LAPORAN
PENGEMBANGAN DIRI
NAMA GURU :
FIRMANSYAH, S.Pd
NIP :
19861210 201001 1 019
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SEKOLAH DASAR NEGERI 120 BERRU
KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG
SULAWESI SELATAN
2015
LAPORAN PENGEMBANGAN
DIRI
NAMA GURU :
FIRMANSYAH, S.Pd
NIP :
19861210 201001 1 019
Disahkan
Oleh:
Pengawas TK/SD Wil. V Kepala
SDN. 120 Berru
MUHAMMAD TAHIR, S.Pd HADDA,S.Pd
Nip. 19670603 198808 1 002 Nip.19651231
198803 1 136
Mengesahkan,
Kepala UPT
Dikmudora
Kec. Lilirilau
Kab. Soppeng
H. MAHMUDDIN, S.Pd
Nip. 19610307 198203 1
012
KATA PENGANTAR
Segala
puji bagi Allah SWT semesta alam, pencipta segala sesuatu yang ada dari
ketiadaan, tak ada akal yang mampu menjangkau kesempurnaan-Nya dan tak ada
musatahil bagi-Nya, Dialah Tuhan pemberi cinta pada hamba-Nya, yang dengan
cinta-Nya kita mampu saling mengasihi, dengan limpahan rahmat, hidayah, umur,
kesehatan dan nikmat iman dan ilmu sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan
Pengembangan diri
Salam
dan Shalawat kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW, yang darinya kita mampu
untuk belajar melihat kesempurnaan dari seorang manusia, teladan yang mampu
membawa umatnya merobohkan tembok kokoh kebodohan, menembus dimensi peradaban,
sang pembawa ajaran kebenaran. Semoga keluarga, sahabat, dan umatnya tetap
limpahan rahmatnya.
Taklupa penulis
mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga, Warga SDN. 197 Sadae,
Warga SDN. 120 Berru, Pengawas Wil. V
Kec. Lilirilau Kab. Soppeng serta orang-orang terdekat dalam menyelesaikan Laporan
Pengembangan diri
kami mengharapkan
semoga Laporan pengembangan Diri ini dijadikan acuan, pedoman dan referensi
dalam semangat untuk bekerja dan bermanfaat
bagi penulis dan pembaca.
Watansoppeng, April 2015
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL …………………………..……….…...………... i
LEMBAR PENGESAHAN ................................................................. ii
KATA
PENGANTAR
.......................................................................... vi
DAFTAR ISI ………………..……………….……………...………... ix
DAFTAR LAMPIRAN .......................................................................... xiv
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang …………..………….……………………….. 1
B.
Tujuan
...............
...................................................................... 2
BAB II PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI
A. Pengembangan
Diri 1 .............................................................. 3
B. Pengembangan
Diri 2 .............................................................. 4
C. Pengembangan
Diri 3 .............................................................. 5
D. Pengembangan
Diri 4 .............................................................. 6
E. Pengembangan
Diri 5 .............................................................. 8
F. Pengembangan
Diri 6 .............................................................. 9
G. Pengembangan
Diri 7 .............................................................. 10
H. Pengembangan
Diri 8 .............................................................. 12
I. Pengembangan
Diri 9 .............................................................. 13
J. Pengembangan
Diri 10 .............................................................. 15
K. Pengembangan
Diri 11 .............................................................. 16
L. Pengembangan
Diri 12 .............................................................. 18
M. Pengembangan
Diri 13 .............................................................. 19
N. Pengembangan
Diri 14................................................................ 20
O. Pengembangan
Diri 15 .............................................................. 22
P. Pengembangan
Diri 16 .............................................................. 23
Q. Pengembangan
Diri 17 .............................................................. 25
R. Pengembangan
Diri 18 .............................................................. 26
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan
......................................................................... 28
B.
Saran .................................................................................. 29
C.
Lampiran
............................................................................ 29
RIWAYAT HIDUP ............................................................................... 30
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Guru sebagai Tenaga Pendidik
Profesional adalah guru yang tidak hanya merasa puas dengan pengetahuan dan
keterampilan yang telah dimiliki. Seorang guru sebagai tenaga profesional
hendaklah berusaha mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya sehingga layanan
yang diberikan kepada peserta didik adalah layannan yang semakin berkualitas.
Tugas seorang guru yang profesional tidak hanya dituntuk untuk memiliki kinerja
yang baik dalam melaksanakan tugas mengajar, mendidik, dan melatih peserta
didik saja, melainkan juga harus melakukan pengembangan keprofesian
berkelanjutan.
Berbagai hal dapat dilakukan oleh
guru untuk meningkatkan keprofesionalismenya. Menurut Permeneg PAN dan RB no.
16 tahun 2009, seorang guru dapat melakukan kegiatan pengembangan keprofesian
berkelanjutan melalui tiga komponen yaitu: 1) Melaksanakan Pengembang Diri, 2)
melakukan publukasi ilmiah, 3) Menemukan dan Menciptakan karyah inovatif.
Kegiatan pengembangan diri dapat
dilakukan melaLui dua kegiatan yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif
guru. Semua kegiatan yang dilakukan oleh guru dikelompok kerja termasuk kedalam
kolektif guru, sedangkan kegiatan lain diluar dari mkelompok kerja guru
termasuk kedalam diklat fungsional.
Seorang guru yang melaksanakan
pengembangan diri atau kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan lainnya
disamping akan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang
guru , juga mendapat penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk
perkembangan kariernya.
B. Tujuan
Berdasarkan paparan
diatas, pengembang diri dilakukan oleh penulis dengan tujuan :
a. Mendapatkan
pengetahuan dan ketempilan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada
peserta didik.
b. Mengumpulkan
angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat/jabatan setingkat lebih
tinggi.
BAB II
PELAKSANAAN
PENGEMBANGAN DIRI
Dalam
kurung waktu April 2008 sampai Oktober 2015 penulis telah mengikuti 18 kegiatan
pengembangan diri dengan rincian sebagai berikut:
A.
Pengembangan
Diri I :
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan pada tanggal 6 April 2008 yang bertempat di Restaurant Pualam
(Pantai Losari Makassar)
2. Jenis
Kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada acara pelatihan “Pembuatan
Media Pembelajaran”
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Cara
membuat media pembelajaran yang efektif dan efisien.
b. Menambah
pengetahuan dan wawasan dalam membuat media pembelajaran
4. Uraian
materi
Materi
utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah bagaimana cara membuat media
yang ramah, murah, efektif dan efisien.
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah penulis mencoba
mempraktekkan didalam kelas dan diluar kelas membaut media pembelajaran
6. Dampak
pengembangan Diri
Adapun
dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Penulis
menyadari banyaknya kesalahan yang sebelumnya telah dilakukan dalam membuat
media pembelajaran yang begitu mahal
b. Penulis
kini mengetahui membuat media pembelajaran
B.
Pengembangan
Diri 2 :
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan pada tanggal 7 April 2008 yang bertempat di Restaurant Pualam
(Pantai Losari Makassar) Selama 8 jam
2. Jenis
Kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada acara pelatihan
“Penyusunan RPP”
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Cara
membuat RPP Sesuai KTSP
b. Menambah
pengetahuan dan wawasan dalam membuat RPP Sesuai KTSP
4. Uraian
materi
Materi
utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah bagaimana cara membuat RPP
Sesuai KTSP
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah penulis mencoba
menulis dan mengembangkan cara membuat RPP Sesuai KTSP
6. Dampak
pengembangan Diri
Adapun
dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Penulis
menyadari banyaknya kesalahan yang sebelumnya telah dilakukan dalam membuat RPP
Sesuai KTSP
b. Penulis
kini mengetahui membuat RPP Sesuai KTSP
C.
Pengembangan
Diri 3 :
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
KMD dilaksanakan pada tanggal 19-27 April 2008 selama 90 jam
2. Jenis
Kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada acara pelatihan
“Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD)”
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Mengetahui
teknik dasar di dalam pramuka
b. Menambah
pengetahuan dan wawasan dalam Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD)
4. Uraian
materi
Materi
utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah teknik dasar dalam kepramukaan
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah penulis mencoba
mengembangkan di sekolah dengan mengadakan kegiatan Ekstrakurikuler.
6. Dampak
pengembangan Diri
Adapun
dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Penulis
menyadari banyaknya kesalahan yang sebelumnya telah dilakukan dalam membina
pramuka
b. Penulis
kini mengetahui membina pramuka dengan baik
D.
Pengembangan
Diri 4
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan pada tanggal 20-28 Februari 2009 di Benteng Somba Opu Kab. Gowa
selama 109 jampel
2. Jenis
Kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada acara pelatihan
“Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) ”
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
c. Mengetahui
teknik lanjutan di dalam pramuka khusunya golongan penggalang
d. Menambah
pengetahuan dan wawasan dalam Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan
(KML)
4. Uraian
materi
Materi
utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah teknik penggalang dalam
kepramukaan
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah penulis mencoba
mengembangkan di sekolah dengan mengadakan kegiatan Ekstrakurikuler.
6. Dampak
pengembangan Diri
Adapun
dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Penulis
menyadari banyaknya kesalahan yang sebelumnya telah dilakukan dalam membina
pramuka
b. Penulis
kini mengetahui membina pramuka dengan baik
E.
Pengembangan
Diri 5
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan pada tanggal 29 Maret – 1 April 2009 di SMK 5 Makassar.
2. Jenis
Kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada acara pelatihan
“Penyusunan Komponen Karya Pengembangan Profesi dalam Portopolio Sertifikasi
Guru”
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Mengetahui
cara Penyusunan Komponen Karya
Pengembangan Profesi dalam Portopolio Sertifikasi Guru
b. Menambah
pengetahuan dan wawasan dalam Penyusunan Komponen Karya Pengembangan Profesi
dalam Portopolio Sertifikasi Guru
4. Uraian
materi
Materi utama yang
diberikan dalam pelatihan ini adalah Penyusunan Komponen Karya Pengembangan
Profesi dalam Portopolio Sertifikasi Guru
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah penulis mencoba
mengembangkan di sekolah Penyusunan Komponen Karya Pengembangan Profesi dalam
Portopolio Sertifikasi Guru
6. Dampak
pengembangan Diri
Adapun dampak yang
penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Penulis
menyadari banyaknya kesalahan yang sebelumnya telah dilakukan dalam Penyusunan
Komponen Karya Pengembangan Profesi dalam Portopolio Sertifikasi Guru
b. Penulis
kini mengetahui cara Penyusunan Komponen Karya Pengembangan Profesi dalam
Portopolio Sertifikasi Guru
F.
Pengembangan
Diri 6
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2010-2011 selama 32 jam
2. Jenis
kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok
Kerja Guru Gugus 29 Wilayah III Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng .
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Berbagi
informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan yang didapat saat mengajar dikelas.
b. Berbagi
informasi tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan
PAKEM.
c. Saling
bertukar pikiran dalam pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester
4. Uraian
Materi
Materi
utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi
atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan
soal semester.
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba
menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan
kegiatan PBM di dalam kelas.
6. Dampak
pengembangan diri
Adapun dampak yang
penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a. Wawasan
penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b. Memudahkan
penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester karena
pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja
guru.
G.
Pengembangan
Diri 7
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan pada tanggal 31 Januari- 2 Februari 2011 selama 30 jam.
2. Jenis
kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Pelatihan
Peningkatan Mutu Guru SD se Wil. III Gugus 23 Kec. Donri-Donri Kab. Soppeng.
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Mengetahui
cara menelaah KTSP
b. Mengetahui
teknik-teknik penilaian
c. Mengetahui
penyusunan silabus yang baik dan benar
d. Uraian
Materi
4. Materi
utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah pengertian KTSP, teknik
penilaian dan penyusunan silabus yang baik dan benar.
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba
menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan
kegiatan PBM di dalam kelas dan menerapkan di sekolah cara menlaah KTSP,Teknik
penilaian dan penyusunan silabus yang
baik dan benar.
6. Dampak
pengembangan diri
Adapun dampak yang
penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a. Wawasan
penulis tentang materi tersebut bertambah
b. Memudahkan
penulis dalam melakukan penilaian dan penyusunan silabus.
H.
Pengembangan
Diri 8
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran
2010-2011 selama 32 jam.
2. Jenis
kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok
Kerja Guru Gugus 29 Wilayah III
Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng .
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Berbagi
informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan yang didapat saat mengajar dikelas.
b. Melakukan
kegiatan mandiri didalam kelas, dengan menyusun soal-soal, pleno soal-soal
semester genap.
4. Uraian
Materi
Materi
utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi
atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan
soal semester genap
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba
menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan
kegiatan PBM di dalam kelas.
6. Dampak
pengembangan diri
Adapun dampak yang
penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a. Wawasan
penulis tentang materi bertambah
b. Memudahkan
penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester genap karena
pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja
guru.
I.
Pengembangan
Diri 9
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2011-2012 selama 32 jam
2. Jenis
kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok
Kerja Guru Gugus 29 Wilayah III
Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng .
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Berbagi
informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan yang didapat saat mengajar dikelas.
b. Berbagi
informasi tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang sesuai metode yang
tepat
c. Saling
bertukar pikiran dalam pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester ganjil
4. Uraian
Materi
Materi
utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi
atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan
soal semester ganjil.
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba
menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan
kegiatan PBM di dalam kelas.
6. Dampak
pengembangan diri
Adapun dampak yang
penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a. Wawasan
penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b. Memudahkan
penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester karena
pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja
guru.
J.
Pengembangan
Diri 10
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2011-2012, selama 32 jam
2. Jenis
kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok
Kerja Guru Gugus 29 Wilayah III
Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng .
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
-
Berbagi
informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan yang didapat saat mengajar dikelas.
-
Berbagi
informasi tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang sesuai metode
perkembangan zaman
-
Saling bertukar
pikiran dalam pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester genap
4. Uraian
Materi
Materi
utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi
atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan
soal semester genap
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba
menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan
kegiatan PBM di dalam kelas.
6. Dampak
pengembangan diri
Adapun dampak yang
penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a. Wawasan
penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b. Memudahkan
penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester karena
pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja
guru.
K.
Pengembangan
Diri 11
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2012-2013 selama 32 jam
2. Jenis
kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok
Kerja Guru Gugus 29 Wilayah III
Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng .
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Berbagi
informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan yang didapat saat mengajar dikelas.
b. Berbagi
informasi tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang kondusif.
c. Saling
bertukar pikiran dalam pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester
4. Uraian
Materi
Materi
utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi
atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan
soal semester.
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba
menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan
kegiatan PBM di dalam kelas.
6. Dampak
pengembangan diri
Adapun dampak yang
penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a. Wawasan
penulis tentang materi bertambah
b. Memudahkan
penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester karena
pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja
guru.
L.
Pengembangan
Diri 12
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2012-2013 selama 32 jam
2. Jenis
kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok
Kerja Guru Gugus 29 Wilayah III
Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng .
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Berbagi
informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan yang didapat saat mengajar dikelas.
b. Berbagi
informasi tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan
PAKEM.
c. Saling
bertukar pikiran dalam pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester
4. Uraian
Materi
Materi
utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi
atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan
soal semester.
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba
menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan
kegiatan PBM di dalam kelas.
6. Dampak
pengembangan diri
Adapun dampak yang
penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a. Wawasan
penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b. Memudahkan
penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester karena
pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja
guru.
M.
Pengembangan
Diri 13
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan pada tanggal 21-24 Oktober 2013 selaama 32 Jam
2. Jenis
kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Pelatihan
Metode Cara Cepat Belajar Membaca.
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Mengetahui
cara mengajar dengan menggunakan metode pengajaran yang tepat belajar membaca
4. Uraian
Materi
Materi
utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah cara mengajarkan siswa dengan
metode pengajaran yang tepat belajar membaca.
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba
menerapkan informasi yang diperoleh dalam kelas dengan metode pengajaran yang
tepat belajar membaca, agar siswa yang belum mampu belajar membaca dapat
membaca.
6. Dampak
pengembangan diri
Adapun dampak yang
penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a. Wawasan
penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b. Memudahkan
penulis dalam mengajarkan siswa-siswinya didalam kelas dengan metode yang
tepat.
N.
Pengembangan
Diri 14
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2013/2014 selama 100 jam.
2. Jenis
kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok
Kerja Guru Gugus 24 Wilayah V Kecamatan Lilirilau
Kabupaten Soppeng..
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Berbagi
informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan yang didapat saat mengajar dikelas.
b. Berbagi
informasi tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan
PAKEM.
c. Saling
bertukar pikiran dalam pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester ganjil
4. Uraian
Materi
Materi
utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi
atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan
soal semester.
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba
menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan
kegiatan PBM di dalam kelas.
6. Dampak
pengembangan diri
Adapun dampak yang
penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a. Wawasan
penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b. Memudahkan
penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester karena
pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja
guru.
O.
Pengembangan
Diri 15
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2013/2014 selama 100 jam.
2. Jenis
kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok
Kerja Guru Gugus 24 Wilayah V Kecamatan
Lilirilau Kabupaten Soppeng..
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Berbagi
informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan yang didapat saat mengajar dikelas.
b. Berbagi
informasi tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan
PAKEM.
c. Saling
bertukar pikiran dalam pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester genap
4. Uraian
Materi
Materi
utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi
atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan
soal semester.
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba
menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan
kegiatan PBM di dalam kelas.
6. Dampak
pengembangan diri
Adapun dampak yang
penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a. Wawasan
penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b. Memudahkan
penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester karena
pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja
guru.
P.
Pengembangan
Diri 16
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan pada tanggal 18-22 Juni di SMPN. 3 Watansoppeng selama 52 jam.
2. Jenis
kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan pelatihan
diklat Kurikulum 2013.
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Mengetahui
struktur kurikulum 2013
b. Berbagi
informasi tentang metode, teknik penilaian, dan cara penyusunan RPP
c. Cara
mengajar yang baik dengan memakai sistem tematik kurikulum 2013
4. Uraian
Materi
Materi
utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah konsep K.13, Perancangan,
Pembelajaran dan Penilaian, dan Praktik Pembelajaran Terbimbing,
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba
menerapkan informasi yang diperoleh dalam diklat K.13 yang berhubungan dengan kegiatan PBM di dalam
kelas. Menggunakan berbagai metode dan teknik mengajar di dalam kelas yang
berhubungan dengan K. 13
6. Dampak
pengembangan diri
Adapun dampak yang
penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Wawasan
penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b. Memudahkan
penulis dalam menyusun RPP, cara mengajar yang tepat, dan teknik penilaian.
Q.
Pengembangan
Diri 17
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
dimulai tanggal 22-24 Desember 2014 bertempat di SDN 120 Berru, kecamatan
Lilirilau Kabupaten Soppeng. Selama 32 jam
2. Jenis
Kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukna adalah menjadi peserta deseminasi pelatihan
pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (Pakem) jenjang SD/MI
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengambangan diri ini adalah:
a. Mengetahui
apa itu PAKEM dan bagaimana cara menerapkannya pada peserta didik.
b. Mengetahui
bagaimana menyusun perangkat pembelajaran yang mengarah pada PAKEM .
4. Uraian
Materi
Materi
utama yang diberikan pada pelatihan ini adalah bagaimana menerapkan
pembelajaran Aktif, Kreatif ,Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dalam
pembelajaran sehingga memudahkan peserta didik dalam menyerap materi yang
diberikan oleh guru.
5. Tindak
lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah penulis
mencoba untuk menerapkan dalam PBM materi atau pemahaman yang diterima selama
pelatihan.
6. Dampak
Pengembangan Diri
Adapun
dampak yang peulis rasakan dari pengembangan diri ini adalah:
a. Penulis
kini mengetahui langkah-langkah yang dilakukan untuk menciptakan pembelajaran
yang Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM)
b. Sebagai
pendidik penulis kini mengetahui bagaimna cara menyusun perangkat pembelajaran
yang mengarah pada pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan
(PAKEM).
R.
Pengembangan
Diri 18
1. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2014/2015 selama 100 jam.
2. Jenis
kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kegiatan Kelompok
Kerja Guru Gugus 24 Wilayah V Kecamatan
Lilirilau Kabupaten Soppeng..
3. Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Berbagi
informasi atau bertukar pikiran tentang kesulitan-kesulitan yang didapat saat mengajar dikelas.
d. Berbagi
informasi tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan
PAKEM.
e. Saling
bertukar pikiran dalam pembuatan kisi-kisi dan penyusunan soal semester ganjil
4. Uraian
Materi
Materi
utama yang diberikan dalam kegiatan ini adalah bersama –sama mencari solusi
atas masalah yang dihadapi dalam PBM, serta pembuatan kisi-kisi dan penyusunan
soal semester.
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah pengembangan diri ini adalah, penulis mencoba
menerapkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan KKG yang berhubungan dengan
kegiatan PBM di dalam kelas.
6. Dampak
pengembangan diri
Adapun dampak yang
penulis rasakan dari pengemabangan diri yang dilakukan adalah:
a. Wawasan
penulis tentang materi maupun metode dalam pembelajaran di kelas bertambah.
b. Memudahkan
penulis dalam menyusun kisi-kisi dan penyusunan soal semester karena
pembuatannya selalu dikerjakan secara bersama dalam kegiatan kelompok kerja
guru.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kegiatan pengembangan
diri adalah kegiatan yang dilakukan seorang guru untuk meningkatkan dirinya
menjadi seorang guru yang profesional kegiatan-kegiatan pengembangan diri yang
penulis pernah ikuti adalah :
1. Pelatihan Media
Pembelajaran
2. Penyusunan RPP
3. KMD Pramuka
4. KML Pramuka
5. Penyusunan portopolio
6. KKG
7. Pelatihan Peningkatan
Mutu Pendidikan
8. PelatihaN Cara Cepat
Membaca
9.
Diklat
k. 13
10.
Pelatihan
PAKEM
B.
Saran
Saran yang penulis
ingin sampaikan adalah :
a.
Diharapkan
para guru untuk selalu melatih dan
mengembangkan kualitas dirinya menuju keprofesionalisme seorang guru. Seperti
mengikuti KKG, Pelatihan-pelatihan pendidikan dll
b.
Diharapkan
guru menerapkan dan mengaplikasikan ilmunya dalam kegiatan baik didalam kelas
maupun di luar kelas.
C.
Lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar