Minggu, 20 Maret 2016

LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI

LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI


 









NAMA GURU     : FIRMANSYAH, S.Pd
NIP                       : 19861210 201001 1 019


DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SEKOLAH DASAR NEGERI 120 BERRU
KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG 
SULAWESI SELATAN
2015
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI


NAMA GURU     : FIRMANSYAH, S.Pd
NIP                       : 19861210 201001 1 019



Disahkan Oleh:          
Pengawas TK/SD Wil. V                                          Kepala SDN. 120 Berru



MUHAMMAD TAHIR, S.Pd                                  HADDA,S.Pd
Nip. 19670603 198808 1 002                                     Nip.19651231 198803 1 136
Mengesahkan,

Kepala UPT Dikmudora
Kec. Lilirilau Kab. Soppeng


H. MAHMUDDIN, S.Pd
     Nip. 19610307 198203 1 012


KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT semesta alam, pencipta segala sesuatu yang ada dari ketiadaan, tak ada akal yang mampu menjangkau kesempurnaan-Nya dan tak ada musatahil bagi-Nya, Dialah Tuhan pemberi cinta pada hamba-Nya, yang dengan cinta-Nya kita mampu saling mengasihi, dengan limpahan rahmat, hidayah, umur, kesehatan dan nikmat iman dan ilmu sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Pengembangan diri
Salam dan Shalawat kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW, yang darinya kita mampu untuk belajar melihat kesempurnaan dari seorang manusia, teladan yang mampu membawa umatnya merobohkan tembok kokoh kebodohan, menembus dimensi peradaban, sang pembawa ajaran kebenaran. Semoga keluarga, sahabat, dan umatnya tetap limpahan rahmatnya.
Taklupa penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga, Warga SDN. 197 Sadae, Warga  SDN. 120 Berru, Pengawas Wil. V Kec. Lilirilau Kab. Soppeng serta orang-orang terdekat  dalam menyelesaikan Laporan Pengembangan diri
kami mengharapkan semoga Laporan pengembangan Diri ini dijadikan acuan, pedoman dan referensi dalam semangat untuk bekerja dan  bermanfaat bagi penulis dan pembaca.
Watansoppeng,     April 2015
Penulis
DAFTAR ISI
                                                                                                          Halaman
HALAMAN JUDUL …………………………..……….…...………...      i
LEMBAR PENGESAHAN .................................................................       ii
KATA PENGANTAR ..........................................................................      vi
DAFTAR ISI ………………..……………….……………...………...       ix
DAFTAR LAMPIRAN ..........................................................................    xiv
BAB I               PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang …………..………….………………………..    1
B.     Tujuan ............... ......................................................................    2

BAB II  PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI
A.    Pengembangan Diri 1 ..............................................................     3
B.     Pengembangan Diri 2 ..............................................................     4
C.     Pengembangan Diri 3 ..............................................................     5
D.    Pengembangan Diri 4 ..............................................................     6
E.     Pengembangan Diri 5 ..............................................................     8
F.      Pengembangan Diri 6 ..............................................................     9
G.    Pengembangan Diri 7 ..............................................................     10
H.    Pengembangan Diri 8 ..............................................................     12
I.       Pengembangan Diri 9 ..............................................................     13
J.       Pengembangan Diri 10 ..............................................................   15
K.    Pengembangan Diri 11 ..............................................................   16
L.     Pengembangan Diri 12 ..............................................................   18
M.   Pengembangan Diri 13 ..............................................................   19
N.    Pengembangan Diri 14................................................................  20
O.    Pengembangan Diri 15 ..............................................................   22
P.      Pengembangan Diri 16 ..............................................................   23
Q.    Pengembangan Diri 17 ..............................................................   25
R.     Pengembangan Diri 18 ..............................................................   26

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan .........................................................................       28
B.     Saran  ..................................................................................       29
C.    Lampiran  ............................................................................       29

RIWAYAT HIDUP ...............................................................................      30















BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
            Guru sebagai Tenaga Pendidik Profesional adalah guru yang tidak hanya merasa puas dengan pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki. Seorang guru sebagai tenaga profesional hendaklah berusaha mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya sehingga layanan yang diberikan kepada peserta didik adalah layannan yang semakin berkualitas. Tugas seorang guru yang profesional tidak hanya dituntuk untuk memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas mengajar, mendidik, dan melatih peserta didik saja, melainkan juga harus melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
            Berbagai hal dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan keprofesionalismenya. Menurut Permeneg PAN dan RB no. 16 tahun 2009, seorang guru dapat melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui tiga komponen yaitu: 1) Melaksanakan Pengembang Diri, 2) melakukan publukasi ilmiah, 3) Menemukan dan Menciptakan karyah inovatif.
            Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan melaLui dua kegiatan yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. Semua kegiatan yang dilakukan oleh guru dikelompok kerja termasuk kedalam kolektif guru, sedangkan kegiatan lain diluar dari mkelompok kerja guru termasuk kedalam diklat fungsional.
            Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri atau kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan lainnya disamping akan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang guru , juga mendapat penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk perkembangan kariernya.
B.       Tujuan
Berdasarkan paparan diatas, pengembang diri dilakukan oleh penulis dengan tujuan :
a.       Mendapatkan pengetahuan dan ketempilan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta didik.
b.      Mengumpulkan angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat/jabatan setingkat lebih tinggi.











BAB II
PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI
Dalam kurung waktu April 2008 sampai Oktober 2015  penulis telah mengikuti 18 kegiatan pengembangan diri dengan rincian sebagai berikut:
A.    Pengembangan Diri I :
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 6 April 2008 yang bertempat di Restaurant Pualam (Pantai Losari Makassar)
2.      Jenis Kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada acara pelatihan “Pembuatan Media Pembelajaran”
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Cara membuat media pembelajaran yang efektif dan efisien.
b.      Menambah pengetahuan dan wawasan dalam membuat media pembelajaran
4.      Uraian materi
Materi utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah bagaimana cara membuat media yang ramah, murah, efektif dan efisien.



5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah penulis mencoba mempraktekkan didalam kelas dan diluar kelas membaut media pembelajaran
6.      Dampak pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Penulis menyadari banyaknya kesalahan yang sebelumnya telah dilakukan dalam membuat media pembelajaran yang begitu mahal
b.      Penulis kini mengetahui membuat media pembelajaran
B.     Pengembangan Diri 2 :
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 7 April 2008 yang bertempat di Restaurant Pualam (Pantai Losari Makassar) Selama 8 jam
2.      Jenis Kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada acara pelatihan “Penyusunan RPP”
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Cara membuat RPP Sesuai KTSP
b.      Menambah pengetahuan dan wawasan dalam membuat RPP Sesuai KTSP

4.      Uraian materi
Materi utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah bagaimana cara membuat RPP Sesuai KTSP
5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah penulis mencoba menulis dan mengembangkan cara membuat RPP Sesuai KTSP
6.      Dampak pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Penulis menyadari banyaknya kesalahan yang sebelumnya telah dilakukan dalam membuat RPP Sesuai KTSP
b.      Penulis kini mengetahui membuat RPP Sesuai KTSP
C.    Pengembangan Diri 3 :
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan KMD dilaksanakan pada tanggal 19-27 April 2008 selama 90 jam
2.      Jenis Kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada acara pelatihan “Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD)”
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Mengetahui teknik dasar di dalam pramuka
b.      Menambah pengetahuan dan wawasan dalam Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD)
4.      Uraian materi
Materi utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah teknik dasar dalam kepramukaan
5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah penulis mencoba mengembangkan di sekolah dengan mengadakan kegiatan Ekstrakurikuler.
6.      Dampak pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Penulis menyadari banyaknya kesalahan yang sebelumnya telah dilakukan dalam membina pramuka
b.      Penulis kini mengetahui membina pramuka dengan baik
D.    Pengembangan Diri 4
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20-28 Februari 2009 di Benteng Somba Opu Kab. Gowa selama 109 jampel
2.      Jenis Kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada acara pelatihan “Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) ”
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
c.       Mengetahui teknik lanjutan di dalam pramuka khusunya golongan penggalang
d.      Menambah pengetahuan dan wawasan dalam Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML)
4.      Uraian materi
Materi utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah teknik penggalang dalam kepramukaan
5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah penulis mencoba mengembangkan di sekolah dengan mengadakan kegiatan Ekstrakurikuler.
6.      Dampak pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Penulis menyadari banyaknya kesalahan yang sebelumnya telah dilakukan dalam membina pramuka
b.      Penulis kini mengetahui membina pramuka dengan baik



E.     Pengembangan Diri 5
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 29 Maret – 1 April 2009 di SMK 5 Makassar.
2.      Jenis Kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada acara pelatihan “Penyusunan Komponen Karya Pengembangan Profesi dalam Portopolio Sertifikasi Guru”
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Mengetahui cara  Penyusunan Komponen Karya Pengembangan Profesi dalam Portopolio Sertifikasi Guru
b.      Menambah pengetahuan dan wawasan dalam Penyusunan Komponen Karya Pengembangan Profesi dalam Portopolio Sertifikasi Guru
4.      Uraian materi
Materi utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah Penyusunan Komponen Karya Pengembangan Profesi dalam Portopolio Sertifikasi Guru
5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah penulis mencoba mengembangkan di sekolah Penyusunan Komponen Karya Pengembangan Profesi dalam Portopolio Sertifikasi Guru

6.      Dampak pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Penulis menyadari banyaknya kesalahan yang sebelumnya telah dilakukan dalam Penyusunan Komponen Karya Pengembangan Profesi dalam Portopolio Sertifikasi Guru
b.      Penulis kini mengetahui cara Penyusunan Komponen Karya Pengembangan Profesi dalam Portopolio Sertifikasi Guru
F.     Pengembangan Diri 6
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2010-2011 selama 32 jam
2.      Jenis kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok Kerja Guru Gugus 29 Wilayah III  Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng .
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Berbagi informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan  yang didapat saat mengajar dikelas.
b.      Berbagi informasi tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan PAKEM.
c.       Saling bertukar pikiran dalam pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester
4.      Uraian Materi
Materi utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester. 
5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan kegiatan PBM di dalam kelas.
6.      Dampak pengembangan diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Wawasan penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b.      Memudahkan penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester karena pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja guru.
G.    Pengembangan Diri 7
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 31 Januari- 2 Februari 2011 selama 30 jam.

2.      Jenis kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu Guru SD se Wil. III Gugus 23 Kec. Donri-Donri Kab. Soppeng.
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Mengetahui cara menelaah KTSP
b.      Mengetahui teknik-teknik penilaian
c.       Mengetahui penyusunan silabus yang baik dan benar
d.      Uraian Materi
4.      Materi utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah pengertian KTSP, teknik penilaian dan penyusunan silabus yang baik dan benar.
5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan kegiatan PBM di dalam kelas dan menerapkan di sekolah cara menlaah KTSP,Teknik penilaian dan  penyusunan silabus yang baik dan benar.
6.      Dampak pengembangan diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Wawasan penulis tentang materi tersebut bertambah
b.      Memudahkan penulis dalam melakukan penilaian dan penyusunan silabus.
H.    Pengembangan Diri 8
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2010-2011 selama 32 jam.
2.      Jenis kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok Kerja Guru Gugus 29 Wilayah III  Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng .
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Berbagi informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan  yang didapat saat mengajar dikelas.
b.      Melakukan kegiatan mandiri didalam kelas, dengan menyusun soal-soal, pleno soal-soal semester genap.
4.      Uraian Materi
Materi utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester genap




5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan kegiatan PBM di dalam kelas.
6.      Dampak pengembangan diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Wawasan penulis tentang materi bertambah
b.      Memudahkan penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester genap karena pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja guru.
I.       Pengembangan Diri 9
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2011-2012 selama 32 jam
2.      Jenis kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok Kerja Guru Gugus 29 Wilayah III  Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng .
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Berbagi informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan  yang didapat saat mengajar dikelas.
b.      Berbagi informasi tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang sesuai metode yang tepat
c.       Saling bertukar pikiran dalam pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester ganjil
4.      Uraian Materi
Materi utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester ganjil.
5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan kegiatan PBM di dalam kelas.
6.      Dampak pengembangan diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Wawasan penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b.      Memudahkan penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester karena pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja guru.

J.      Pengembangan Diri 10
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2011-2012, selama 32 jam
2.      Jenis kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok Kerja Guru Gugus 29 Wilayah III  Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng .
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
-          Berbagi informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan  yang didapat saat mengajar dikelas.
-          Berbagi informasi tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang sesuai metode perkembangan zaman
-          Saling bertukar pikiran dalam pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester genap
4.      Uraian Materi
Materi utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester genap



5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan kegiatan PBM di dalam kelas.
6.      Dampak pengembangan diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Wawasan penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b.      Memudahkan penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester karena pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja guru.
K.    Pengembangan Diri 11
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2012-2013 selama 32 jam
2.      Jenis kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok Kerja Guru Gugus 29 Wilayah III  Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng .
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:

a.       Berbagi informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan  yang didapat saat mengajar dikelas.
b.      Berbagi informasi tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang kondusif.
c.       Saling bertukar pikiran dalam pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester
4.      Uraian Materi
Materi utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester. 
5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan kegiatan PBM di dalam kelas.
6.      Dampak pengembangan diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Wawasan penulis tentang materi bertambah
b.      Memudahkan penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester karena pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja guru.


L.     Pengembangan Diri 12
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2012-2013 selama 32 jam
2.      Jenis kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok Kerja Guru Gugus 29 Wilayah III  Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng .
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Berbagi informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan  yang didapat saat mengajar dikelas.
b.      Berbagi informasi tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan PAKEM.
c.       Saling bertukar pikiran dalam pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester
4.      Uraian Materi
Materi utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester. 



5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan kegiatan PBM di dalam kelas.
6.      Dampak pengembangan diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Wawasan penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b.      Memudahkan penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester karena pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja guru.
M.   Pengembangan Diri 13
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 21-24 Oktober 2013 selaama 32 Jam
2.      Jenis kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Pelatihan Metode Cara Cepat Belajar Membaca.
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Mengetahui cara mengajar dengan menggunakan metode pengajaran yang tepat belajar membaca

4.      Uraian Materi
Materi utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah cara mengajarkan siswa dengan metode pengajaran yang tepat belajar membaca.
5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba menerapkan informasi yang diperoleh dalam kelas dengan metode pengajaran yang tepat belajar membaca, agar siswa yang belum mampu belajar membaca dapat membaca.
6.      Dampak pengembangan diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Wawasan penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b.      Memudahkan penulis dalam mengajarkan siswa-siswinya didalam kelas dengan metode yang tepat.
N.    Pengembangan Diri 14
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2013/2014 selama 100 jam.
2.      Jenis kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok Kerja Guru Gugus 24 Wilayah V  Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng..
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Berbagi informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan  yang didapat saat mengajar dikelas.
b.      Berbagi informasi tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan PAKEM.
c.       Saling bertukar pikiran dalam pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester ganjil
4.      Uraian Materi
Materi utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester. 
5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan kegiatan PBM di dalam kelas.
6.      Dampak pengembangan diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Wawasan penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b.      Memudahkan penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester karena pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja guru.
O.    Pengembangan Diri 15
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2013/2014 selama 100 jam.
2.      Jenis kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok Kerja Guru Gugus 24 Wilayah V  Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng..
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Berbagi informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan  yang didapat saat mengajar dikelas.
b.      Berbagi informasi tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan PAKEM.
c.       Saling bertukar pikiran dalam pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester genap
4.      Uraian Materi
Materi utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester. 
5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan kegiatan PBM di dalam kelas.
6.      Dampak pengembangan diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Wawasan penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b.      Memudahkan penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester karena pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja guru.
P.     Pengembangan Diri 16
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18-22 Juni di SMPN. 3 Watansoppeng selama 52 jam.
2.      Jenis kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan pelatihan diklat Kurikulum 2013.
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Mengetahui struktur kurikulum 2013
b.      Berbagi informasi tentang metode, teknik penilaian, dan cara penyusunan RPP
c.       Cara mengajar yang baik dengan memakai sistem tematik kurikulum 2013
4.      Uraian Materi
Materi utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah konsep K.13, Perancangan, Pembelajaran dan Penilaian, dan Praktik Pembelajaran Terbimbing,
5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba menerapkan informasi yang diperoleh dalam diklat K.13  yang berhubungan dengan kegiatan PBM di dalam kelas. Menggunakan berbagai metode dan teknik mengajar di dalam kelas yang berhubungan dengan K. 13
6.      Dampak pengembangan diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Wawasan penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b.      Memudahkan penulis dalam menyusun RPP, cara mengajar yang tepat, dan teknik penilaian.


Q.    Pengembangan Diri 17
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dimulai tanggal 22-24 Desember 2014 bertempat di SDN 120 Berru, kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Selama 32 jam
2.      Jenis Kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukna adalah menjadi peserta deseminasi pelatihan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (Pakem) jenjang SD/MI
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengambangan diri ini adalah:
a.       Mengetahui apa itu PAKEM dan bagaimana cara menerapkannya pada peserta didik.
b.      Mengetahui bagaimana menyusun perangkat pembelajaran yang mengarah pada PAKEM .
4.      Uraian Materi
Materi utama yang diberikan pada pelatihan ini adalah bagaimana menerapkan pembelajaran Aktif, Kreatif ,Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dalam pembelajaran sehingga memudahkan peserta didik dalam menyerap materi yang diberikan oleh guru.
5.      Tindak lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah penulis mencoba untuk menerapkan dalam PBM materi atau pemahaman yang diterima selama pelatihan.
6.      Dampak Pengembangan Diri
Adapun dampak yang peulis rasakan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Penulis kini mengetahui langkah-langkah yang dilakukan untuk menciptakan pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM)
b.      Sebagai pendidik penulis kini mengetahui bagaimna cara menyusun perangkat pembelajaran yang mengarah pada pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).
R.    Pengembangan Diri 18
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2014/2015 selama 100 jam.
2.      Jenis kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok Kerja Guru Gugus 24 Wilayah V  Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng..
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Berbagi informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan  yang didapat saat mengajar dikelas.
d.      Berbagi informasi tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan PAKEM.
e.       Saling bertukar pikiran dalam pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester ganjil
4.      Uraian Materi
Materi utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester. 
5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan kegiatan PBM di dalam kelas.
6.      Dampak pengembangan diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Wawasan penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b.      Memudahkan penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester karena pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja guru.




BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Kegiatan pengembangan diri adalah kegiatan yang dilakukan seorang guru untuk meningkatkan dirinya menjadi seorang guru yang profesional kegiatan-kegiatan pengembangan diri yang penulis pernah ikuti adalah :
1.     Pelatihan Media Pembelajaran
2.     Penyusunan RPP
3.     KMD Pramuka
4.     KML Pramuka
5.     Penyusunan portopolio
6.     KKG
7.     Pelatihan Peningkatan Mutu Pendidikan
8.     PelatihaN Cara Cepat Membaca
9.     Diklat k. 13
10.                      Pelatihan PAKEM



B.   Saran
Saran yang penulis ingin sampaikan adalah :
a.     Diharapkan para guru untuk selalu melatih  dan mengembangkan kualitas dirinya menuju keprofesionalisme seorang guru. Seperti mengikuti KKG, Pelatihan-pelatihan pendidikan dll
b.     Diharapkan guru menerapkan dan mengaplikasikan ilmunya dalam kegiatan baik didalam kelas maupun di luar kelas.

C.    Lampiran









Tidak ada komentar:

Posting Komentar