Pengalaman Terbaik Menjadi Guru
Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah

Diajukan oleh :
NAMA :
FIRMANSYAH
NIP. :
19861210 201001 1 019
NAMA SEKOLAH : SDN. 120 BERRU
KABUPATEN :
SOPPENG
PROPINSI :
SUL-SEL
LEMBAR PENGESAHAN
1.
Judul :
Pengalaman Terbaik Menjadi Guru Dalam
Upaya
Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran di Sekolah
2. Identitas Penulis :
Nama : Firmansyah
NIP : 19861210 201001 1 019
Pangkat/golongan :
Penata Muda / III a
Sekolah : SDN. 120 Berru
Alamat : Jl. Pesantren Lr. 1 Kel. Lapajung
Kec. Lalabata
Kab. Soppeng
Diajukan
kepada Tim Penilai Seleksi Guru Berprestasi Tingkat Kecamatan Tahun 2015
Berru,
29 April 2014
Mengetahui,
Pengawas TK/SD
Wil. V Kepala SDN. 120 Berru
MUHAMMAD
TAHIR, S.Pd HADDA,S.Pd
Nip. 19670603
198808 1 002 Nip.19651231
198803 1 136
Mengesahkan,
Kepala UPT Dikmudora
Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
H. MAHMUDDIN, S.Pd
Nip. 19610307 198203 1 012
MOTTO
Semangat dalam berjuang, tersenyum dengan segala keindahan dan berdoalah itu merupakan kunci kebrhasilan
dalam kehidupan ini.
Berfikirlah dengan optimis jangan berfikir dengan pesimis, karna dengan
befrikir secara optimis dapat meraih
segala sesutu yang tidak mungkin menjadi mungkin.
Kemarin adalah kenangan
Esok adalah impian
Hari ini adalah harapan
Jangan menyerah. . . . !
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS
Saya yang bertanda
tangan di bawah ini :
Nama : Firmansyah
NIP : 19861210 201001 1 019
Pangkat/golongan :
Penata Muda / III a
Sekolah : SDN. 120 Berru
Judul : Pengalaman Terbaik
Menjadi Guru Dalam
Upaya
Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran
di Sekolah
Menyatakan dengan sebenarnya bahwa KTI yang saya
tulis ini benar merupakan hasil karya saya sendiri dan bukan merupakan
pengambil alihan tulisan atau pikiran orang lain yang saya akui sebagai hasil
tulisan atau pikiran sendiri.
Apabila dikemudian hari terbukti atau dapat dibuktikan bahwa KTI ini hasil jiplakan,
maka saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut sesuai ketentuan
yang berlaku.
Berru,
April 2015
Yang Membuat Pernyataan,
Firmansyah, S.Pd
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah
SWT yang memberikan nikmat iman, rezeki dan nikmat kesehatan sehingga pada hari
ini penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “Pengalaman
Terbaik Menjadi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah”
Salam dan Shalawat kepada Baginda Rasulullah Muhammad
SAW, nabi yang patut kita tiru segala
perbuatan, tingkah laku dan perkataannya di dalam kehidupan sehari-hari. Nabi yang mengeluarkan manusia dari alam
gelap gulita menuju alam terang benderang.
Telah banyak cerita, keringat dan air
mata yang mengiringi langkah penulis selama penulisan KTI ini namun berkat kesabaran, keikhlasan, dukungan
serta motivasi dari segenap keluarga, rekan-rekan gugus wilayah V Kec.
Lilirilau, rekan-rekan kerja SDN. 120 Berru dan Murid-murid SDN.120 Berru, maka
Alhamdulillah akhirnya penulis dapat menyelesaikan KTI ini
dengan sebaik-baiknya. Penulis sadar betul, bahwa dalam penyusunan KTI
ini tidak akan
mungkin terwujud tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis
meghaturkan terimah kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang
setinggi-tingginya kepada orang-orang
yang membantu dan membimbing dan terkhusus kepada Warga SDN. 120 Berru.
Penulis menyadari,
dalam KTI ini belum sepenuhnya sempurna
.maka dari itu dengan segala kerendahan hati, penulis mengucapkan pada para
pembaca untuk memberikan kritik maupun saran yang bersifat konstruktif demi
perbaikan selanjutnya.
Akhirnya, pada
Allah swt segala urusan ini penulis kembalikan dan semoga KTI ini bermanfaat, khususnya bagi penulis dan
pembaca pada umumnya.
Watansoppeng, 29 April 2015
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ……………………………..……….…...…… i
PERNYATAAN KEASLIAN............................................................ ii
MOTTO .............................................................................................. iii
SURAT PERNYATAAN ................................................................... iv
KATA PENGANTAR........................................................................ v
DAFTAR ISI ………………………………….……………...…….. vi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
………..………….…………………….............. 1
B. Visi dan Misi ....... ........................................................................ 2
BAB II DASAR-DASAR
PENYELESAIAN MASALAH
A. Visi-Misi, Tujuan
Program, dan Program Sekolah ........ 3
B. Rancangan Pembelajaran................................................. 7
C. Prestasi-Prestasi dan Program-Program
Pendukung ...... 12
D. Aktivitas Pengembangan Siswa,
Pengembangan Diri,
dan Kegiatan Ekstrakurikuler
............................................ 18
BAB III LANGKAH-LANGKAH DALAM PELAKSANAAN
KUALITAS
PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
A.
Menyusun Pelaksanaan Pembelajaran...………………. 20
B.
Langkah-Langkah Dalam Pelaksanaan ……....………... 20
BAB IV HASIL YANG DIPEROLEH ............................................ 22
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan
…………………………………………..…. 23
B.
Saran-Saran
……………………………………….…….. 23
RIWAYAT HIDUP ............................................................................... 24
BAB I
LATAR BELAKANG
A. Kondisi
Pembelajaran di Sekolah
Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang kompleks.
Pembelajaran pada hakekatnya tidak hanya sekedar menyampaikan pesan
pembelajaran kepada siswa, akan tetapi merupakan aktifitas profesional yang menuntut guru untuk dapat menggunakan
keterampilan
dasar mengajar secara terpadu, serta menciptakan
situasi dan kondisi yang memungkinkan siswa dapat belajar secara efektif dan efektif. Oleh karena itu dalam pembelajaran guru perlu menciptakan suasana
yang kondusif dan strategi belajar yang menarik
minat siswa. Salah satunya adalah
penggunaaan metode/model dalam pembelajaran agar siswa dapat termotivasi dalam
belajar mengajarnya.
Dari tahun ke tahun sekolah ini mengalami
kemajuan. Bukan dilihat dari fisik sekolahnya melainkan prestasi-prestasi guru dan muridnya. Misalnya
murid kami bisa mampu sampai di tingkat kabupaten dari segi keagamaan, dan
keolahragaan.
Selain itu Secara umum kondisi pembelajaran
di SDN. 120 Berru Kec. Lilirilau Kabupaten Soppeng saat ini adalah :
1. Pemberian materi kepada
murid-murid SDN. 120 Berru semuanya sama. Menggunakan buku BSE dan media yang
sama kepada murid-murid SDN. 120 Berru.
2. Pada saat proses belajar
mengajar guru menggunakan berbagai banyak metode/model pembelajaran di dalam
kelas, misalnya pemberian model pembelajaran PAKEM, tanya jawab, ceramah dan
diskusi kepada siswa.
3. Karakter/ watak anak yang
dibimbing semakin bersemangat/termotivasi dalam proses belajar mengajar. Hal
ini bisa dibuktikan dengan keceriaan murid-murid SDN, 120 Berru.
4. Sekolah ini merupakan sekolah
inti dan pusat kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG)
5. Sebagian guru memberikan
media pembelajaran dengan menggunakan LCD layar proyektor. Meliputi dengan
menggunakan Microsoft Power Point, dan video animasi di dalam leptop.
6. Murid-murid melakukan
olahraga rutin setipa jum’at, yakni senam pramuka.
7. Para guru dan siswa rutin
bermain olahraga seperti sepak takraw, bola volli dan futsal di hari Jum’at..
8. Pembina ekstrakurikuler
mengadakan kegiatan kepramukaan setiap awal bulan pada hari Sabtu.
9. Menjaga kerukunan dan
perdamaian antar rekan guru
B. Visi dan
Misi
Visi saya sebagai guru adalah :
Tekun, Tabah dan Berkesinambungan
dalam Tugas Saah Satu Kunci Keberhasilan
Misi SDN. 120 Berru adalah :
Berhasil ,maksimal melalui :
- Tekun dalam Menjalankan Tugas
- Tabah dalam Menghadapi Sesuatu
- Berkesinambungan dalam melaksanakan amanah
BAB II
DASAR-DASAR PENYELESAIAN MASALAH
A. Visi-Misi, Tujuan Program, Program Sekolah dan Program
Pembelajaran
- Visi SDN. 120 Berru adalah :
Visi Misi dalam meningkatkan Kualitas
Pembelajaran di Sekolah adalah :
Tekun, Tabah dan Berkesinambungan dalam
Tugas Salah Satu Kunci Keberhasilan
- Tekun
Tekun artinya giat bekerja dan belajar
di dalam sekolah. Siswa-siswi SDN. 120 Berru hendaklah memiliki jiwa semangat,
rajin dan giat dalam melakukan sesuatu.
- Tabah
Tabah artinya menerima sesuatu dengan
sabar, dan ikhlas dalam bekerja. Lulusan dari sekolah ini mampu mengendalikan
amarah, sikap benci, dan sayang terhadap sesamanya
- Berkesinambungan
Berkesinambungan adalah segala
pekerjaan dilakukan secara rutin, berkelanjutan dan bertahap. Siswa diharapkan
mampu melakukan tugasnya dengan baik secara bertahap. Step by step
- Misi SDN. 120 Berru adalah :
Berhasil ,maksimal
melalui :
1. Tekun dalam Menjalankan Tugas
2. Tabah dalam Menghadapi
Sesuatu
3. Berkesinambungan dalam
melaksanakan amanah
- Tujuan SDN. 120 Berru
Tujuan SDN. 120 Berru memiliki 3
kategori tujuan :
a. Tujuan Jangka Pendek
1. Meningkatkan motivasi peserta
didik
2. Meningkatkan kecerdasan
Peserta didik
3. Manarik peserta didik bagi
yang putus sekolah
4. Meningkatkan SDM guru
5. Meningkatkan kompetensi SDM
Komite Sekolah
6. Meningkatkan publikasi
sekolah
7. Meningkatkan kesehatan
peserta didik
8. Meningkatkan sarana dan
prasarana sekolah
b. Tujuan Jangka Menengah
1. Mengembangkan bakat dan minat
peserta didik
2. Meningkatkan motivasi Peserta
didik
3. Meningkatkan kecerdasan
peserta didik
4. Menarik kembali peserta didik
yang putus sekolah
5. Meningkatkan SDM guru
6. Meningkatkan kompetensi SDM
Komite Sekolah
7. Meningkatkan publikasi
sekolah
8. Meningkatkan kesehatan
peserta didik
9. Meningkatkan Kinerja Komite
Sekolah
10. Memberikan bantuan kepada
siswa bagi yang kurang mampu secara ekonomi
c. Tujuan Jangka Panjang
1. Siswa beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan YME
2. Siswa sehat jasmanai dan
rohani
3. Siswa memiliki dasar-dasar
pengetahuan
4. Mengenal dan mencintai
bangsa, masyarakat dan kebudayaan
- Program Sekolah
1. Bidang kesiswaan
a.
Terbantunya
siswa yang kurang mampu secara ekonomi melalui BOS dan gratis
b.
Adanya
kesadaran orang tua siswa dan masyarakat peduli pendidikan yang secara
bersama-sama memperhatikan pendidikan anaknya jangan sampai putus sekolah
c.
Terperhatikannya
siswa yang mempunyai kecerdasan tinggi maupun rendah.
d.
Adanya
perhatian khusus bila terdapat siswa yang putus sekolah
2. Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
a. Guru SDN. 120 Berru mampu dalam membuat dan
merencanakan sistem pembelajaran sesuai dengan tuntutan KTSP
b. Guru lebih terarah dan mudah melaksanakan
pembelajaran bila mempunyai silabus dan rencana pembelajaran
c. Sesuainya isi silabus dengan rencana
pembelajaran dan kegiatan belajar mengajar
d. Pembelajaran akan lebih baik dan berhasil bila
mempergunakan sistem pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
(Pakem)
e. Guru menggunakan media atau alat peraga dalam
pembelajaran di kelas
f. Diraihnya prestasi akademik dalam lomba mata
pelajaran matematika dan IPA (Lomba MIPA) serta mata pelajaran lainnya
g. Tercapainya kelulusan 100% bagi siswa kelas VI
pada setiap tahunnya
h. Semua siswa yang lulus dapat melanjutkan ke
jenjang yang lebih tinggi (SLTP) atau yang sederajat.
i.
siswa yang
berbakat olahraga dan seni dapat meraih prestasi minimal masuk dalam tingkat
gugus, kecamatan atau kabupaten
3. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a. Semua
pendidik PNS dan non PNS memiliki Ijazah S1 dan 1 tenaga
kependidikan non PNS memiliki ijazah D
2, selebihnya adalah ijazah S1
b. Kepala sekolah memiliki wawasan yang luas,
kreatif, inovatif, terampil memonitoring, mampu mengevaluasi, dan menindaklanjuti hasil
akreditasi.
c. 8 guru PNS (Pendidik), 2 guru non pns
(Pendidik), dan 2 non PNS (Tenaga kependidikan)
4. Manajemen
a. Terjadinya harmonisasi hubungan antara pihak
sekolah dengan masyarakat dan unsur dinas pendidikan untuk memajukan dunia
pendidikan.
b.
Manajemen
Sarana dan Prasarana Berperan aktifnya semua unsur, seperti kepala sekolah, guru, dan
komite dalam pengelolaan sarana dan prasarana. Penertiban administrasi sarpras
yang baik.
c.
Manajemen
Keuangan dan Pembiayaan Terciptanya transparansi manajemen bagi semua unsur dalam pengadaan
dan pengelolaan keuangan dengan adanya keterlibatan komite, guru, dan
masyarakat.
5. Sarana dan
Prasarana
a. Terpenuhinya sarana pendukung kegiatan
pendidikan di sekolah yang lengkap dan kondisi baik, seperti ruang sholat,
halaman sekolah, tempat parkir, termasuk gerbang sekolah untuk keamanan
lingkungan sekolah
b.
Terpenuhinya
kebutuhan 6 ruang kelas yang memadai dan layak pakai untuk kegiatan
pembelajaran
c.
Memiliki
ruang perpustakaan yang memenuhi standar
d.
Tercukupinya
buku paket murid untuk semua mata pelajaran.
e. Lengkapnya beberapa alat pembelajaran seperti KIT IPA, KIT
Matematika, KIT IPS, Bahasa Indonesia, alat olahraga, dan kesenian
f.
Memiliki
jaringan internet (Modem) Sekolah untuk meningkatkan layanan
sistem informasi
g.
Dimilikinya
prasarana air bersih untuk keperluan kebersihan dan kesehatan sekolah.
6. Perlengkapan
ICT
a. Terpenuhinya peralatan komputer/ desktop
beserta printernya sebagai sarana administrasi perkantoran atau tata usaha
sekolah.
b. Memiliki LCD proyektor sebagai media
pembelajaran di kelas.
7. Keuangan dan
Pembiayaan
Selain bersumber dari
BOS untuk mencukupi dana operasional, utamanya dalam hal pembinaan prestasi siswa akan
dilakukan penggalian dana secara kreatif seperti membuka kantin sekolah.
8. Budaya dan
Lingkungan Sekolah
a. Terbiasanya hidup rukun, damai, dan harmonis di
sekolah dan di tengah-tengah masyarakat.
b. Terwujudnya lingkungan yang bersih, nyaman dan
aman di sekolah.
9. Peran Serta
Masyarakat
a. Tersedianya AD/ ART komite, program kerja, dan
laporan pertanggung jawaban kegiatan
b.
Komposisi
anggota komite yang berasal dari berbagai unsur
c.
Peningkatan
dukungan dan peran serta masyarakat terhadap sekolah
d.
Ikut andil
dalam Program Masyarakat, dan Mahasiswa KKN
B. Rancangan
Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN. 120 Berru
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 3 x 35 Menit
A.
Standar
Kompetensi
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B.
Kompetensi Dasar
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
C. Indikator
§ Mengetahui sifat-sifat bangun ruang
D.Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§ Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang kubus,
§ Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang
kerucut,
§ Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang
tabung
§ Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang
limas
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan
Tanggung jawab ( responsibility )
C.
Materi Ajar
Sifat-sifat Bangun Ruang
diantaranya :
1.
Kubus : sifat kubus memiliki 6
sisi, 8 titik sudut dan 12 rusuk
2.
Limas : sifat limas memiliki 5 sisi, 5 titik sudut
dan 8 titik sudut
3.
Kerucut : sifat kerucut
memiliki 2 sisi, 1 titik sudut dan 1 rusuk
4.
Tabung ; sifat tabung memiliki
3 sisi, tidak ada titik sudut dan 2 rusuk.
D.
Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, diskusi,
ceramah, penugasan, karya kunjung dan PAKEM
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Pertemuan
ke-1
|
Waktu
|
|
1.
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
-
Guru memberikan salam kepada siswa (Religius)
-
Guru mengecek kehadiran siswa satu persatu ( Disiplin )
-
Guru meminta siswa untuk berdoa (Religius)
-
Guru memberikan motivasi berupa yel-yel kepada siswa
(Percaya diri )
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran/kompetensi yang dicapai
|
(15 menit)
|
|
2.
Kegiatan Inti
& jEksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi,
o
Guru Memberikan penjelasan mengenai materi sifat-sifat bangun ruang. (Cinta
ilmu)
o
Guru mengadakan tanya jawab tentang sifat-sifat bangun ruang.
o
Guru meminta siwa naik di depan kelas untuk menentukan sifat-sifat bangun
ruang
o
Membagi peserta didik menjadi 3 kelompok
o
Memberikan arahan-arahan mengenai tugas yang diberikan kepada siswa
mengenai materi sifat-sifat bangun ruang
& Elaborasi
o
Siswa menyelesaikan
LKS secara berkelompok
o
Secara berkelompok peserta didik
membahas tentang sifat-sifat bangun ruang
o
Guru mengadakan kunjung karya
o
Salah seorang siswa setiap kelompok
mempresntasikan hasil Kerja nya di depan kelas
o
Guru bersama siswa membuat kesimpulan
& Konfirmasi
o
Guru mengadakan evaluasi
o
Guru memberikan penguatan
|
(70 menit)
|
|
3.
Penutup
-
Guru memberikan PR
-
Penyegaran dan Refleksi
-
Guru memberikan amanat / Pesan-pesan moral
|
(20 menit)
|
F.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 B
BSE HAL 233-236
§ Matematika Progesif Teks Utama SD
Kelas 5
§ Macam-macam bentuk bangun ruang, kubus, kerucut, limas
G.
Penilaian
a. Bentuk tes : Tertulis
b. Jenis tes : isian
Tugas
Individu
Nama :
1.
Kubus mempunyai............................sisi
2.
Limas segi empat mempunyai
.................................. titik sudut
3.
Tabung memiliki .....................
4.
Kerucut memiliki ........................ titik
sudut
5.
Rusuk limas segi empat ada .................
Kunci jawaban
1.
|
6
2.
5
3.
2
4.
0
5.
5
Format Kriteria Penilaian
Produk
( hasil diskusi )
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
|
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Berru, 2
April 2014
Mengetahui Guru Kelas Kepala Sekolah
HADDA,
S.Pd
FIRMANSYAH,S.Pd
NIP. 19861210 201001 1 019 NIP 19861210 201001 1 019
LEMBAR KERJA SISWA
NAMA KELOMPOK
=
KELAS =
1.
LENGKAPILAH DAFTAR DIBAWAH INI !
2.
BUKA BUKU MATEMATIKA KELAS 5 HAL 237-238 !
3.
DISKUSIKANLAH DENGAN TEMAN KELOMPOKMU !
|
NNO
|
GAMBAR
|
NAMA BANGUN
|
BANYAKNYA
|
||
|
SISI
|
TITIK SUDUT
|
RUSUK
|
|||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
![]() |
|
|
|
|
|
4
|
![]() |
|
|
|
|
|
|
![]() |
|
|
|
|
Kunci Jawaban
1.
|
Kubus =6 = 8 = 12
2.Balok = 6 = 8 = 12
3.Kerucut = 2 = 0 = 1
4.Tabung = 3 = 0 = 2
5.Limas segi empat = 5 = 5 = 8
Dalam RPP di atas merupakan RPP berbentuk KTSP 2006. Terdiri dari :
a. Standar Kompetensi
b. Kompetensi Dasar
c. Indikator
d. Tujuan Pembelajaran
e. Materi
f. Metode
g. Langkah-langkah pembelajaran
terdiri dari aspek = Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi.
h. Alat dan Bahan
i. Penilaian
C. Prestasi dan Program-Program Pendukung dalam Pengembangan
Profesi
Keberhasilan adalah
dambaan dan impian setiap orang, baik anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua.
Kata keberhasilan identik dengan kata prestasi. Setiap manusia apapun
profesinya tentu akan mempunyai keinginan untuk berprestasi. Oleh karena dengan
berprestasi seseorang akan dapat menilai apakah dirinya sudah berhasil mencapai
tujuan hidupnya atau tidak, juga untuk membawa nama baik bangsa dan negara jika
memang bisa.
Pengertian prestasi
yaitu hasil yang telah dicapai, dilakukan, diperoleh atau dikerjakan. Prestasi
tiap orang tidak akan sama satu sama lain. Pengertian prestasi juga
bermacam-macam:
a. Prestasi adalah
perolehan atau hasil yang telah dicapai dari suatu usaha, yang didasarkan pada
nilai atau ukuran tertentu.
b. Prestasi adalah
hasil yang dicapai oleh seseorang setelah melakukan usaha dan/ atau pekerjaan.
c. Prestasi adalah
hasil yang diperoleh seseorang dari satu periode ke periode lainnya yang
menunjukkan adanya perubahan ke arah kemajuan.
d. Menurut kamus
besar Bahasa Indonesia, prestasi berarti hasil yang telah dicapai dari apa yang
telah dilakukan, dikerjakan dan sebagainya.
Sebagaimana yang telah
diuraikan di atas, maka saya akan berusaha mencoba menjabarkan beberapa
prestasi yang telah diraih selama menjadi tenaga pendidik yang akan menjadikan
bahan pertimbangan mengikuti seleksi guru berprestasi yakni sebagai berikut:
- Hasil Karya Tulis
|
NO.
|
JUDUL
|
JENIS
|
TAHUN TERBIT
|
|
1)
|
Efektifitas Penilaian Non Tes Dalam peningkatan Prestasi Belajar Sains
Kelas V di SDI. Bert. Rappo Jawa Makassar
|
Artikel
|
2010
|
|
2)
|
Gangguan Pemusatan Perhatian
|
Artikel
|
2010
|
|
3)
|
Pembelajaran Kelas Rangkap
|
Artikel
|
2010
|
|
3)
|
Menjadi Guru Adalah Pengabdian, Menjadi Guru Berprestasi Adalah Kebanggaan
|
Artikel
|
2015
|
|
4)
|
Pengalaman Terbaik Menjadi Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran di Sekolah
|
Artikel
|
2015
|
b.
Hasil Penelitian
|
NO.
|
JUDUL
|
TAHUN
|
SUMBER DANA
|
|
1)
|
Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar SAINS Melalui Metode Inkuiri Pada
Kelas IV SDI. Rappo Jawa Makassar
|
2010
|
Mandiri
|
|
2)
|
Meningkatkan hasil belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type
STAD Kelas IV C SD Pertiwi Makassar
|
2010
|
Mandiri
|
|
3)
|
Upaya Meningkatkan
Prestasi Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Quantum Teaching pada Murid Kelas
V SDN. 120 Berru Kec. Lilirilau Kab. Soppeng.
|
2014
|
Mandiri
|
c.
Media Pembelajaran/alat
Peraga
|
NO.
|
JENIS MEDIA/ALAT
|
TAHUN
|
SUMBER DANA
|
STATUS
|
|
1)
|
Gambar Bagian-Bagian Tumbuhan
|
2011
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
2)
|
Gambar Jenis-Jenis Akar
|
2011
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
3)
|
Struktur organisasi
|
2011
|
KKG
|
Anggota
|
|
4)
|
Bentuk sudut
|
2011
|
KKG
|
Anggota
|
|
5)
|
Notasi jam
|
2011
|
KKG
|
Anggota
|
|
6)
|
Pahlawan-pahlawan revolusi
|
2011
|
KKG
|
Anggota
|
|
7)
|
Papan ( cahaya merambat lurus )
|
2011
|
KKG
|
Anggota
|
|
8)
|
Puisi
|
2011
|
KKG
|
Anggota
|
|
9)
|
Jaring-jaring bangun datar
|
2013
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
10)
|
Penyaring air sederhana
|
2014
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
11)
|
Gambar bangun ruang
|
2014
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
12)
|
Gambar bangun datar
|
2014
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
13)
|
Alat perakit lampu rangkaian seri
|
2014
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
14)
|
Alat perakit lampu rangkaian Paralel
|
2014
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
15)
|
Arah Mata Angin
|
2014
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
16)
|
Alat Transportasi Mc. Powerpoint
|
2014
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
17)
|
Listrik Power Point
|
2014
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
15)
|
Bunyi Power Point
|
2014
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
16)
|
Bilangan Romawi
|
2014
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
17)
|
Neraca Timbangan Mc. PowerPoint
|
2014
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
18)
|
Pembagian Power Point
|
2014
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
19)
|
Pesawat Sederhana
|
2014
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
20)
|
Kartu bilangan
|
2014
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
21)
|
Jam/waktu
|
2014
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
22)
|
Periskop
|
2015
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
23)
|
Bangun datar simetri putar
|
2015
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
24)
|
Jenis-jenis bangun ruang
|
2015
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
25)
|
Sistem Alat Pernapasan pada manusia
|
2015
|
Mandiri
|
Ketua
|
|
26)
|
Gambar Peristiwa Alam
|
2015
|
Mandiri
|
Ketua
|
d.
Karya Teknologi
|
NO.
|
NAMA KARYA SENI
|
TAHUN
|
DESKRIPSI KARYA
(PENJELASAN SINGKAT TENTANG
KARYA SENI TERSEBUT)
|
|
1)
|
Sapu Lidi
|
2011
|
Sapu lidi dapat digunakan untuk membersihkan kotoran/sampah. Terbuat dari
bahan enau atau pohon kelapa.
|
|
2)
|
Tempat surat
|
2011
|
Tempat surat di gunakan untuk
menyimpan surat, tempat kritikan dan saran bagi orang tua. Terbuat dari
karton/dus bekas dan kertas marmer sebagai kreasinya
|
|
3)
|
Jam Mandiri
|
2012
|
Jam ini berfungsi untuk mengatur kedatangan dan kepulangan siswa/siswi di
sekolah. Terbuat dari CD bekas dan
terbuat dari teh gelas bekas.
|
|
4)
|
Lampion
|
2012
|
Lampion sebagai hiasan di dalam kelas. Terbuat dari kertas marmer dan
karton manila
|
|
5)
|
Kapal laut
|
2012
|
Kapal laut terbuat dari bahan dari stik, karton manila dan cat .
|
|
6)
|
Anyaman Gelang
|
2012
|
Anyaman meronce gelang terbuat dari tali kur dengan panjang ± 1 meter.
Dapat dirangkaikan tali yang berwarna dan hasilnya sangat memuaskan. Terbuat
dari cangkang siput.
|
|
7)
|
Gambar Pemandangan
|
2012
|
Gambar pemandangan berupa gunung-gunung dan pepohonan di sebuah desa.
Terbuat dari bahan cat air dan kertas
A 4. Dibuat dengan penuh ketekunan dan kerapian
|
|
8)
|
Gantungan Jendela
|
2013
|
Hiasan pada jendela terbuat dari bundaran berbentuk gelang teh gelas
bekas
|
|
9)
|
Kaligrafi Allah / Muhammad
|
2013
|
Kaligrafi Allah dan Muhammad. Terbuat dari bahan cat air dan kertas
karton manila. Dibuat dengan penuh ketekunan dan kerapian
|
|
10)
|
Tempat pensil/pulpen
|
2013
|
Tempat menyiimpan pensil,pulpen, spidol. Terbuat dari
gulungan-gulungan kertas.
|
|
11)
|
Tempat buah dari stik
|
2014
|
Tempat menyimpan buah. Terbuat dari beberapa stik kayu dalam membuatnya.
|
|
12)
|
Tempat pensil
|
2014
|
Tempat menyimpan pensil. Terbuat dari beberapa potongan-potongan gelang
aqua gelas berbentuk bundaran diatas nya. Kemudian dirangkai menjadi sebuah
tempat pensil
|
|
13)
|
Gantungan bola
|
2014
|
Sebagai hiasan di dalam kelas. Terbuat dari karton manila yang sudah
berbentuk lingkaran.
|
|
14)
|
Bunga
|
2014
|
Hiasan pada kelas terbuat dari beberapa botol bekas dan di cat.
|
|
15
|
Gantungan Kunci
|
2014
|
Terbuat dari pita kemudian di anyam menjadi sebuah gantungan kunci
|
|
16
|
Kalung hiasan
|
2014
|
Kalung di pasang di leher terbuat dari hiasan plastik atau tembaga
|
|
17
|
Bunga Plastik
|
2014
|
Hiasan Kelas terbuat dari beberapa plastik bekas dan botol sprite sebagai
potnya/alasnya
|
|
18
|
Asbak
|
2014
|
Asbak berfungsi sebagai tempat puntung rokok atau juga bisa digunakan
untuk menyimpan pulpen dan pensil. Terbuat dari berbagai stik yang menempel
kemudian disusun membentuk kotak.
|
|
19
|
Bros bunga
|
2014
|
Bros bunga adalah hiasan yang dipakai pada jilbab. Terbuat dari kain
flanel.
|
|
20
|
Basmalah
|
2015
|
Kaligrafi Basmalah. Terbuat dari bahan cat air dan kertas karton
manila. Perlu ketelian dan kerapian di
dalam membuatnya
|
|
22
|
Bingkai dari stik
|
2015
|
Tempat foto juga sebagai tempat pensil. Terbuat dari stik es kemudian di
bentuk dan disusun menyerupai bingkai foto 4 R
|
|
23
|
Tempat Tisu
|
2015
|
Tempat tisu untuk menyimpan tisu yang terbuat dari kulit batang pohon
pisang
|
|
24
|
Hiasan jendela
|
2015
|
Hiasan jendela berfungsi sebagai hiasan dalam kelas. Terbuat dari kertas
marmer yang dilipat-lipat.
|
|
25
|
Topeng
|
2015
|
Topeng mempunyai banyak karakter wajah salah satunya pemarah. Terbuat
dari tempelan-tempelan kertas . cara kerjanya balon di tiup kemudian di
tempel kan balon tersebut dengan tempelan kertas kemudian di keringkan sesuai
sketsa wajah.
|
|
26
|
Kalung manik-manik
|
2015
|
Kalung di pasang di leher terbuat dari perhiasan/manik-manik seperti cangkang siput
|
|
27
|
Hiasan Gelang
|
2015
|
Kalung di pasang di tangan. Terbuat dari hiasan yang berbentuk-bentuk
|
|
28
|
Gelang manik-manik
|
2015
|
Anyaman gelang terbuat dari bahan-bahan alamiah. Misalnya cangkang
dijadikan sebagai perhiasan saja
|
|
29
|
Tempat buah dari gelang-gelang plastik
|
2015
|
Tempat menyimpan buah. Terbuat dari beberapa gelang plastik kemudian
dirangkaikan menjadi sebuah tempat buah.
|
e. Organisasi
|
NO.
|
NAMA ORGANISASI
|
TAHUN
|
JABATAN
|
TINGKAT *)
|
|
1)
|
Panitia Lomba Olimpiade MIPA
|
2011
|
Sekretaris
|
Gugus
|
|
2)
|
Panitia Lomba Olimpiade MIPA
|
2012
|
Sekretaris
|
Gugus
|
|
3)
|
Pramuka di SDN. 197 Sadae
|
2010 - 2013
|
Pembina pa
|
Sekolah
|
|
4)
|
Pengurus Angg.Organisasi PGRI Desa Kessing Kec.
Donri-Donri
|
2010-2013
|
Anggota
|
Kelurahan
|
|
5)
|
KKG Kelas V Gugus 29 Wil. V Kec. Donri-Donri Kab.
Soppeng
|
2012-2013
|
Anggota
|
Gugus
|
|
6)
|
Panitia Ujian Nasional/Ujian Sekolah SD Kec.
Donri-Donri
|
2010-2013
|
Pemeriksa
|
Kecamatan
|
|
7)
|
Pramuka di SDN. 120 Berru
|
2013-sekarang
|
Pembina pa
|
Sekolah
|
|
8)
|
KKG Kelas V Gugus 24 Wil. V Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
|
2013 - Sekarang
|
Anggota
|
Gugus
|
|
9)
|
Pengurus Anggota
organisasi PGRI Kel. Ujung Kec. Lilirilau
|
2013-sekarang
|
Anggota
|
Kelurahan
|
|
10)
|
Panitia Ujian Nasional/Ujian Sekolah SD Kec. Lilirilau
|
2013- sekarang
|
Pengawas
|
Kecamatan
|
|
11)
|
Organisasi Pengurus Masjid
|
2013-2018
|
Seksi humas
|
Kecamatan
|
|
12)
|
Panitia Isra Mi’raj
|
2015
|
Anggota
|
Desa
|
D.
Aktivitas Pengembangan
Siswa, Pengembangan Diri, Kegiatan Ekstrakurikuler.
a.
Pembimbingan Siswa
|
NO.
|
NAMA KEJUARAAN
|
TINGKAT
|
TEMPAT DAN WAKTU
|
Keterangan
|
|
a)
|
Lomba olimpiade
MIPA
|
Gugus
|
SDN. 197 Sadae /
2012
|
|
|
b)
|
Lomba Pengucapan
Tri Satya Dasa Dharma dan UUD 1945 Putra
|
Kecamatan
|
Lapangan
Macanre/Agustus 2014
|
|
|
c)
|
Lomba Pengucapan
Tri Satya Dasa Dharma dan UUD 1945 Putri
|
Kecamatan
|
Lapangan
Macanre/Agustus 2014
|
|
|
d)
|
Lomba Tali Temali
(Tiang Bendera ) Putra
|
Kecamatan
|
Lapangan Macanre/
Agustus 2014
|
|
|
e)
|
Lomba formasi
Barisan (LKBB) Putri
|
Kecamatan
|
Lapangan Macanre/
Agustus 2014
|
|
|
f)
|
Lomba olimpiade
MIPA
|
Gugus
|
SDN. 120 Berru/
Januari 2014
|
|
|
g)
|
Lomba Menyanyi Lagu
Daerah / solo Putra
|
Kecamatan
|
Lapangan Cabbenge/
Agustus 2014
|
|
|
h)
|
Lomba Menyanyi Lagu
Daerah /solo Putri
|
Kecamatan
|
Lapangan Cabbenge/
Agustus 2014
|
|
|
i)
|
Lomba Kebersihan
Sekolah
|
Kecamatan
|
SDN. 120 Berru/9-17
Agusutus 2014
|
|
|
j)
|
Lomba Gerak Jalan
Putra
|
Kecamatan
|
SDN. 120 Berru/9-17
Agusutus 2014
|
|
|
k)
|
Lomba Gerak Jalan
Putri
|
Kecamatan
|
SDN. 120 Berru/9-17
Agusutus 2014
|
|
|
m)
|
Lomba olimpiade
MIPA 2015
|
Gugus
|
SDN. 120 Berru/
Januari 2015
|
|
|
n)
|
Lomba Senam Pramuka
|
Gugus
|
Cabbenge/Maret 2015
|
|
|
o)
|
Lomba Lari Athletik
|
Kecamatan
|
Cabbenge/April 2015
|
|
|
p)
|
Lomba PILDACIL
|
Kecamatan
|
SDN. 100 Dare
Bunga-Bungae/18 April 2015
|
|
|
q)
|
Lomba Menghafal
Surah-surah Pendek putri
|
Gugus
|
SDN. 100 Dare
Bunga-Bungae/18 April 2015
|
|
b.
Pengembangan diri
ü Pelatihan Media Pembelajaran
ü Penyusunan RPP
ü KMD Pramuka
ü KML Pramuka
ü Penyusunan portopolio
ü KKG
ü Pelatihan Peningkatan Mutu Pendidikan
ü PelatihaN Cara Cepat Membaca
ü Diklat k. 13
ü Pelatihan PAKEM
c.
Kegiatan Ekstrakurikuler
a.
Membimbing siswa Pramuka
b.
Membimbing siswa melaksanakan tata upacara bendera
c.
Membimbing senam pramuka
d.
Membimbing siswa senam SKJ 2012
e.
Membimbing siswa keterampilan minat / hoby seperti sepak bola
BAB III
LAGKAH-LANGKAH DALAM PELAKSANAAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
- Menyusun
Pelaksanaan Pembelajaran\
Penyusunan ini pada hakikatnya memproyeksikan tentang apa yang akan dilakukan dalam suatu proses belajar
mengajar. Dengan demikian, penyusunan langkah langkah pembelajaran adalah
memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Penyusunan
ini perlu dilakukan untuk mengkoordinasikan komponen-pembelajaran.
Langkah – langkah pembelajaran disusun untuk membantu siswa menguasai
kompetensi dasar yang diberikan. Langkah – langkah pembelajaran merupakan hal yang sangat menentukan dalam
keberhsilan sisswa menguasai kompetensi dasar. Dengan kegiatan pembelajaran
yang disusun dengan tepat siswa akan lebih mudah menguasai
materi ajar yang diberikan. Dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, harus
diperkirakan bagaimana indikator keberhasilan belajar. Apakah langkah-langkah
yang disusun dalam kegiatan itu dapat mencakup setiap indikator yang telah
dirumuskan. Jika semua indikator sudah dapat ternaungi oleh kegiatan
pembelajaran yang disusun maka tujuan pembelajaran akan lebih mudah dicapai dan
ketuntasan siswa dalam menguasai kompetensi dasar akan sangat baik.
Beberapa
hal yang perlu diperhatikan sebelum menyusun langkah-langkah pembelajaran :
a.
Menidentifikasi faktor
pendukung dan penghambat
b. Ketersediaan sumber belajar.
c.
Merumuskan Tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
d.
Memilih dan menetapkan
isi dan muatan (bahan ajar)
e.
Merencanakan dan memperkirakan
kebutuhan waktu yang sesuai.
- Langkah-Langkah
Dalam Pelaksanaannya di Kelas
Susunan Langkah-langkah
standar dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
1) Langkah – langkah Pembelajaran
Pendahuluan / Awal
a.
Memberikan salam : guru memberikan salam kepada
muridnya
b.
Kehadiran : Hadir dalam proses belajar mengajar
terbagi 3 sakit,izin atau alpha
c.
Berdoa : Memohon kepada allah SWT petunjuk/hidayah
diberikan pemahaman yang sangat luas.
d.
Motivasi : Guru memberikan gambaran manfaat
mempelajari mata pelajaran yang akan di sampaikan
e.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2) Langkah –
langkah Pembelajaran Pendahuluan / inti
1.
Guru memberikan penjelasan kepada siswa mengenai
sifat-sifat bangun ruang
2.
Tanya jawab = tanya jawab diadakan untuk mengetahui
kemampuan siswa
3.
Membagi peserta didik menjadi 3 kelompok
4.
Guru memberikan arahan-arahan/penjelasan mengenai
materi bangun ruang.
5.
Siswa menyelesaikan LKS secara Kelompok.
6.
Guru mengadakan kunjung karya
7.
Mempresentasikan hasil kerja siswa secara
berkelompok
8.
Kesimpulan
9.
Evaluasi dan pengamatan
3)
Penutup
- Guru
memberikan PR
- Penyegaran
- Refleksi
= guru memberikan siswa pertanyaan/masalah dimasukkan dalam kertas kecil,
BAB IV
HASIL YANG
DIPEROLEH
Proses belajar siswa SDN. 120
Berru yaitu :
1. Guru menyiapkan peserta didik
baris berbaris di depan kelas
2. Pembelajaran diawali dengan .
mengucapkan salam
3.
Guru meminta peserta didik untuk menyiapkan temannya berdoa kepada Tuhan
YME
4.
Guru mengecek kehadiran peserta didik
5.
Guru memberikan motivasi dalam belajar
6.
Guru memberikan penjelasan materi, dan memberikan contoh
7.
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
8.
Guru membagi 3-4 kelompok
9.
Guru memberikan Lembar Kerja Siswa (LKS)
10.
Guru mengadakan kunjung karya setelah itu mempresentasikan hasilnya
11.
Guru memberikan penilaian
12.
Guru memberikan soal mandiri/evaluasi kepada peserta didik
13.
Guru memberikan penilaian
14.
Guru memberikan kesimpulan
15.
Guru memberikan PR
16.
Guru memberikan amanat / pesan-pesan moral kepada pesert didik
Berdasarkan proses
belajar di atas maka dapat disimpulkan bahwa
guru mengajar secara profesional dan menghasilkan peserta didik yang
berkualitas, memiliki karakter/akhlak yang baik, mampu memberikan pengalaman
baik mengajar atau pun belajar. Dan juga mampu memberikan prestasi-prestasi
baik guru dan siswa, terbukti prestasi meningkat dalam setahun terakhir ini. Semoga SDN. 120 Berru dapat meningkatkan
prestasi-prestasi di tingkat tertinggi.
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Secara umum
pembelajaran SD Negeri 120 Berru sama dengan sekolah-sekolah dasar yang lain yang memiliki
karakteristik bahan pembelajaran sebagaimana bahan pembelajaran pada
umumnya tapi memperhatikan karakteristik siswa.
Guru yang
memiliki kemampuan profesional harus mengetahui 4 kompetensi dasar, agar dapat
mengatahui sifat/karakter siswa, menguasai IPTEK, Jujur, inovatif dan kreasi
dalam pembelajaran.
B.
Saran
Penulis berharap guru dapat
mengembangkan dirinya menjadi guru profesional melalui pelatihan-pelatihan,
penulis juga mengharapkan saran dan kritikan dari
rekan-rekan guru yang bersifat membangun . Semoga KTI ini dapat dijadikan acuan dalam pengembang
dunia pendidikan .Wassalam
RIWAYAT HIDUP

Firmansyah,
Lahir di Bungi kabupaten Pinrang pada tanggal 10 Desember 1986. Anak ke 1 dari
4 bersaudara dari Pasangan H. Syarifuddin, SE dan Hj. Maryam, S.Pd. Dan tinggal
di jalan Lapajung Kab. Soppeng. Memasuki jenjang pendidikan formal di SD. Inpres Bert. Rappo Jawa
Makassar Pada tahun 1991 dan tamat pada
tahun 1998. Pada tahun yang sama melanjutkan pendidikan di SLTPN. 4 Makassar
dan tamat pada tahun 2001. Pada tahun 2001 melanjutkan pendidikan di SLTAN. 4
Makassar dan tamat pada tahun 2004. Kemudian melanjutkan pendidikan ke
Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program study Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Diploma II pada tahun 2005 dan tamat pada tahun 2007. Kemudian melanjutkan
pendidikan ke Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program study Pendidikan Guru
Sekolah Dasar (PGSD) Strata I pada tahun
2008 dan tamat pada tahun 2011, kemudian pada tahun 2010 terangkat menjadi guru
CPNS di Sadae Desa Kessing Kabupaten Soppeng. Dan pada tahun 2013 pindah di SDN. 120 Berru Kel. Ujung Kec.Lilirilau
mengabdikan diri hingga saat sekarang ini.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar