Minggu, 20 Maret 2016

Pengalaman Terbaik Menjadi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah

Pengalaman Terbaik Menjadi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah







Diajukan oleh :

NAMA                                   : FIRMANSYAH
NIP.                                        : 19861210 201001 1 019
NAMA SEKOLAH              : SDN. 120 BERRU
KABUPATEN                      : SOPPENG
PROPINSI                            : SUL-SEL







LEMBAR PENGESAHAN
1.      Judul                                 : Pengalaman Terbaik Menjadi Guru Dalam
                                            Upaya Meningkatkan Kualitas   
                                            Pembelajaran di Sekolah
2.      Identitas Penulis               :
Nama                           : Firmansyah
NIP                             : 19861210 201001 1 019
Pangkat/golongan       : Penata Muda / III a
Sekolah                       : SDN. 120 Berru
Alamat                                    : Jl. Pesantren Lr. 1 Kel. Lapajung Kec. Lalabata
                                      Kab.  Soppeng

Diajukan kepada Tim Penilai Seleksi Guru Berprestasi Tingkat Kecamatan Tahun 2015
                                                                        Berru,  29 April 2014
     Mengetahui,

Pengawas TK/SD Wil. V                                          Kepala SDN. 120 Berru



MUHAMMAD TAHIR, S.Pd                                  HADDA,S.Pd
Nip. 19670603 198808 1 002                                     Nip.19651231 198803 1 136
Mengesahkan,

Kepala UPT Dikmudora
Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
         

H. MAHMUDDIN, S.Pd
     Nip. 19610307 198203 1 012


MOTTO


Semangat dalam berjuang, tersenyum dengan segala keindahan dan  berdoalah itu merupakan kunci kebrhasilan dalam kehidupan ini.

Berfikirlah dengan optimis jangan berfikir dengan pesimis, karna dengan befrikir  secara optimis dapat meraih segala sesutu yang tidak mungkin menjadi mungkin.    

Kemarin adalah kenangan
Esok adalah impian
Hari  ini adalah harapan

Jangan menyerah. . . . !















PERNYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                           : Firmansyah
NIP                             : 19861210 201001 1 019
Pangkat/golongan       : Penata Muda / III a
Sekolah                       : SDN. 120 Berru
Judul                           : Pengalaman Terbaik Menjadi Guru Dalam
                                            Upaya Meningkatkan Kualitas   
                                            Pembelajaran di Sekolah

Menyatakan dengan sebenarnya bahwa KTI yang saya tulis ini benar merupakan hasil karya saya sendiri dan bukan merupakan pengambil alihan tulisan atau pikiran orang lain yang saya akui sebagai hasil tulisan atau pikiran sendiri.

Apabila dikemudian hari terbukti atau dapat dibuktikan bahwa KTI ini hasil jiplakan, maka saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut sesuai ketentuan yang berlaku.

Berru,        April 2015
Yang Membuat Pernyataan,


Firmansyah, S.Pd






KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang memberikan nikmat iman, rezeki dan nikmat kesehatan sehingga pada hari ini penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “Pengalaman Terbaik Menjadi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas  Pembelajaran di Sekolah”
Salam dan Shalawat kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW, nabi yang patut kita tiru segala perbuatan, tingkah laku dan perkataannya di dalam kehidupan sehari-hari.  Nabi yang mengeluarkan manusia dari alam gelap gulita menuju alam terang benderang.
Telah banyak cerita, keringat dan air mata yang mengiringi langkah penulis selama penulisan KTI  ini namun berkat kesabaran, keikhlasan, dukungan serta motivasi dari segenap keluarga, rekan-rekan gugus wilayah V Kec. Lilirilau, rekan-rekan kerja SDN. 120 Berru dan Murid-murid SDN.120 Berru, maka Alhamdulillah akhirnya penulis dapat menyelesaikan KTI   ini dengan sebaik-baiknya.  Penulis sadar betul, bahwa dalam penyusunan KTI  ini tidak akan mungkin terwujud tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis meghaturkan terimah kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada orang-orang yang membantu dan membimbing dan terkhusus kepada Warga SDN. 120 Berru.
Penulis menyadari, dalam  KTI ini belum sepenuhnya sempurna .maka dari itu dengan segala kerendahan hati, penulis mengucapkan pada para pembaca untuk memberikan kritik maupun saran yang bersifat konstruktif demi perbaikan selanjutnya.
            Akhirnya, pada Allah swt segala urusan ini penulis kembalikan dan semoga KTI  ini bermanfaat, khususnya bagi penulis dan pembaca pada umumnya.
Watansoppeng, 29 April 2015
Penulis


DAFTAR ISI                                       
HALAMAN JUDUL ……………………………..……….…...……         i
PERNYATAAN KEASLIAN............................................................         ii
MOTTO ..............................................................................................          iii
SURAT PERNYATAAN ...................................................................        iv
KATA PENGANTAR........................................................................         v
DAFTAR ISI ………………………………….……………...……..          vi
BAB I               PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ………..………….……………………..............            1
B.     Visi dan Misi ....... ........................................................................            2

BAB II  DASAR-DASAR PENYELESAIAN MASALAH
A.    Visi-Misi, Tujuan Program, dan Program Sekolah ........ 3
B.     Rancangan Pembelajaran.................................................           7
C.     Prestasi-Prestasi dan Program-Program Pendukung ......            12
D.    Aktivitas Pengembangan Siswa, Pengembangan Diri,
dan Kegiatan Ekstrakurikuler ............................................        18

BAB III LANGKAH-LANGKAH DALAM PELAKSANAAN KUALITAS
               PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
A.    Menyusun Pelaksanaan  Pembelajaran...……………….            20
B.     Langkah-Langkah Dalam Pelaksanaan ……....………...           20

BAB IV HASIL YANG DIPEROLEH ............................................         22

BAB V   PENUTUP
A.    Kesimpulan …………………………………………...        23
B.     Saran-Saran ……………………………………….……..        23

RIWAYAT HIDUP ...............................................................................      24


BAB I
LATAR BELAKANG

A.  Kondisi Pembelajaran di Sekolah
Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang kompleks. Pembelajaran pada hakekatnya tidak hanya sekedar menyampaikan pesan pembelajaran kepada siswa, akan tetapi merupakan aktifitas profesional yang menuntut guru untuk dapat menggunakan keterampilan dasar mengajar secara  terpadu, serta menciptakan situasi dan kondisi yang memungkinkan siswa dapat belajar secara  efektif dan efektif. Oleh karena itu dalam pembelajaran guru perlu menciptakan suasana yang kondusif dan strategi belajar yang menarik minat siswa. Salah satunya adalah penggunaaan metode/model dalam pembelajaran agar siswa dapat termotivasi dalam belajar mengajarnya.
Dari tahun ke tahun sekolah ini mengalami kemajuan. Bukan dilihat dari fisik sekolahnya melainkan  prestasi-prestasi guru dan muridnya. Misalnya murid kami bisa mampu sampai di tingkat kabupaten dari segi keagamaan, dan keolahragaan.
Selain itu Secara umum kondisi pembelajaran di SDN. 120 Berru Kec. Lilirilau Kabupaten Soppeng  saat ini adalah :
1.      Pemberian materi kepada murid-murid SDN. 120 Berru semuanya sama. Menggunakan buku BSE dan media yang sama kepada murid-murid SDN. 120 Berru.
2.      Pada saat proses belajar mengajar guru menggunakan berbagai banyak metode/model pembelajaran di dalam kelas, misalnya pemberian model pembelajaran PAKEM, tanya jawab, ceramah dan diskusi kepada siswa.
3.      Karakter/ watak anak yang dibimbing semakin bersemangat/termotivasi dalam proses belajar mengajar. Hal ini bisa dibuktikan dengan keceriaan murid-murid SDN, 120 Berru.
4.      Sekolah ini merupakan sekolah inti dan pusat kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG)
5.      Sebagian guru memberikan media pembelajaran dengan menggunakan LCD layar proyektor. Meliputi dengan menggunakan Microsoft Power Point, dan video animasi di dalam leptop.

6.      Murid-murid melakukan olahraga rutin setipa jum’at, yakni senam pramuka. 
7.      Para guru dan siswa rutin bermain olahraga seperti sepak takraw, bola volli  dan futsal di hari Jum’at..
8.      Pembina ekstrakurikuler mengadakan kegiatan kepramukaan setiap awal bulan  pada hari Sabtu.
9.      Menjaga kerukunan dan perdamaian antar rekan guru

B. Visi dan Misi 
Visi saya sebagai guru adalah :
Tekun, Tabah dan Berkesinambungan dalam Tugas Saah Satu Kunci Keberhasilan
Misi SDN. 120 Berru adalah :
Berhasil ,maksimal melalui :
  1. Tekun dalam Menjalankan Tugas
  2. Tabah dalam Menghadapi Sesuatu
  3. Berkesinambungan dalam melaksanakan amanah


















BAB II
DASAR-DASAR PENYELESAIAN MASALAH

A.    Visi-Misi, Tujuan Program, Program Sekolah dan Program Pembelajaran
  1. Visi SDN. 120 Berru adalah :
Visi Misi dalam meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah adalah :
Tekun, Tabah dan Berkesinambungan dalam Tugas Salah Satu Kunci Keberhasilan
  1. Tekun
Tekun artinya giat bekerja dan belajar di dalam sekolah. Siswa-siswi SDN. 120 Berru hendaklah memiliki jiwa semangat, rajin dan giat dalam melakukan sesuatu. 
  1. Tabah
Tabah artinya menerima sesuatu dengan sabar, dan ikhlas dalam bekerja. Lulusan dari sekolah ini mampu mengendalikan amarah, sikap benci, dan sayang terhadap sesamanya
  1. Berkesinambungan
Berkesinambungan adalah segala pekerjaan dilakukan secara rutin, berkelanjutan dan bertahap. Siswa diharapkan mampu melakukan tugasnya dengan baik secara bertahap. Step by step
  1. Misi SDN. 120 Berru adalah :
Berhasil ,maksimal melalui :
1.      Tekun dalam Menjalankan Tugas
2.      Tabah dalam Menghadapi Sesuatu
3.      Berkesinambungan dalam melaksanakan amanah
  1. Tujuan SDN. 120 Berru
Tujuan SDN. 120 Berru memiliki 3 kategori tujuan :
a.       Tujuan Jangka Pendek
1.      Meningkatkan motivasi peserta didik
2.      Meningkatkan kecerdasan Peserta didik
3.      Manarik peserta didik bagi yang putus sekolah
4.      Meningkatkan SDM guru
5.      Meningkatkan kompetensi SDM Komite Sekolah
6.      Meningkatkan publikasi sekolah
7.      Meningkatkan kesehatan peserta didik
8.      Meningkatkan sarana dan prasarana sekolah
b.      Tujuan Jangka Menengah
1.      Mengembangkan bakat dan minat peserta didik
2.      Meningkatkan motivasi Peserta didik
3.      Meningkatkan kecerdasan peserta didik
4.      Menarik kembali peserta didik yang putus sekolah
5.      Meningkatkan SDM guru
6.      Meningkatkan kompetensi SDM Komite Sekolah
7.      Meningkatkan publikasi sekolah
8.      Meningkatkan kesehatan peserta didik
9.      Meningkatkan Kinerja Komite Sekolah
10.  Memberikan bantuan kepada siswa bagi yang kurang mampu secara ekonomi
c.       Tujuan Jangka Panjang
1.      Siswa beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
2.      Siswa sehat jasmanai dan rohani
3.      Siswa memiliki dasar-dasar pengetahuan
4.      Mengenal dan mencintai bangsa, masyarakat dan kebudayaan
  1. Program Sekolah
1.      Bidang kesiswaan
a.       Terbantunya siswa yang kurang mampu secara ekonomi melalui BOS dan gratis
b.      Adanya kesadaran orang tua siswa dan masyarakat peduli pendidikan yang secara bersama-sama memperhatikan pendidikan anaknya jangan sampai putus sekolah
c.       Terperhatikannya siswa yang mempunyai kecerdasan tinggi maupun rendah.
d.      Adanya perhatian khusus bila terdapat siswa yang putus sekolah
2.      Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
a.       Guru SDN. 120 Berru mampu dalam membuat dan merencanakan sistem pembelajaran sesuai dengan tuntutan KTSP
b.      Guru lebih terarah dan mudah melaksanakan pembelajaran bila mempunyai silabus dan rencana pembelajaran
c.       Sesuainya isi silabus dengan rencana pembelajaran dan kegiatan belajar mengajar
d.      Pembelajaran akan lebih baik dan berhasil bila mempergunakan sistem pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (Pakem)
e.       Guru menggunakan media atau alat peraga dalam pembelajaran di kelas
f.       Diraihnya prestasi akademik dalam lomba mata pelajaran matematika dan IPA (Lomba MIPA) serta mata pelajaran lainnya
g.      Tercapainya kelulusan 100% bagi siswa kelas VI pada setiap tahunnya
h.      Semua siswa yang lulus dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi (SLTP) atau yang sederajat.
i.        siswa yang berbakat olahraga dan seni dapat meraih prestasi minimal masuk dalam tingkat gugus, kecamatan atau kabupaten
3. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a.       Semua  pendidik PNS dan non PNS memiliki Ijazah S1 dan 1 tenaga kependidikan  non PNS memiliki ijazah D 2, selebihnya adalah ijazah S1
b.      Kepala sekolah memiliki wawasan yang luas, kreatif, inovatif, terampil memonitoring, mampu mengevaluasi, dan menindaklanjuti hasil akreditasi.
c.       8 guru PNS (Pendidik), 2 guru non pns (Pendidik), dan 2 non PNS (Tenaga kependidikan)
4. Manajemen
a.       Terjadinya harmonisasi hubungan antara pihak sekolah dengan masyarakat dan unsur dinas pendidikan untuk memajukan dunia pendidikan.
b.      Manajemen Sarana dan Prasarana Berperan aktifnya semua unsur, seperti kepala sekolah, guru, dan komite dalam pengelolaan sarana dan prasarana. Penertiban administrasi sarpras yang baik.
c.       Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Terciptanya transparansi manajemen bagi semua unsur dalam pengadaan dan pengelolaan keuangan dengan adanya keterlibatan komite, guru, dan masyarakat.
5. Sarana dan Prasarana
a.       Terpenuhinya sarana pendukung kegiatan pendidikan di sekolah yang lengkap dan kondisi baik, seperti ruang sholat, halaman sekolah, tempat parkir, termasuk gerbang sekolah untuk keamanan lingkungan sekolah
b.      Terpenuhinya kebutuhan 6 ruang kelas yang memadai dan layak pakai untuk kegiatan pembelajaran
c.       Memiliki ruang perpustakaan yang memenuhi standar
d.      Tercukupinya buku paket murid untuk semua mata pelajaran.
e.       Lengkapnya beberapa  alat pembelajaran seperti KIT IPA, KIT Matematika, KIT IPS, Bahasa Indonesia, alat olahraga, dan kesenian
f.       Memiliki jaringan internet (Modem) Sekolah  untuk meningkatkan layanan sistem informasi
g.      Dimilikinya prasarana air bersih untuk keperluan kebersihan dan kesehatan sekolah.
6. Perlengkapan ICT
a.       Terpenuhinya peralatan komputer/ desktop beserta printernya sebagai sarana administrasi perkantoran atau tata usaha sekolah.
b.      Memiliki LCD proyektor sebagai media pembelajaran di kelas.
7. Keuangan dan Pembiayaan
Selain bersumber dari BOS untuk mencukupi dana operasional, utamanya dalam hal pembinaan prestasi siswa akan dilakukan penggalian dana secara kreatif seperti membuka kantin sekolah.
8. Budaya dan Lingkungan Sekolah
a.       Terbiasanya hidup rukun, damai, dan harmonis di sekolah dan di tengah-tengah masyarakat.
b.      Terwujudnya lingkungan yang bersih, nyaman dan aman di sekolah.
9. Peran Serta Masyarakat
a.       Tersedianya AD/ ART komite, program kerja, dan laporan pertanggung jawaban kegiatan
b.      Komposisi anggota komite yang berasal dari berbagai unsur
c.       Peningkatan dukungan dan peran serta masyarakat terhadap sekolah
d.      Ikut andil dalam Program Masyarakat, dan Mahasiswa KKN
B.      Rancangan Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SDN. 120 Berru
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   V/ 2
Pertemuan Ke                   :   1
Alokasi Waktu                   :   3 x 35 Menit
A.    Standar  Kompetensi
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B.     Kompetensi Dasar          
6.1  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
 C.    Indikator
§  Mengetahui sifat-sifat bangun ruang

D.Tujuan Pembelajaran**  
Peserta didik dapat :
§  Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang kubus,
§  Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang kerucut,
§  Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang tabung
§  Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang limas
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
C.    Materi Ajar
Sifat-sifat Bangun Ruang diantaranya :
1.         Kubus : sifat kubus memiliki 6 sisi, 8 titik sudut dan 12 rusuk
2.         Limas  : sifat limas memiliki 5 sisi, 5 titik sudut dan 8 titik sudut
3.         Kerucut : sifat kerucut memiliki 2 sisi, 1 titik sudut dan 1 rusuk
4.         Tabung ; sifat tabung memiliki 3 sisi, tidak ada titik sudut dan 2 rusuk.
D.    Metode Pembelajaran    
Tanya Jawab, diskusi, ceramah, penugasan, karya kunjung dan PAKEM
E.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke-1
Waktu
1.      Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
-               Guru memberikan salam kepada siswa (Religius)
-               Guru mengecek kehadiran siswa satu persatu ( Disiplin )
-               Guru meminta siswa untuk berdoa (Religius)
-    Guru memberikan motivasi berupa yel-yel kepada siswa
 (Percaya diri )
-               Guru menyampaikan tujuan pembelajaran/kompetensi  yang dicapai

(15 menit)
2.      Kegiatan Inti
& jEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
o   Guru Memberikan penjelasan mengenai materi sifat-sifat bangun ruang. (Cinta ilmu)
o   Guru mengadakan tanya jawab tentang sifat-sifat bangun ruang.
o   Guru meminta siwa naik di depan kelas untuk menentukan sifat-sifat bangun ruang
o   Membagi peserta didik menjadi 3 kelompok
o   Memberikan arahan-arahan mengenai tugas yang diberikan kepada siswa mengenai materi sifat-sifat bangun ruang
& Elaborasi
o   Siswa menyelesaikan LKS secara berkelompok
o   Secara berkelompok peserta didik membahas tentang sifat-sifat bangun ruang
o   Guru mengadakan kunjung karya
o   Salah seorang siswa setiap kelompok mempresntasikan hasil Kerja nya di depan kelas
o   Guru bersama siswa membuat kesimpulan
& Konfirmasi
o   Guru mengadakan evaluasi
o   Guru memberikan penguatan

(70 menit)
3.      Penutup
-       Guru memberikan PR
-       Penyegaran dan Refleksi
-       Guru memberikan amanat / Pesan-pesan moral

(20 menit)
F.     Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika SD untuk Kelas V  5 B BSE HAL 233-236
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5
§  Macam-macam bentuk bangun ruang, kubus, kerucut, limas
G.    Penilaian
a.       Bentuk tes : Tertulis
b.      Jenis tes : isian
Tugas Individu
Nama :
1.      Kubus mempunyai............................sisi
2.      Limas segi empat mempunyai .................................. titik sudut
3.      Tabung memiliki .....................
4.      Kerucut memiliki ........................ titik sudut
5.      Rusuk limas segi empat ada .................
Kunci jawaban
1.     
Skor penilaian
No. 1 -5           Nilai 0-2
            Nilai = jumlah skor / 10 x 100 %

 
6
2.      5
3.      2
4.      0
5.      5
Format Kriteria Penilaian     

 Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

                                                                                      Berru,   2 April 2014
Mengetahui                                                      Guru Kelas                                      Kepala Sekolah
         

          HADDA, S.Pd                                                  FIRMANSYAH,S.Pd
          NIP. 19861210 201001 1 019                          NIP 19861210 201001 1 019                                                






LEMBAR KERJA SISWA
NAMA KELOMPOK      =

KELAS                              =

1.      LENGKAPILAH DAFTAR DIBAWAH INI !         
2.      BUKA BUKU MATEMATIKA KELAS 5 HAL 237-238 !
3.      DISKUSIKANLAH DENGAN TEMAN KELOMPOKMU !
NNO
GAMBAR
NAMA BANGUN

BANYAKNYA
SISI
TITIK SUDUT
RUSUK
1




















4




















Kunci Jawaban
1.
Skor penilaian
No. 1 -5           Nilai 0-2
           
            Nilai = jumlah skor / 10 x 100 % = ................

 
Kubus =6 = 8 = 12
2.Balok = 6 = 8 = 12
3.Kerucut = 2 = 0 = 1
4.Tabung = 3 = 0 = 2
5.Limas segi empat = 5 = 5 = 8


       Dalam RPP di atas merupakan RPP berbentuk KTSP 2006. Terdiri dari :
a.  Standar Kompetensi
b. Kompetensi Dasar
c.  Indikator
d.       Tujuan Pembelajaran
e.  Materi
f.  Metode
g. Langkah-langkah pembelajaran terdiri dari aspek = Eksplorasi, Elaborasi dan   Konfirmasi.
h. Alat dan Bahan
i.   Penilaian
C.     Prestasi dan Program-Program Pendukung dalam Pengembangan Profesi
Keberhasilan adalah dambaan dan impian setiap orang, baik anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Kata keberhasilan identik dengan kata prestasi. Setiap manusia apapun profesinya tentu akan mempunyai keinginan untuk berprestasi. Oleh karena dengan berprestasi seseorang akan dapat menilai apakah dirinya sudah berhasil mencapai tujuan hidupnya atau tidak, juga untuk membawa nama baik bangsa dan negara jika memang bisa.
Pengertian prestasi yaitu hasil yang telah dicapai, dilakukan, diperoleh atau dikerjakan. Prestasi tiap orang tidak akan sama satu sama lain. Pengertian prestasi juga bermacam-macam:
                  a. Prestasi adalah perolehan atau hasil yang telah dicapai dari suatu usaha, yang didasarkan pada nilai atau ukuran tertentu.
                  b. Prestasi adalah hasil yang dicapai oleh seseorang setelah melakukan usaha dan/ atau pekerjaan.
                  c. Prestasi adalah hasil yang diperoleh seseorang dari satu periode ke periode lainnya yang menunjukkan adanya perubahan ke arah kemajuan.
                 d. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, prestasi berarti hasil yang telah dicapai dari apa yang telah dilakukan, dikerjakan dan sebagainya.
Sebagaimana yang telah diuraikan di atas, maka saya akan berusaha mencoba menjabarkan beberapa prestasi yang telah diraih selama menjadi tenaga pendidik yang akan menjadikan bahan pertimbangan mengikuti seleksi guru berprestasi yakni sebagai berikut:
  1. Hasil Karya Tulis
NO.
JUDUL
JENIS
TAHUN TERBIT
1)
Efektifitas Penilaian Non Tes Dalam peningkatan Prestasi Belajar Sains Kelas V di SDI. Bert. Rappo Jawa Makassar
Artikel
2010
2)
Gangguan Pemusatan Perhatian
Artikel
2010
3)
Pembelajaran Kelas Rangkap
Artikel
2010
3)
Menjadi Guru Adalah Pengabdian, Menjadi Guru Berprestasi Adalah Kebanggaan
Artikel
2015
4)
Pengalaman Terbaik Menjadi Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah
Artikel
2015

b.      Hasil Penelitian
NO.
JUDUL
TAHUN
SUMBER DANA
1)
Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar SAINS Melalui Metode Inkuiri Pada Kelas IV SDI. Rappo Jawa Makassar
2010
Mandiri
2)
Meningkatkan hasil belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD Kelas IV C SD Pertiwi Makassar
2010
Mandiri
3)
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Quantum Teaching pada Murid Kelas V SDN. 120 Berru Kec. Lilirilau Kab. Soppeng.
2014
Mandiri

c. Media Pembelajaran/alat Peraga
NO.
JENIS MEDIA/ALAT
TAHUN
SUMBER DANA
STATUS
1)
Gambar Bagian-Bagian Tumbuhan
2011
Mandiri
Ketua
2)
Gambar Jenis-Jenis Akar
2011
Mandiri
Ketua
3)
Struktur organisasi
2011
KKG
Anggota
4)
Bentuk sudut
2011
KKG
Anggota
5)
Notasi jam
2011
KKG
Anggota
6)
Pahlawan-pahlawan revolusi
2011
KKG
Anggota
7)
Papan ( cahaya merambat lurus )
2011
KKG
Anggota
8)
Puisi
2011
KKG
Anggota
9)
Jaring-jaring bangun datar
2013
Mandiri
Ketua
10)
Penyaring air sederhana
2014
Mandiri
Ketua
11)
Gambar bangun ruang
2014
Mandiri
Ketua
12)
Gambar bangun datar
2014
Mandiri
Ketua
13)
Alat perakit lampu rangkaian seri
2014
Mandiri
Ketua
14)
Alat perakit lampu rangkaian Paralel
2014
Mandiri
Ketua
15)
Arah Mata Angin
2014
Mandiri
Ketua
16)
Alat Transportasi Mc. Powerpoint
2014
Mandiri
Ketua
17)
Listrik Power Point
2014
Mandiri
Ketua
15)
Bunyi Power Point
2014
Mandiri
Ketua
16)
Bilangan Romawi
2014
Mandiri
Ketua
17)
Neraca Timbangan Mc. PowerPoint
2014
Mandiri
Ketua
18)
Pembagian Power Point
2014
Mandiri
Ketua
19)
Pesawat Sederhana
2014
Mandiri
Ketua
20)
Kartu bilangan
2014
Mandiri
Ketua
21)
Jam/waktu
2014
Mandiri
Ketua
22)
Periskop
2015
Mandiri
Ketua
23)
Bangun datar simetri putar
2015
Mandiri
Ketua
24)
Jenis-jenis bangun ruang
2015
Mandiri
Ketua
25)
Sistem Alat Pernapasan pada manusia
2015
Mandiri
Ketua
26)
Gambar Peristiwa Alam
2015
Mandiri
Ketua




d.      Karya Teknologi
NO.
NAMA KARYA SENI
TAHUN

DESKRIPSI KARYA
(PENJELASAN SINGKAT TENTANG KARYA SENI TERSEBUT)
1)
Sapu Lidi
2011
Sapu lidi dapat digunakan untuk membersihkan kotoran/sampah. Terbuat dari bahan enau atau pohon kelapa.
2)
Tempat surat
2011
Tempat  surat di gunakan untuk menyimpan surat, tempat kritikan dan saran bagi orang tua. Terbuat dari karton/dus bekas dan kertas marmer sebagai kreasinya
3)
Jam Mandiri
2012
Jam ini berfungsi untuk mengatur kedatangan dan kepulangan siswa/siswi di sekolah. Terbuat dari CD bekas  dan terbuat dari teh gelas bekas.
4)
Lampion
2012
Lampion sebagai hiasan di dalam kelas. Terbuat dari kertas marmer dan karton manila
5)
Kapal laut
2012
Kapal laut terbuat dari bahan dari stik, karton manila dan cat .
6)
Anyaman Gelang
2012
Anyaman meronce gelang terbuat dari tali kur dengan panjang ± 1 meter. Dapat dirangkaikan tali yang berwarna dan hasilnya sangat memuaskan. Terbuat dari cangkang siput.
7)
Gambar Pemandangan
2012
Gambar pemandangan berupa gunung-gunung dan pepohonan di sebuah desa. Terbuat dari bahan  cat air dan kertas A 4. Dibuat dengan penuh ketekunan dan kerapian
8)
Gantungan Jendela
2013
Hiasan pada jendela terbuat dari bundaran berbentuk gelang teh gelas bekas
9)
Kaligrafi Allah / Muhammad
2013
Kaligrafi Allah dan Muhammad. Terbuat dari bahan cat air dan kertas karton manila. Dibuat dengan penuh ketekunan dan kerapian
10)
Tempat pensil/pulpen
2013
Tempat menyiimpan pensil,pulpen, spidol. Terbuat dari gulungan-gulungan  kertas.
11)
Tempat buah dari stik
2014
Tempat menyimpan buah. Terbuat dari beberapa stik kayu dalam membuatnya.
12)
Tempat pensil 
2014
Tempat menyimpan pensil. Terbuat dari beberapa potongan-potongan gelang aqua gelas berbentuk bundaran diatas nya. Kemudian dirangkai menjadi sebuah tempat pensil
13)
Gantungan bola
2014
Sebagai hiasan di dalam kelas. Terbuat dari karton manila yang sudah berbentuk lingkaran.
14)
Bunga
2014
Hiasan pada kelas terbuat dari beberapa botol bekas dan di cat.
15
Gantungan Kunci
2014
Terbuat dari pita kemudian di anyam menjadi sebuah gantungan kunci
16
Kalung hiasan
2014
Kalung di pasang di leher terbuat dari hiasan plastik atau tembaga
17
Bunga Plastik
2014
Hiasan Kelas terbuat dari beberapa plastik bekas dan botol sprite sebagai potnya/alasnya
18
Asbak 
2014
Asbak berfungsi sebagai tempat puntung rokok atau juga bisa digunakan untuk menyimpan pulpen dan pensil. Terbuat dari berbagai stik yang menempel kemudian disusun membentuk kotak.
19
Bros bunga
2014
Bros bunga adalah hiasan yang dipakai pada jilbab. Terbuat dari kain flanel.
20
Basmalah
2015
Kaligrafi Basmalah. Terbuat dari bahan cat air dan kertas karton manila.  Perlu ketelian dan kerapian di dalam membuatnya
22
Bingkai dari stik
2015
Tempat foto juga sebagai tempat pensil. Terbuat dari stik es kemudian di bentuk dan disusun menyerupai bingkai foto 4 R
23
Tempat Tisu
2015
Tempat tisu untuk menyimpan tisu yang terbuat dari kulit batang pohon pisang
24
Hiasan jendela
2015
Hiasan jendela berfungsi sebagai hiasan dalam kelas. Terbuat dari kertas marmer yang dilipat-lipat.
25
Topeng
2015
Topeng mempunyai banyak karakter wajah salah satunya pemarah. Terbuat dari tempelan-tempelan kertas . cara kerjanya balon di tiup kemudian di tempel kan balon tersebut dengan tempelan kertas kemudian di keringkan sesuai sketsa wajah.
26
Kalung manik-manik
2015
Kalung di pasang di leher terbuat dari perhiasan/manik-manik seperti  cangkang siput
27
Hiasan Gelang
2015
Kalung di pasang di tangan. Terbuat dari hiasan yang berbentuk-bentuk
28
Gelang  manik-manik
2015
Anyaman gelang terbuat dari bahan-bahan alamiah. Misalnya cangkang dijadikan sebagai perhiasan saja
29
Tempat buah dari gelang-gelang plastik
2015
Tempat menyimpan buah. Terbuat dari beberapa gelang plastik kemudian dirangkaikan menjadi sebuah tempat buah.

e.  Organisasi
NO.
NAMA ORGANISASI
TAHUN
JABATAN
TINGKAT *)
1)
Panitia Lomba Olimpiade MIPA
2011
Sekretaris
Gugus
2)
Panitia Lomba Olimpiade MIPA
2012
Sekretaris
Gugus
3)
Pramuka di SDN. 197 Sadae
2010 - 2013
Pembina pa
Sekolah
4)
Pengurus Angg.Organisasi PGRI Desa Kessing Kec. Donri-Donri
2010-2013
Anggota
Kelurahan
5)
KKG Kelas V Gugus 29 Wil. V Kec. Donri-Donri Kab. Soppeng
2012-2013
Anggota
Gugus
6)
Panitia Ujian Nasional/Ujian Sekolah SD Kec. Donri-Donri
2010-2013
Pemeriksa
Kecamatan
7)
Pramuka di SDN. 120 Berru
2013-sekarang
Pembina pa
Sekolah
8)
KKG Kelas V Gugus 24 Wil. V Kec. Lilirilau Kab. Soppeng
2013 - Sekarang
Anggota
Gugus
9)
Pengurus Anggota  organisasi PGRI Kel. Ujung Kec. Lilirilau
2013-sekarang
Anggota
Kelurahan
10)
Panitia Ujian Nasional/Ujian Sekolah SD Kec. Lilirilau
2013- sekarang
Pengawas
Kecamatan
11)
Organisasi Pengurus Masjid
2013-2018
Seksi humas
Kecamatan
12)
Panitia Isra Mi’raj
2015
Anggota
Desa

D.          Aktivitas Pengembangan Siswa, Pengembangan Diri, Kegiatan Ekstrakurikuler.
a.      Pembimbingan Siswa
NO.
NAMA KEJUARAAN
TINGKAT
TEMPAT DAN WAKTU
Keterangan
a)
Lomba olimpiade MIPA
Gugus
SDN. 197 Sadae / 2012

b)
Lomba Pengucapan Tri Satya Dasa Dharma dan UUD 1945 Putra
Kecamatan
Lapangan Macanre/Agustus 2014

c)
Lomba Pengucapan Tri Satya Dasa Dharma dan UUD 1945 Putri
Kecamatan
Lapangan Macanre/Agustus 2014

d)
Lomba Tali Temali (Tiang Bendera ) Putra
Kecamatan
Lapangan Macanre/ Agustus 2014

e)
Lomba formasi Barisan (LKBB) Putri
Kecamatan
Lapangan Macanre/ Agustus 2014

f)
Lomba olimpiade MIPA
Gugus
SDN. 120 Berru/ Januari 2014

g)
Lomba Menyanyi Lagu Daerah / solo Putra
Kecamatan
Lapangan Cabbenge/ Agustus 2014

h)
Lomba Menyanyi Lagu Daerah /solo Putri
Kecamatan
Lapangan Cabbenge/ Agustus 2014

i)
Lomba Kebersihan Sekolah
Kecamatan
SDN. 120 Berru/9-17 Agusutus 2014

j)
Lomba Gerak Jalan Putra
Kecamatan
SDN. 120 Berru/9-17 Agusutus 2014

k)
Lomba Gerak Jalan Putri
Kecamatan
SDN. 120 Berru/9-17 Agusutus 2014

m)
Lomba olimpiade MIPA 2015
Gugus
SDN. 120 Berru/ Januari 2015

n)
Lomba Senam Pramuka
Gugus
Cabbenge/Maret 2015

o)
Lomba Lari Athletik
Kecamatan
Cabbenge/April 2015

p)
Lomba PILDACIL
Kecamatan
SDN. 100 Dare Bunga-Bungae/18 April 2015

q)
Lomba Menghafal Surah-surah Pendek putri
Gugus
SDN. 100 Dare Bunga-Bungae/18 April 2015


b.      Pengembangan diri
ü  Pelatihan Media Pembelajaran
ü  Penyusunan RPP
ü  KMD Pramuka
ü  KML Pramuka
ü  Penyusunan portopolio
ü  KKG
ü  Pelatihan Peningkatan Mutu Pendidikan
ü  PelatihaN Cara Cepat Membaca
ü  Diklat k. 13
ü  Pelatihan PAKEM

c.        Kegiatan Ekstrakurikuler
a.       Membimbing siswa Pramuka
b.      Membimbing siswa melaksanakan tata upacara bendera
c.       Membimbing senam pramuka
d.      Membimbing siswa senam SKJ 2012
e.       Membimbing siswa keterampilan minat / hoby seperti sepak bola







BAB III
LAGKAH-LANGKAH DALAM PELAKSANAAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

  1. Menyusun Pelaksanaan Pembelajaran\
Penyusunan ini  pada  hakikatnya memproyeksikan tentang apa yang akan dilakukan dalam suatu proses belajar mengajar. Dengan demikian, penyusunan langkah langkah pembelajaran adalah memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Penyusunan ini perlu dilakukan untuk mengkoordinasikan komponen-pembelajaran.
Langkah – langkah pembelajaran disusun untuk membantu siswa menguasai kompetensi dasar yang diberikan. Langkah – langkah pembelajaran merupakan hal yang sangat menentukan dalam keberhsilan sisswa menguasai kompetensi dasar. Dengan kegiatan pembelajaran yang disusun dengan tepat siswa akan lebih mudah menguasai materi ajar yang diberikan. Dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, harus diperkirakan bagaimana indikator keberhasilan belajar. Apakah langkah-langkah yang disusun dalam kegiatan itu dapat mencakup setiap indikator yang telah dirumuskan. Jika semua indikator sudah dapat ternaungi oleh kegiatan pembelajaran yang disusun maka tujuan pembelajaran akan lebih mudah dicapai dan ketuntasan siswa dalam menguasai kompetensi dasar akan sangat baik. 
Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyusun langkah-langkah pembelajaran :
a.          Menidentifikasi faktor pendukung dan penghambat
b.         Ketersediaan sumber belajar.
c.          Merumuskan Tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
d.         Memilih dan menetapkan isi dan muatan (bahan ajar)
e.          Merencanakan dan memperkirakan kebutuhan waktu yang sesuai.

  1. Langkah-Langkah Dalam Pelaksanaannya di Kelas
Susunan Langkah-langkah standar dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
1)      Langkah – langkah Pembelajaran Pendahuluan / Awal
a.        Memberikan salam : guru memberikan salam kepada muridnya
b.       Kehadiran : Hadir dalam proses belajar mengajar terbagi 3 sakit,izin atau alpha
c.        Berdoa : Memohon kepada allah SWT petunjuk/hidayah diberikan pemahaman yang sangat luas.
d.       Motivasi : Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari mata pelajaran yang akan di sampaikan
e.        Menyampaikan tujuan pembelajaran
2)      Langkah – langkah Pembelajaran Pendahuluan / inti
1.      Guru memberikan penjelasan kepada siswa mengenai sifat-sifat bangun ruang
2.      Tanya jawab = tanya jawab diadakan untuk mengetahui kemampuan siswa
3.      Membagi peserta didik menjadi 3 kelompok
4.      Guru memberikan arahan-arahan/penjelasan mengenai materi bangun ruang.
5.      Siswa menyelesaikan LKS secara Kelompok.
6.      Guru mengadakan kunjung karya
7.      Mempresentasikan hasil kerja siswa secara berkelompok
8.      Kesimpulan
9.      Evaluasi dan pengamatan
3)      Penutup
-      Guru memberikan PR
-      Penyegaran
-      Refleksi = guru memberikan siswa pertanyaan/masalah dimasukkan dalam kertas kecil,









BAB IV
HASIL YANG DIPEROLEH

Proses belajar siswa SDN. 120 Berru yaitu :
1.      Guru menyiapkan peserta didik baris berbaris di depan kelas
2.      Pembelajaran diawali dengan . mengucapkan salam
3.      Guru meminta peserta didik untuk menyiapkan temannya berdoa kepada Tuhan YME
4.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
5.      Guru memberikan motivasi dalam belajar
6.      Guru memberikan penjelasan materi, dan memberikan contoh
7.      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
8.      Guru membagi 3-4 kelompok
9.      Guru memberikan Lembar Kerja Siswa (LKS)
10.  Guru mengadakan kunjung karya setelah itu mempresentasikan hasilnya
11.  Guru memberikan penilaian
12.  Guru memberikan soal mandiri/evaluasi kepada peserta didik
13.  Guru memberikan penilaian
14.  Guru memberikan kesimpulan
15.  Guru memberikan PR
16.  Guru memberikan amanat / pesan-pesan moral kepada pesert didik

Berdasarkan proses belajar di atas maka dapat disimpulkan bahwa  guru mengajar secara profesional dan menghasilkan peserta didik yang berkualitas, memiliki karakter/akhlak yang baik, mampu memberikan pengalaman baik mengajar atau pun belajar. Dan juga mampu memberikan prestasi-prestasi baik guru dan siswa, terbukti prestasi meningkat dalam setahun terakhir ini.  Semoga SDN. 120 Berru dapat meningkatkan prestasi-prestasi  di tingkat tertinggi.





BAB V
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Secara umum pembelajaran SD Negeri 120 Berru sama dengan sekolah-sekolah dasar yang lain yang memiliki  karakteristik bahan pembelajaran sebagaimana bahan pembelajaran pada umumnya tapi memperhatikan karakteristik siswa. 
Guru yang memiliki kemampuan profesional harus mengetahui 4 kompetensi dasar, agar dapat mengatahui sifat/karakter siswa, menguasai IPTEK, Jujur, inovatif dan kreasi dalam pembelajaran.

B.       Saran
Penulis berharap guru dapat mengembangkan dirinya menjadi guru profesional melalui pelatihan-pelatihan, penulis juga mengharapkan saran dan kritikan dari rekan-rekan guru yang bersifat membangun . Semoga KTI  ini dapat dijadikan acuan dalam pengembang dunia pendidikan .Wassalam

















RIWAYAT HIDUP

Firmansyah, Lahir di Bungi kabupaten Pinrang pada tanggal 10 Desember 1986. Anak ke 1 dari 4 bersaudara dari Pasangan H. Syarifuddin, SE dan Hj. Maryam, S.Pd. Dan tinggal di jalan Lapajung Kab. Soppeng. Memasuki jenjang pendidikan formal di SD. Inpres Bert. Rappo Jawa Makassar  Pada tahun 1991 dan tamat pada tahun 1998. Pada tahun yang sama melanjutkan pendidikan di SLTPN. 4 Makassar dan tamat pada tahun 2001. Pada tahun 2001 melanjutkan pendidikan di SLTAN. 4 Makassar dan tamat pada tahun 2004. Kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program study Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Diploma II pada tahun 2005 dan tamat pada tahun 2007. Kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program study Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Strata I  pada tahun 2008 dan tamat pada tahun 2011, kemudian pada tahun 2010 terangkat menjadi guru CPNS di Sadae Desa Kessing Kabupaten Soppeng. Dan pada tahun 2013 pindah di SDN. 120 Berru Kel. Ujung Kec.Lilirilau mengabdikan diri hingga saat sekarang ini.
                                                                                                     




Tidak ada komentar:

Posting Komentar