca.
Berru, Maret 2016
Penulis
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
v Nama
media/alat pembelajaran : Pengukur
kekuatan dan bentuk tali
v Alat
dan Bahan
-
Benang wol
-
Nilon
-
Tasi
-
Tali rumput
jepang
-
Lilin
-
Korek gas
v Deskripsi
Pengukur kekuatan dan bentuk tali ini
dibuat sebagai media/alat pembelajaran didalam kelas. Pembuatannya pun cukup
sederhana dengan menggunakan beberapa tali sebagai uji coba dan lilin yang
sudah dinyalakan. Media ini berfungsi untuk mengetahui kekuatan tali dan
bentuk-bentuk tali setelah dibakar. Alat peraga ini dibuat di dalam kelas.dan
mampu meningkatkan prestasi belajar
siswa di kelas terutama pada mata pelajaran IPA.
v
Cara
kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
|
Deskripsi/langkah
kerja
|
Alat dan bahan sudah
tersedia.
-
Benang wol
-
Nilon
-
Tasi
-
Tali rumput
jepang
-
Lilin
-
Korek gas
|
|
Ambillah lilin dan
nyalakan dengan menggunakan korek api. Kemudian beberapa tali benang wol,
nilon, tasi, tali rumput jepang dibakar satu persatu. Ini untuk bisa
mengetahui kekuatan pada tali dan bentuk-bentuk tali setelah dibakar.
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
v Nama
media/alat pembelajaran : Jenis dan
sifat bangun datar
v Alat
dan Bahan
-
Tripleks bekas -
Spidol merah dan hitam
-
Magnet
-
Kardus
-
Kertas pelangi
v Cara
kerja
-
Pertama-tama
membentuk triplek ukuran 1 x 1 meter
-
Membuat pola
penempatan bangun datar di dalam tripleks.
-
Membuat bangun
datar dari kardus bekas. Seperti persegi, belah ketupat, layang-layang dll.
Kemudian dbungkus dengan kertas pelangi.
-
Setelah itu
menempelkan bangun datar dari dos
menggunakan baut agar tidak jatuh.
Ini
juga dapat berfungsi sebagai alat simetri putar.
-
Kemudian
ditulislah sifat dan jenis bangun datar kemudian dilem menggunakan magnet.
-
Alhasil, jadilah
hasil karya yang sangat memuaskan
v Deskripsi
Jenis dan sifat bangun datar ini terbuat
dari tripleks bekas. Selain media yang unik juga sangat membantu siswa dalam
mengetahui jenis dan sifat bangun datar. Alat peraga ini dibuat di dalam
kelas.dan mampu meningkatkan prestasi belajar
siswa di kelas
v Cara
kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
|
Deskripsi/langkah
kerja
|
Alat dan bahan sudah tersedia.
-
Tripleks bekas -
Spidol merah dan hitam
-
Magnet
-
Kardus
-
Kertas pelangi
-
|
|
-
Membuat pola
penempatan bangun datar di dalam tripleks.
-
Membuat bangun
datar dari kardus bekas. Seperti persegi, belah ketupat, layang-layang dll.
Kemudian dbungkus dengan kertas pelangi.
|
|
-
Setelah itu
menempelkan bangun datar dari dos
menggunakan baut agar tidak jatuh.
Ini
juga dapat berfungsi sebagai alat simetri putar.
|
|
-
Kemudian
ditulislah sifat dan jenis bangun datar kemudian dilem menggunakan magnet.
-
|
|
-
Alhasil,
jadilah hasil karya yang sangat memuaskan
|
v
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
v Nama
media/alat pembelajaran : Pengukur
Tekanan Air
v Alat
dan Bahan
-
Botol akua 350
ml
-
Selang ukuran
setengah meter
-
Gelas
plastik/kaca
-
Plastisin
v Deskripsi
Pengukur tekanan air berfungsi mengukur
tekanan air. Tekanan air bermanfaat sebagai media dan alat pembelajaran di
sekolah. Jika botol yang ditekan air akan naik melalui selang ke tempat yang
lain. Alat peraga ini dibuat di dalam kelas.dan mampu meningkatkan prestasi
belajar siswa di kelas
v Cara
kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
|
Deskripsi/langkah
kerja
|
Alat dan bahan sudah
tersedia.
-
Botol akua 350
ml
-
Selang ukuran
setengah meter
-
Gelas
plastik/kaca
-
Plastisin
|
|
Ambillah plastisin
kemudian bentuk sesuai dengan tutup botol yang tersedia. Lubangi plastisin
ditengahnya agar selang bisa masuk kedalam botol. Selanjutnya isi terlebih
dahulu air kedalam botol kira kira ½ dari isi botol Setelah itu tutuplah
botol tersebut menggunakan plastisin.
|
|
Setelah ditutup
pencetlah atau tekan botol di bagian
tengah agar air bisa keluar. Inilah alat pengukur tekanan air
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
v Nama
media/alat pembelajaran : Poster
Laporan Pengamatan
v Alat
dan Bahan
-
Gunting
-
Karton manila
-
Spidol
v Cara
kerja Alat
-
Pertama-tama menulis
laporan pengamatan di dalam karton manila
-
Laporan
pengamatan berdasarkan aktivitas di dalam kelas.
-
Jadilah hasil
karyamu
v Deskripsi
Laporan pengamatan yang dibuat ini berfungsi sebagai
media atau alat pembelajaran guru kepada siswanya. Laporan ini berdasarkan
aktivitas kegiatan di sekolah.ataupun di dalam kelas pada waktu yang telah
ditentukan
Lampiran foto
|
1
|
|
2
|
|
3
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
v Nama
Media/alat Pembelajaran : Gasing 5
Warna
v Alat
dan Bahan
-
Dos bekas
-
Gunting - pensil,
-
Benang / tasi - kertas 5 warna.
Merah,kuning, hijau, biru, biru muda
v Cara
kerja Alat
-
Pertama-tama Dos bekas dibuat lingkaran. Ukuran diameter
kira-kira 3,5 meter
-
Kertas yang
sudah disiapkan digunting 1/5 lingkaran
sebanyak 5 warna menjadi satu lingkaran
-
Setelah
digunting menjadi beberapa potong ditempelkan/dilem ke lingkaran dengan 5 warna tersebut
-
Lubangi lah 2
buah di dekat pusat lingkaran. Ini berfungsi sebagai tempat benang/tasi sebagai
perpuataran gasing tersebut
-
Jadilah gasing 5
warna .
Deskripsi
Gasing 5 warna
berfungsi untuk mengamati warna yang ada. Apabila gasing tersebut berputar
dengan kencang maka akan terjadi penguraian warna menjadi satu yaitu berwarna
putih. Pembuatan gasing ini cukup sederhana menggunakan dos bekas dan kertas
berwarna-warni. Alat peraga ini dibuat di dalam
kelas.dan mampu meningkatkan prestasi belajar
siswa di kelas
Lampiran Foto :
Aktivitas gambar
|
Deskripsi/langkah
kerja
|
Alat dan bahan sudah tersedia
|
|
Dos yang sudah dibuat
lingkaran.kemudian diberi garis vertikal dan horisontal dengan menggunakan
pensil
|
|
Kertas berwarna
dipotomg masing-masing menjadi 5 bagian atau 1/5 bagian.
|
|
Kemudian potongan
tersebut di lem/ ditempelkan di lingkaran tadi. Cara penyusunan kertas
berwarna diatur berselang seling.
|
|
Setelah semuanya
dilem timbal balik. Kemudian di lubangi 2 buah di dekat diameter dan di
berikan benang/tasi. Ukuran tali/tasi tersebut kira-kira 20 cm.
|
|
Jadilah hasil karya
gasing 5 warnah. Untuk mengetahu penguraian warna maka kita putar gasing itu
sekencang-kencangnya. Hasilnya warna yang dulunya merah,hijau biru dan
kunigng berubah menjadi warna putih.
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
v Nama
media/alat pembelajaran : Bangun Ruang
(Power Point)
v Alat
dan Bahan
-
Leptop - Aplikasi Power Point
-
Referensi Buku
-
LCD
v Deskripsi
Bangun ruang terbuat aplikasi leptop
yang referensi nya dari berbagai buku. Bangun ruang ini bermanfaat bagi anak
murid. Diantaranya ,melihat langsung dan melakukan sendiri dengan media ini
dibuat di dalam kelas dan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas terutama pada mata pelajaran
Matematika.
v Cara
kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
|
Deskripsi/langkah
kerja
|
Menyiapkan alat dan
bahan sudah tersedia.
-
Leptop - Aplikasi Poer Point
-
Referensi Buku
-
LCD
|
|
Menulis/mengetik sifat-sifat
bangun ruang.
|
|
Hasil karya media
pembelajaran lewat microsoft office power point sudah jadi dan siap untuk
diajarkan oleh anak-anak.
|
r MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
v Nama
media/alat pembelajaran : Unsur-unsur
cerita (Power Point)
v Alat
dan Bahan
-
Leptop - Aplikasi Power Point
-
Referensi Buku
-
LCD
v Deskripsi
Unsur-unsur cerita terbuat aplikasi
leptop yang referensi nya dari berbagai buku. media ini bermanfaat bagi anak
murid. Diantaranya ,melihat langsung gambarnya seperti tokoh-tokoh,watak,tema,
judul dan amanat. Alat peraga ini dibuat
di dalam kelas dan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas terutama pada mata pelajaran
Bhs. Indonesia.
v Cara
kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
|
Deskripsi/langkah
kerja
|
Menyiapkan alat dan
bahan sudah tersedia.
-
Leptop - Aplikasi Poer Point
-
Referensi Buku
-
LCD
. Menulis/mengetik
sifat-sifat bangun ruang
|
|
.Hasil karya media pembelajaran
lewat microsoft office power point sudah jadi dan siap untuk diajarkan oleh
anak-anak.
|
r MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
v Nama
media/alat pembelajaran : Penggunaan
Kata Depan
v Alat
dan Bahan
-
Leptop - Aplikasi Poer Point
-
Referensi Buku
-
LCD
v Deskripsi
Penggunaan kata depan terbuat aplikasi leptop yang referensi nya
dari berbagai buku. media ini bermanfaat bagi anak murid. Diantaranya ,melihat
langsung penggunaan kata depan dan Alat
peraga ini dibuat di dalam kelas dan mampu meningkatkan prestasi
belajar siswa di kelas terutama pada
mata pelajaran Bhs. Indonesia.
v Cara
kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
|
Deskripsi/langkah
kerja
|
Menyiapkan alat dan
bahan sudah tersedia.
-
Leptop - Aplikasi Poer Point
-
Referensi Buku
-
LCD
. Menulis/mengetik unsur-unsur
Penggunaan kata depan (pre Posisi)
|
|
.Hasil karya media
pembelajaran lewat microsoft office power point sudah jadi dan siap untuk
diajarkan oleh anak-anak.
|
MEDIA
/ ALAT PEMBELJARAN
v Nama
media/alat pembelajaran : Kata Tanya
Dalam Wawancara
v Alat
dan Bahan
-
Leptop - Aplikasi Power Point
-
Referensi Buku
-
LCD
v Deskripsi
Kata tanya dalam wawancara terbuat aplikasi leptop yang referensi nya
dari berbagai buku. media ini bermanfaat bagi anak murid. Diantaranya ,melihat
langsung penggunaan kata tanya dalam wawancara dan Alat
peraga ini dibuat di dalam kelas dan mampu meningkatkan prestasi
belajar siswa di kelas terutama pada
mata pelajaran Bhs. Indonesia.
v Cara
kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
|
Deskripsi/langkah
kerja
|
Menyiapkan alat dan
bahan sudah tersedia.
-
Leptop - Aplikasi Poer Point
-
Referensi Buku
-
LCD
. Menulis/mengetik didalam
leptop menggunakan aplikasi power point yakni kata tanya dalam wawancara
|
|
.Hasil karya media
pembelajaran lewat microsoft office power point sudah jadi dan siap untuk
diajarkan kepada anak-anak.
|
MEDIA
/ ALAT PEMBELAJARAN
v Nama
media/alat pembelajaran : Membaca
Puisi
v Alat
dan Bahan
-
Leptop - Aplikasi Power Point
-
Referensi Buku
-
LCD
v Deskripsi
Membaca puis terbuat aplikasi leptop yang referensi nya
dari berbagai buku. media ini bermanfaat bagi anak murid. Diantaranya ,melihat
langsung cara membaca puisi dengan baik. Dan
media ini dibuat di dalam kelas dan mampu meningkatkan prestasi
belajar siswa di kelas terutama pada
mata pelajaran Bhs. Indonesia.
v Cara
kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
|
Deskripsi/langkah
kerja
|
Menyiapkan alat dan
bahan sudah tersedia.
-
Leptop - Aplikasi Power
Point
-
Referensi Buku
-
LCD
. Menulis/mengetik
didalam leptop menggunakan aplikasi power point yakni membaca puisi
|
|
.Hasil karya media
pembelajaran lewat microsoft office power point sudah jadi dan siap untuk
diajarkan kepada anak-anak.
|
MEDIA
/ ALAT PEMBELJARAN
v Nama
media/alat pembelajaran : Fungsi huruf
kapital
v Alat
dan Bahan
-
Leptop - Aplikasi Power Point
-
Referensi Buku
-
LCD
v Deskripsi
Fungsi huruf kapital terbuat aplikasi leptop yang referensi nya
dari berbagai buku. media ini bermanfaat bagi anak murid. Diantaranya ,melihat
langsung penggunaan fungsi huruf kapital. Dan
media ini dibuat di dalam kelas dan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas terutama pada mata pelajaran
Bhs. Indonesia.
v Cara
kerja alat dan foto
Aktivitas gambar
|
Deskripsi/langkah
kerja
|
Menyiapkan alat dan
bahan sudah tersedia.
-
Leptop - Aplikasi Power
Point
-
Referensi Buku
-
LCD
. Menulis/mengetik
didalam leptop menggunakan aplikasi power point yakni fungsi huruf kapital
|
|
.Hasil karya media
pembelajaran lewat microsoft office power point sudah jadi dan siap untuk
diajarkan kepada anak-anak.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar